Zainudin Amali dan Yunus Nusi Waketum PSSI Baru Hasil KLB PSSI

138
Sah Hasil KLB PSSI; Zainudin Amali dan Yunus Nusi resmi menjadi Waketum PSSI
fotoby bagus/kemenpora.go.id

Zainudin Amali dan Yunus Nusi telah resmi terpilih menjadi Wakil Ketua PSSI (Waketum PSSI) periode 2023-2027.

Kepastian itu muncul setelah mereka mendapat suara terbanyak dalam pemilihan wakil ketua PSSI pada Kongres Luar Biasa PSSI 2023 yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/02/23).

Zainudin Amali memperoleh 66 suara sedangkan Yunus Nusi memperoleh 63 suara. Dengan ini, keduanya menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Zainudin Amali dan Yunus Nusi mengalahkan 14 kandidat lainnya dalam pemilihan Waketum PSSI.

Sebanyak 16 calon PSSI Waketum PSSI KLB 2023 itu adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Soeratno, Andre Rosiade, Doni Setiabudi, Duddy Sutandi, Fary Djemy Francis, Gede Widiade, Hasani Abdulgani.

Kemudian ada nama lain yang mencalonkan diri sebagai wakil PSSI yakni Hasnuryadi Sulaiman, Juni Ardianto Rachman, Maya Damayanti, Ratu Tisha Destria, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi dan Zainudin Amali

Kongres Luar Biasa PSSI ini untuk menentukan ketua umum, wakil ketua, serta anggota panitia pelaksana (exco) periode 2023-2027 yang dipilih oleh pemilik hak suara.

Baca Juga: Erick Thohir Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum PSSI

Pemilik suara PSSI memiliki total 86 suara, yakni 86 suara ditambah satu federasi tambahan. Sebanyak 86 suara tersebut meliputi 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 34 Asosiasi Provinsi (asprov), dua asosiasi, dan satu Federasi Futsal Indonesia.

Pemilik suara ditentukan berdasarkan kompetisi yang bergulir  di liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Namun, tidak semua klub Liga 2 dan Liga 3 berhak mengikuti KLB PSSI.

18 klub Liga 1 akan lolos secara otomatis, sedangkan Liga 2 dan Liga 3 hanya akan memiliki 16 atau pilihan berdasarkan kompetisi yang bergulir dimusim kemarin. Calon yang memperoleh suara terbanyak dari KLB PSSI otomatis dinyatakan terpilih.

Berikut Hasil Pemilihan Waketum PSSI: Zainudin Amali 66 suara, Yunus Nusi 63 Suara dan Ratu Tisha 41 Suara.

(red/mading)