Wapres RI: Moderasi Beragama Kunci Jaga Keutuhan Bangsa

164
Foto: Jawapos

MADING.ID, Jakarta – Indonesia merupakan bangsa majemuk yang terdiri dari beragam suku, agama, dan budaya. Keberagaman tersebut menjadi dasar bagi Indonesia untuk menjaga keutuhan persatuan bangsa. Oleh karena itu, dalam menjaga persatuan dan keutuhan bangsa diperlukan sikap moderat dalam beragama.

“Saya mengharapkan sikap moderat dapat menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjaga keutuhan, sekaligus kebhinekaan Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ucap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menerima secara virtual jajaran panitia acara perayaan hari suci Nyepi, Dharmasanti Nasional, di Jakarta, Jumat (08/04/2022), sebagaimana rilis yang diterima dari BPMI Setwapres.

Wapres menyadari, bukan suatu hal yang mudah dalam menyatukan berbagai macam pikiran, sehingga perlu kerja sama dari berbagai pihak terkait untuk dapat berkolaborasi dengan pemerintah dalam menjaga persatuan bangsa.

“Di dalam menerapkan moderasi beragama, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, tapi terus berkolaborasi dengan semua pihak, khususnya dengan para tokoh agama dan masyarakat agar memiliki satu pemahaman yang sama,” tuturnya.

Wapres pun mengajak masyarakat untuk dapat bangkit bersama dalam membangun Indonesia yang lebih baik, khususnya pascapandemi yang banyak memberikan dampak bagi masyarakat.

“Peran dan sinergi umat Hindu untuk membangun bangsa perlu dilakukan di tengah upaya bangkit dan membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya di semua sektor kehidupan, terutama pascapandemi maupun bencana alam yang melanda berbagai wilayah. Kita perlu membangkitkan Indonesia secara bersama-sama,” ajak Wapres.

Lebih jauh, Wapres memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) yang telah berkontribusi dalam menyukseskan program pemerintah, khususnya dalam penanganan Covid-19, melalui pengadaan vaksinasi bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi aktualisasi nilai-nilai kepedulian, kebersamaan, dan gotong royong, khususnya pada pelaksanaan program vaksinasi booster yang merupakan kontribusi bermakna bagi bangsa Indonesia yang dilakukan oleh PHDI,” pungkasnya. (DAS/SK/MZN)