Kontingen Sumut Juara 1 Bulu Tangkis Mahasiswa Beregu, Kalahkan Jakarta di Porseni NU 2023

41
Sumber: LTN PBNU

Solo – Kontingen Sumatra Utara berhasil mendapatkan juara 1 cabang olahraga bulu tangkis kategori mahasiswa beregu, setelah berhasil mengalahkan kontingen DKI Jakarta dengan skor 3-2 di babak final.

Pertandingan itu berlangsung dalam gelaran Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) di Gedung Olahraga (GOR) Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pada Kamis (19/1/2023).

Partai penentuan atau laga kelima dari babak final bulu tangkis beregu ini dimainkan oleh ganda campuran. Pasangan ganda campuran Sumut Adelia Safrita dan M Fadlan berhasil mengalahkan DKI Jakarta dengan cukup sengit dan menegangkan.

Adelia dan Fadlan semula kalah pada set pertama dengan skor 20-22. Kemudian mereka bangkit pada set kedua sehingga berhasil mengalahkan DKI Jakarta, 21-18.

Pada set ketiga, ketegangan itu semakin bertambah. Sebab kedua pasangan, baik Sumut maupun DKI Jakarta sama-sama menjadi tumpuan dan penentu untuk bisa membawa daerahnya menjadi juara 1.

Masing-masing pasangan sama-sama bermain maksimal. Mereka saling mematahkan dan mematikan lawan. Bahkan, skor sampai berkali-kali harus mengalami deuce. Akhirnya set ketiga ini dimenangkan oleh Sumut, yaitu pasangan Adelia dan Fadlan, dengan skor 25-23.

Kepada wartawan, Adelia mengaku sangat optimis memenangkan pertandingan yang sangat menegangkan itu. Sebab, banyak orang yang berharap kepadanya untuk bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik.

“Ini karena penentuan ya, orang berharapnya di kita. Apalagi poinnya genting. Itu sih yang buat optimis. Kami bawa nama Sumut dan jarang Sumut bisa mengalahkan DKI Jakarta,” kata Adelia.

Ia menjelaskan cara menjaga stamina agar tetap stabil. Di antaranya dengan minum air putih, tidur teratur, mengatur nafas, dan olahraga di pagi hari.

“Harus ada kegiatan, bergeraklah, nggak buat kaku (tubuh) sama buat atur nafas,” tambah Adelia.

Sementara itu, M Fadlan mengatakan bahwa Porseni NU sangat bersejarah karena baru kali ini Sumut berhasil mengalahkan DKI Jakarta.

“Tahun ini kami berhasil mengalahkan DKI, jadi itu yang membuat optimis kami,” kata Fadlan.

Pelatih bulu tangkis kontingen Sumut Hanafi mengatakan bahwa target awal mereka pada mulanya hanya masuk final. Ia tak menargetkan anak asuhnya itu bisa mengalahkan DKI Jakarta.

“Sebenarnya target kita di awal final saja, karena kita belum pernah menang lawan DKI. Saya bilang, main maksimal saja, lepas, jangan ada beban. Ternyata kita bisa merebut juara 1 alhamdulillah,” tutur Hanafi.

Ia lantas menyampaikan kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan membantu kontingen Sumut sehingga bisa menjadi juara 1 di cabang olahraga bulu tangkis kategori mahasiswa beregu ini.

Secara khusus, Hanafi mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sumatra Utara H Musa Rajekshah dan jajaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatra Utara.

“Terima kasih kepada Wagub Sumut, PWNU sumut beserta jajarannya. Terima kasih,” kata Hanafi.

Berkat kemenangan ini, dan menjadi juara 1, kontingen Sumut cabang olahraga bulu tangkis kategori mahasiswa beregu ini berhasil membawa pulang medali emas dan berhak mendapatkan hadiah uang Rp10 juta. Hadiah diberikan langsung oleh Ketua Porseni NU 2023 H Nusron Wahid.

DKI Jakarta mendapat juara 2 dan mendapatkan hadiah sebesar Rp5 juta, serta Sumatra Selatan dan Lampung meraih juara 3 bersama sehingga memperoleh hadiah masing-masing Rp2,5 juta.