Kejutan, Bagas/Fikri Tembus Final All England 2022 Usai Tumbangkan Juara Dunia

599

MADING.ID, Jakarta – Ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri / Bagas Maulana (Fikri / Bagas) kembali membuat kejutan di ajang All England 2022 dengan menumbangkan juara dunia Takuro Hoki / Yugo Kobayashi dalam laga perebutan tiket semifinal di Birmingham, Jumat, 18 Maret 2022.

Berjuang selama 60 menit, pasangan peringkat 28 dunia mengalahkan ganda putra andalan Jepang dengan skor 16-21, 21-16, 22-20. Pertemuan kedua pasangan itu adalah pertemuan perdana mereka di arena badminton.

“Alhamdulillah hari ini kami masih diberikan kemenangan. Kami berjuang habis-habisan di lapangan sampai selesai, walau poinnya ketinggalan terus tapi selalu berusaha untuk mengejar,” ujar Fikri seusai pertandingan babak perempat final di Utilita Arena Birmingham, sebagaimana dikutip dari laman Tempo.co.

Tampil di Utilita Arena Birmingham, tampil berani dan pantang menyerah menghadapi ganda putra Jepang yang tengah naik daun itu menjadi kunci Fikri / Bagas. Ketegangan sempat terjadi pada penghujung gim ketiga. Saat itu, mereka menyelamatkan tiga kali match point lawan dengan menggondol lima poin beruntun.

Dari tertinggal 17-20, lima poin itu membawa mereka menang 22-20. “Tidak ada persiapan khusus, sama seperti biasanya saja tapi kami tahu mereka juara dunia. Jadi kami di lapangan coba main tanpa beban,” tutur Bagas.

Hasil menggembirakan ini membuat Fikri / Bagas merasa senang dan bangga. Tidak hanya bisa mengalahkan lawan yang lebih kuat dan berpengalaman, tapi juga bisa menginjakkan langkah hingga babak empat besar turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu.

“Rasanya senang, bangga, merinding. Kami seakan tidak percaya bisa sampai di semifinal Tapi perjuangan belum berakhir, masih ada besok. Harus berjuang lagi,” kata Bagas menambahkan.

Kemenangan Bagas / Fikri ini juga memastikan Skuad Merah Putih mengamankan satu wakilnya di babak final All England 2022. Di babak empat besar, Bagas / Fikri kembali mengejutkan usai menumbangkan senior mereka yaitu peringkat satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon yang mempunyai julukan ‘The Minions’.

Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, pertandingan Marcus/Kevin vs Fikri/Bagas digulirkan di Utilita Arena Birmingham, Sabtu (19/3/2022), berlangsung cukup sengit. Fikri/Bagas berhasil memenangi pertandingan melawan Marcus/Kevin melalui permainan rubber game atau tiga gim dengan skor 22-20, 13-21, dan 21-16.

Dengan demikian, Fikri/Bagas bakal melawan pemenang dari laga antara He Ji Ting/Tan Qiang (China) dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia) di babak final All England 2022. (mzn)