Mengenal Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis Muda yang Kalahkan Peringkat Satu Dunia di Uber Cup 2022

147
Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO

MADING.ID, Jakarta – Bilqis Prasista, pemain bulu tangkis tunggal putri Indonesia, berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi, pebulu tangkis peringkat satu dunia asal Jepang, pada ajang penyisihan Grup A Piala Uber 2022, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022) kemarin.

Dalam pertandingan tersebut Yamaguchi kalah dari Bilqis dalam dua game langsung 19-21 dan 19-21. Bilqis mampu menekuk lawan tandingnya itu hanya dalam durasi waktu 35 menit.

Sebagaimana dikutip dari situs Tempo yang ditulis Hendrik Khoirul Muhid, Bilqis Prasista lahir di Magelang pada 24 Mei 2003. Bisa jadi bakat bulu tangkisn Bilqis itu diturunkan dari sang ayah dan ibu. Ayahnya bernama Joko Supriyanto, yang merupakan legenda bulu tangkis Indonesia di sektor tunggal putra.

Joko Supriyanto adalah sosok yang pernah menjadi juara dunia pada 1993. Sementara ibunya, Zelin Resiana, adalah mantan pemain bulu tangkis di sektor ganda. Zelin sukses di era 90 hingga 2000-an dengan membawa pulang Piala Uber pada 1994 dan 1996 untuk Indonesia.

Tak hanya orang tua, bahkan saudara kembarnya, Bilqis Pratista, juga merupakan pemain bulu tangkis. Namun, Pratista saat ini masih berada di klub bulu tangkis PB Djarum. Dia bermain di sektor tunggal putri dan juga ganda putri.

Kendati lahir dari pasangan dengan latar belakang pemain bulu tangkis, awalnya Joko tak berharap putrinya mengikuti jejak karier orang tua. Joko malah berharap anak-anaknya menekuni pendidikan formal. Ibarat kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya, Bilqis rupanya tertarik dengan bulu tangkis.

Ketertarikan Bilqis pada bulu tangkis bermula saat menjelang lulus sekolah dasar. Melihat potensi itu, sang ayah kemudian mendaftarkan Bilqis ke PB Wiratama, klub bulu tangkis di Magelang. Saat pindah ke Solo, Bilqis kemudian bergabung dengan PB Purnama. Setelah lulus SD, Joko kemudian membawa putrinya ke Pusdiklat Victory sebelum akhirnya bergabung dengan PB Djarum.

Bilqis semakin bersinar di PB Djarum. Dia bahkan berhasil menembus Pemusatan Latihan Nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia alias Pelatnas PBSI pada 2020.

Bilqis mampu menjejaki panggung Pelatnas PBSI yang bermarkas di Cipayung berkat rangkaian prestasi yang diraihnya. Antara lain dia menjadi juara di Jakarta Junior International Series 2019 (U17), juara tunggal remaja putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, dan Semifinalis Badminton Asia Junior Championships 2019 (U17). (mzn)