Momen Unik Perhelatan MotoGP Mandalika 2022

544
Momen Unik Perhelatan MotoGP Mandalika 2022
photo by sport.bisnis.com

Pertamina Mandalika Grand Prix of Indonesia yang merupakan seri kedua Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 sukses dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (20/3/2022) siang WITA. Event balapan sepeda motor paling bergengsi seantero dunia yang dimotori oleh Dorna Sport ini berhasil menyita perhatian dunia.

Selain berlangsungnya pertandingan sebagaimana Race MotoGP yang diadakan seperti biasanya. Banyak sekali momen-momen unik yang tersaji mulai dari pra hingga pasca balapan yang terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas Moto 3, Moto 2 dan kelas MotoGP. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga berkesempatan hadir langsung dan bertindak sebagai pemberi trofi pada balapan kelas MotoGP

Pembalap asal Portugal yang bermain untuk tim Red Bull KTM, Miguel Oliveira, sukses menjadi pemenang balapan MotoGP Mandalika. Sementara podium runner up diisi oleh  juara dunia edisi musim lalu Fabio Quartararo yang bermain untuk tim Monster Energy Yamaha dan dan podium ketiga diisi oleh Johann Zarco dari tim Pramac Racing Ducati.

Jalannya Pertandingan

Durasi balapan MotoGP Mandalika yang semula dijadwalkan berlangsung selama 27 lap dikurangi menjadi hanya 20 lap. Keputusan itu diambil karena alasan kondisi aspal Sirkuit Mandalika. Hal itu diungkapkan oleh Safety Officer Federasi Motorsport Internasional (FIM), Franco Uncini.

“Kami telah memutuskan untuk mengurangi jarak balapan untuk menjaga kondisi trek karena aspal,” kata Franco Uncini dikutip dari Sky Sports Italia. Sekitar 30 menit menjelang balapan, Sirkuit Mandalika diguyur hujan deras. Faktor cuaca tersebut membuat balapan MotoGP Indonesia yang awalnya akan dimulai tepat pada pukul 14.00 WIB harus ditunda.

Baca juga: Cara Mempelajari Bahasa Tubuh

Dari pantauan siaran secara live melalui saluran TV Trans 7, terlihat beberapa titik di lintasan Sirkuit Mandalika mulai tergenang akibat hujan. Setelah ditunda selama 75 menit, balapan MotoGP Mandalika akhirnya dimulai tepat 15.15 WIB. MotoGP Indonesia diputuskan berjalan wet race atau balapan di lintasan basah karena trek Sirkuit Mandalika masih belum kering.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang menempati start terdepan pada mulanya berhasil mempertahankan posisi terdepan saat balapan MotoGP Mandalka dimulai. Namun, Quartararo harus kehilangan posisi terdepan ketika memasuki lap kedua.  Quartararo harus turun ke peringkat ketiga setelah disalip Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan Jack Miller (Ducati) di lintasan lurus terpanjang Sirkuit Mandalika.

Memasuki pertengahan lap kedua, Jack Miller berhasil menyalip Oliveira untuk mengambil alih pimpinan balapan. Hingga lap ketiga, Jack Miller masih memimpin dikuti oleh Oliveira dan Alex Rins (Suzuki Ecstar). Quartararo kembali melorot ke peringkat kelima setelah disalip oleh Alex Rins dan Johann Zarco (Pramac Ducati).

pada saat balapan mencapai lap keempat, Jack Miller dan Oliveira yang berada di barisan terdepan mulai terpisah dari rombongan. Menjelang lap kelima, Jorge Martin (Pramac Racing) nyaris tergelincir ketika melintas di Tikungan 17 Sirkuit Mandalika. Tepat pada lap kelima, Oliveira sukses menyalip Jack Miller untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Oliveira memimpin dengan keunggulan 1,125 detik atas Jack Miller pada lap keenam. Adapun keunggulan Jack Miller atas Alex Rins yang menempati peringkat ketiga mencapai 2,043 detik. Tepat pada lap ketujuh, Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF) terlihat mengalami masalah mesin sehingga harus menepi.

