Raih 21 Medali Emas, Jawa Timur Jadi Juara Umum PORSENI NU 2023

49
Sumber: Istimewa

Solo – Perwakilan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Nahdlatul Ulama Tingkat Nasional 2023 yang berlangsung di Solo.

PWNU Jatim berhasil meraih 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu dari total 7 cabang olahraga dan 3 cabang kesenian yang dipertandingkan.

“Urutan pertama adalah Jawa Timur, dengan mendapatkan 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu,” kata Ketua PORSENI NU 2023 Nusron Wahid, dalam upacara penutupan, Sabtu (21/1/2023).

Juara kedua yakni PWNU DKI Jakarta yang meraih 13 emas, 8 perak, dan 9 perunggu.

Selanjutnya, peringkat ketiga diraih tuan rumah Jawa Tengah dengan menorehkan 7 emas, 11 perak, 16 perunggu

Penyerahan piala dan hadiah uang tunai pun langsung diserahkan kepada para pemenang.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyerahkan piala beserta hadiah uang tunai Rp 25 juta kepada PWNU Jateng selaku juara 3.

Selanjutnya, PWNU Jateng yang meraih juara 2 mendapatkan piala serta hadiah uang tunai Rp 50 juta. Hadiah diserahkan oleh Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Terakhir, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyerahkan piala serta uang tunai Rp 100 juta kepada PWNU Jawa Timur yang keluar sebagai juara pertama.

Nusron pun mengucapkan selamat kepada para pemenang dan seluruh atlet yang telah meraih medali.

Ia juga bersyukur, acara PORSENI NU yang berlangsung selama pada 13-22 Januari berjalan lancar tanpa ada halangan besar.

Nusron juga berterima kasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan ajang PORSENI NU yang pertama kalinya digelar ini.

Ucapan terima kasih ia haturkan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming selaku tuan rumah.

Tak lupa, Nusron juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan seluruh jajaran kepolisian yang turut membantu dan mengamankan acara.

Ia juga berterimakasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan sejumlah BUMN yang turut mensponsori acara.

Adapun dalam ajang PORSENI NU ini, sebanyak 3643 putra putri madrasah dari tiap pengurus wilayah NU (PWNU) berkompetisi menjadi yang terbaik.

Para putra-putri NU yang berkompetisi terdiri dari usia 18-23 tahun, atau jenjang SMA sederajat hingga perguruan tinggi.