Inilah Daftar Engagement Group Meeting pada Presidensi G20 Indonesia 2022

311

MADING.ID –¬†Dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan diadakan pertemuan Engagement Group pada November 2022, yang meliputi beberapa grup yang tergabung. Lalu apa itu Engagement Group?

Dikutip dari situs Indonesiabaik, Engagement Grup adalah forum dialog yang menjadi bagian dari organisasi G20. Masing-masing Engagement Group akan membahas isu tertentu secara khusus sesuai bidangnya. Pembahasan ini digelar dan dilaksanakan pada delegasi G20 pada Engagement Group Meeting.

Berikut ini daftar Engagement Group yang ada pada G20:

Business 20 (B20)
Sebuah forum komunitas bisnis internasional, sebagai peran swasta dalam penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat berkelanjutan dan berimbang. Berperan sebagai Chair pada Presidensi G20 kali ini adalah Shinta Widjaja Kamdani.

Civil 20 (C20)
Merupakan forum organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia untuk terlibat dengan para pemerintah di G20 dalam menghadapi isu-isu krusial dunia. Civil 20 pada Presidensi G20 tahun dini dipimpin oleh Sugeng Bahagijo sebagai Chair dan Fabby Tumiwa sebagai Co-Chair.

Labour 20 (L20)
Merupakan forum komunitas bisnis internasional, sebagai peran swasta dalam penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat berkelanjutan dan berimbang. Labour 20 dipimpin oleh Elly Rosita Silaban sebagai Chair.Peran Co-chair dipegang oleh Maria Emeninta.

Parliamentary 20 (L20)
P20 adalah forum yang dihadiri parliament speakers/perwakilan rakyat (legislatif) dari negara-negara G20 bertujuan membawa dimensi parlementer ke tata kelola global, meningkatkan dukungan politik untuk komitmen internasional. P20 pada gelaran Presidensi G20 dipimpin oleh Puan Maharani, Ketua DPR Republik Indonesia, sebagai Chair.

Science 20 (S20)
Forum peneliti dan ilmuwan dari seluruh negara G20 yang membahas keilmuan terkait peningkatan kesehatan global.Prof. Satryo Sumantri Brodjonegoro didapuk sebagai Chair dan Mego Pinandito sebagai Co-Chair.

Supreme Audit Institutions 20 (SAI20)
SAI20 adalah forum lembaga audit tertinggi negara-negara G20 untuk mempromosikan kerjasama, memperkuat transparansi dan akuntabilitas. Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna didapuk sebagai Chair, dibantu oleh Agus Joko Pramono sebagai Co-Chair.

Think 20 (T20)
Sebuah forum globalthink-tank dan para ahli untuk menyajikan analisis komprehensif terkait diskusi yang sedang berlangsung di G20 dan menghasilkan ide-ide untuk mendukung G20 dalam menghasilkan kebijakan yang konkret dan berkelanjutan.Prof. Djisman Simanjuntak berperan sebagai Chair T20, bersama Riatu Maria Qhibtiyyah sebagai Co-chair.

Urban 20 (U20)
U20 adalah forum bagi para pemimpin pemerintah daerah kota-kota U20, diantaranya untuk melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan kepada para pemimpin nasional. Peran Chair dipegang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Co-chair dipegang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Women 20 (W20)
Forum yang mewakili suara perempuan, mendorong pelibatan isu terkait perempuan ke dalam dokumen komitmen G20, termasuk isu pembangungan perempuan, kesetaraan gender, pertumbuhan inklusif, serta kerja sama perempuan di sektor ekonomi internasional. Hadriani Uli Silalahi berperan sebagai Chair dan sebagai Dian Siswarini sebagai Co-chair.

Youth 20 (Y20)
Merupakan forum konsultasi dan dialog para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus. Gracia Paramitha ditunjuk sebagai Chair, dibantu oleh Michael Victor Sianipar sebagai co-chair. (MZN)