Di awal lap ke-8, Jorge Martin tergelincir di Tikungan 1 dan langsung terlempar ke area gravel. Insiden itu membuat Jorge Martin tidak bisa melajutkan balapan. Hingga lap ke-10, Miguel Oliveira masih memimpin kali ini dengan keunggulan 2,970 detik atas Jack Miller yang masih menguntit di urutan kedua. Adapun posisi ketiga berubah di Tikungan 12 pada lap ke-10 setelah Johann Zarco (Pramac Racing) sukses menyalip Alex Rins.

Saat memasuki lap ke-12, Miguel Oliveira semakin menjauh dan berhasil unggul 4,040 detik atas Jack Miller. Tiga pebalap terdepan pada lap ke-12 adalah Miguel Oliveira, Jack Miller, dan Johann Zarco. Tepat pada lap ke-15, Quartararo sukses menyalip Johann Zarco di Tikungan 1 untuk menempati peringkat ketiga.

Dua lap berselang menuju garis finis, Quartararo berhasil menempati urutan kedua setelah menyalip Jack Miller pada saat balapan sudah hampir memasuki putaran terakhir. Miguel Oliveira pada akhirya keluar sebagai pemenang setelah tidak terkejar hingga akhir balapan. Ini adalah kemenangan keempat Miguel Oliveira sepanjang kariernya di kelas MotoGP.

Sementara di kelas Moto 2, pembalap asal Thailand Somkiat Chanta yang membela tim Idemitsu Honda Team Asia berhasil merebut podium pertama. Pada kelas Moto 3, Pembalap asal Italia dari tim Leopard Racing, Dennis Fogia memenangkan pertandingan tersebut. Pembalap muda asal Indonesia yang bermain untuk Honda Team Asia, Mario Aji sukses menyelesaikan balapan kali ini dengan finis di urutan ke empat belas.

Momen-momen Sorotan

Sementara itu, nasib kurang baik menghampiri pembalap yang sudah mencicipi enam kali juara dunia kelas MotoGP yaitu Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol ini harus rela meninggalkan pertandingan karena mengalami insiden terpental dari motornya di tikungan ke tiga belas pada saat latihan terakhir sebelum race berlangsung.

Ia gagal mengikuti balapan di Mandalika kali ini karena dinyatakan tidak layak secara medis. Padahal sebagaimana yang diketahui bersama, Marquez sedang berusaha mengembalikan performanya pasca kembali come back ke balapan MotoGP musim ini setelah sekian lama absen akibat cedera berkepanjangan.

Selain itu, hujan yang sangat deras juga melanda Sirkuit Mandalika sebelum pertandingan kelas MotoGP berlangsung. Selama hujan deras berlangsung yang diiringi oleh sambaran petir yang tersorot kamera, ada satu momen menarik yang dipertontonkan oleh seorang pawang hujan yang bernama Rara.

Usahanya dalam melakukan ritual pawang hujan tersebut menyita perhatian media-media terkemuka dunia. Akun Twitter Resmi MotoGP saja sampai mengabadikan momen tersebut. Selain itu beberapa media-media olahraga internasional seperti ESPN, BT Sport, Sky Sport juga menyoroti usaha yang dilakukan oleh pawang hujan tersebut.

Yang pasti setelah penantian panjang selama 24 tahun dimana event MotoGP terakhir digelar di Indonesia yaitu di Sirkuit Sentul pada tahun 1997. Akhirnya seluruh pecinta olahraga dan masyarakat Indonesia berhasil mewujudkan cita-citanya dan sengan bangga menyaksikan event balapan kendaraan roda dua terbaik di dunia tersebut diselenggarakan di Tanah Air.

Penulis: Muhammad Ahsan Rasyid