MotoGP Mandalika Miliki Keunggulan dari Trek Lain di Dunia

362
MotoGP Mandalika
https://media.breitbart.com/

Pagi ini (16/3/2022) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima kunjungan sejumlah pembalap MotoGP di Istana Merdeka. Kunjungan tersebut digelar sebagai penghormatan para pembalap dunia kepada Presiden Jokowi karena MotoGP Tahun 2022 diselenggarakan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Usai dijamu Presiden, sebanyak 20 pembalap MotoGP kemudian turut serta dalam parade MotoGP di Jakarta sebelum memulai balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022).

Mereka memulai parade dari depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, untuk kemudian menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Sebelumnya pada 11-13 Februari 2022 lalu para Pembalap MotoGP sangat antusias ketika menjalani tes pramusim di Sirkuit Mandalika, Lombok. Hal sama dipastikan bakal terulang jelang seri kedua balapan musim 2022.

Melihat antusias dari para pembalap MotoGP, tiga narasumber dalam acara Spesial Show “Atmosfer MotoGP di Indonesia” di Mandalika GP Hub di Epicentrum Walk Mall, Kuningan, Jakarta, Minggu (13/3/2022) lalu sepakat bahwa MotoGP Mandalika memang punya daya tarik tersendiri dibanding dengan lintasan lain yang ada di belahan dunia.

Pemilihan Lokasi Mandalika

Jurnalis senior Bobby Arifin menyatakan bahwa pemilihan lokasi Mandalika sebagai tuan rumah dinilai tepat.

“Keindahan alamnya luar biasa. Ada pantai, ada bukit yang bisa menyuguhkan pemandangan sangat indah. Pemilihan lokasi Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP saya pikir tepat,” kata Bobby.

“Masyarakat lokalnya juga sangat ramah. Banyak hal menarik lainnya di sana,” lanjut pria yang meliput langsung tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, 11-13 Februari lalu.

Kekaguman yang sama diakui mantan pembalap wanita Indonesia Rally Marina Sosro Atmodjo.

“Biasanya sirkuit itu panas. Tetapi kalau di Sirkuit Mandalika ini bukan sekadar nonton balapan tetapi juga seperti liburan. Ini sisi yang sangat baik. Karena dunia melihat kita dan otomatis pariwisata dan budaya kita akan ikut terangkat,” tuturnya.

Rally juga mengaku sangat rindu dengan balapan MotoGP di Indonesia setelah absen selama 25 tahun.

“Setelah 25 tahun di Sirkuit Sentul akhirnya MotoGP kembali ke Sirkuit Mandalika. Saya sangat antusias, karena ini beda banget dari sisi mana pun di dunia,” Rally menuturkan.

Sementara itu, Founder and CEO Alrayid Indo Racing sekaligus mantan pembalap nasional Rachmat Alrasyid menyebut kembalinya MotoGP ke Indonesia adalah impian banyak penggemar motosports di Tanah Air.

“Kita masyarakat Indonesia yang biasannya menyaksikan MotoGP malalui televisi, saat ini bisa menyaksikan secara langsung di negeri sendiri. Kita bisa melihat penampilan dari pembalap dan raungan dari motor mereka. Tentunya, akan menarik dan seru,” ujar Alrasyid.

Baca juga: Fakta Unik Jakabaring Sport City, Lokasi Harlah NU di Palembang

Kata Pembalap

Salah satu pembalap MotoGP yang sempat menjajal Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Marc Marquez ikut mengomentari sirkuit kebanggaan Indonesia tersebut.

Menurut Marquez, Sirkuit Pertamina Mandalika adalah sirkuit sederhana pada level lintasan. Ada beberapa titik yang sulit menyalip di sirkuit ini.

“Kondisinya membuatnya menghibur. Dalam tes itu sangat sulit untuk menyalip. Mereka telah melapisinya kembali dan itu akan menjadi lebih bersih,” kata Marquez dikutip Marca.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Mohammad Faozal dalam diskusi bersama Forwaparekraf, di Kota Mataram, Lombok menjamin bahwa rider maupun penonton bakal terpuaskan dengan keelokan alam pantai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika.

“Menurut penyelenggara MotoGP, Dorna, Mandalika Circuit akan menjadi yang paling indah di dunia. Karena ada arahan dari pihak mereka pula, bagaimana membuat sirkuit,” jelas Lalu Mohammad Faozal.

“Sirkuit ini berlokasi 50 m dari garis pantai dengan pasir putih. Dan di tengah acara balapan nantinya akan ada bazar,” lanjutnya.

Sementara tribun penonton akan ditempatkan di kawasan sekitar perbukitan sekeliling sirkuit. Konsepnya seperti race circuit Monte Carlo, Monako.

Berikut adalah spesifikasi sirkuit dan keunikan yang dimiliki, dikutip dari laman Disbudpar NTB:

Dimensi Sirkuit Mandalika

Panjang lintasan Sirkuit Mandalika adalah 4,31 km, dilengkapi 17 buah tikungan. Sirkuit ini dibangun di daerah Mandalika, kawasan wisata di Indonesia kelas dunia. Para pembalap dijamin akan betah di sini karena disuguhi pemandangan laut dan bukit yang mengelilingi bagian sirkuit.

Sementara itu konsep sirkuit jalan raya ini juga bisa dijumpai di Singapura, Monte Carlo (Monako), Spa-Francorchamps (Belgia) untuk balap Formula One (F1), serta Tourist Trophy (TT) Isle of Man untuk balap roda dua yang telah dikunjungi.

Sebagai informasi, MotoGP 2022 kembali digeber akhir pekan ini. Seri kali ini terasa spesial karena berlangsung di Mandalika untuk pertama kalinya dalam sejarah!

Pertamina Grand Prix of Indonesia, nama resmi MotoGP Indonesia di Mandalika, menjadi seri kedua MotoGP 2022. Seluruh rangkaian kegiatan balapan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit dengan panjang 4,3 km.

Rangkaian balapan MotoGP Mandalika 2022 dimulai Jumat (18/3/2022). Sesi latihan bebas pertama berlangsung mulai pukul 9.50 WIB hingga 10.35 WIB. Free practice kedua digelar pada hari yang sama pukul 14.05 – 14.50 WIB.

Rangkaian acara akhir pekan nanti menjadi ajang balapan MotoGP pertama di Indonesia dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. MotoGP Indonesia sebelumnya pernah digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, pada musim 1996 dan 1997.

Penulis: Suci Amaliyah