PBNU Dorong LP Ma’arif NU Perkuat Layanan Pendidikan Inklusif

238
PBNU Dorong LP Ma’arif NU Perkuat Layanan Pendidikan Inklusif

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendorong Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PBNU dalam membuka akses pendidikan inklusi.

Hal demikian disampaikan Rais ‘Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar saat memberikan arahan kepada pengurus LP Ma’arif NU PBNU pada Selasa (23/08/2022). Beliau menyampaikan LP Ma’arif NU yang merupakan lembaga NU yang fokus terhadap pendidikan harus menyentuh semua kalangan.

Pendidikan untuk semua, pendidikan tanpa diskriminasi, pendidikan yang menyapa seluruh insan manusia tanpa sekat pembatas. Sebab pendidikan adalah hak dari setiap anak manusia. “Pendidikan di LP Ma’arif NU itu harus dirasakan semua pihak, termasuk anak berkebutuhan khusus,” tutur Rais ‘Aam.

Kiai Miftah menyampaikan sepanjang hidup Rasul sepenuhnya untuk pendidikan. “Innama buitstu mu’alliman”, sesungguhnya aku diutus untuk menjadi pengajar. Begitulah bunyi salah satu hadits Rasulullah yang menunjukkan pentingnya eksistensi lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kualitas pendidikan ini dibentuk oleh pengajar maupun pembelajar serta infrastruktur kelembagaan yang harus terus diperkuat eksistensinya oleh LP Ma’arif NU,” terangnya.

“Dan LP Ma’arif NU harus bisa membentuk karakter tersebut melalui pendidikan tanpa batas akses, siapapun dan apapun kondisinya harus mendapatkan pendidikan,” sambungnya.

PBNU Dorong LP Ma’arif NU Perkuat Layanan Pendidikan Inklusif

Pendidikan Inklusi ini akan menjadi tema pertama Talkshow pertama yang akan disampaikan oleh Menteri Agama RI pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LP Ma’arif NU PBNU pada 26-29 Agustus 2022 mendatang di Universitas Islam Malang.

Pada Rakernas tersebut, Kiai Miftah mengatakan siap menghadiri dan ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut.

“Saya berharap hasil Rakernas nantinya akan mengantarkan pendidikan di LP Ma’arif NU bisa lebih baik,” harapnya.

Ketua LP Ma’arif NU PBNU, Muhammad Ali Ramdhani mengucapkan terimakasih atas arahan serta kehadiran Rais Aam di Rakernas nanti. Ramdhani mengaku, pendidikan di LP Ma’arif NU terus mengembangkan kontribusinya dikancah Nasional hingga Internasional.

“LP Ma’arif NU akan terus memberikan pendidikan yang baik dan dirasakan untuk semua,” jelasnya.

“Dengan dorongan dan semangat dari PBNU, LP Ma’arif NU PBNU akan terus mengupayakan pendidika terbaik untuk anak-anak Indonesia,” pungkasnya.