Inilah 7 Kuliner Indonesia yang Mendunia

927
Ilustrasi: mpotimes.id

Selain kaya akan sumber daya alam dan manusia, Indonesia juga kaya akan masakan atau kuliner yang lezat bin mantap bin sedap.

Uniknya, cita rasa kuliner tidak hanya cocok di lidah orang sendiri, melainkan juga lidah masyarakat internasional. Tidak heran jika masakan-masakan Indonesia cukup digemari di berbagai negara di dunia.

Dari sekian banyaknya jenis kuliner Indonesia yang terkenal di dunia, setidaknya ada 7 kuliner yang paling paling enak sebagaimana yang dikutip dari laman Gramedia berikut ini.

1. Rendang

Siapa yang tidak mengenal masakan khas dari Sumatera Barat ini. Daging sapi cincang dimasak dengan bumbu Padang yang lezat.

Ada dua cara memasak daging sapi berbumbu ini. Untuk memasang rendang, dibutuhkan minimal 4 jam agar daging rendang berwarna hitam dan bumbunya kering seperti dedak.

Rendang dimasak sebentar dengan kuah santan yang masih kental disebut kalio, tekstur kuahnya masih kental dan dagingnya tidak kering.

2. Sate

Sate juga merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di Indonesia. Sate adalah masakan khas Indonesia yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci atau kerbau sebagai bahannya.

Dagingnya dipotong-potong, dibumbui dengan rempah-rempah, lalu dipanggang hingga sempurna. Kemudian, sate disajikan dengan berbagai macam saus mulai dari saus kacang atau kecap.

Uniknya, setiap pulau memiliki versi sate yang berbeda. Dari Sate Padang Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal dan Sate Buntal.

Yang membedakan masing-masing sate ini adalah pilihan daging dan kuahnya. Sate sangat cocok dengan nasi atau lontong, acar mentimun dan kerupuk.

3. Nasi Goreng

Adakah yang pernah makan nasi goreng? Pasti hampir semua orang tahu masakan ini. Selain nasi goreng yang lezat dan goreng adalah masakan memasak yang mudah.

Nasi goreng adalah banyak versi, dengan nasi goreng dari desa, Ijo nasi goreng, beras goreng jawa, nasi goreng, buah buah buah buah, buah buah buah buah, beras buah beras goreng goreng, dll.

Biasanya nasi goreng yang biasanya disajikan untuk sarapan atau masakan di malam hari. Bagi para Anda yang sering mencari makan di malam hari, Anda bisa menemukan gerobak nasi goreng dengan aroma yang tak tertahankan. Tak salah jika nasi goreng menjadi sajian kuliner yang juga dinobatkan sebagai hidangan terenak di dunia.

4. Bakso

Bakso terbuat dari daging sapi giling, dicampur dengan bumbu halus, tepung dan penyedap rasa. Bulatkan adonan menjadi bola-bola bulat lalu didihkan.

Bakso yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dan topping berupa mie kuning, bihun, tahu dan irisan daun seledri.

Saat ini bakso sudah banyak berubah, seperti bakso keju, bakso mata burung, bakso anak-anak, bakso telur, bakso raksasa. Jangan lupa celupkan baksonya dengan kecap asin, kuah atau sambal, enak.

5. Ayam Betutu

Pulau dewata terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan yang memesona semua mata saat berkunjung ke sini. Tak hanya alam, kulinernya juga sangat menggugah selera. Salah satu hidangan utama masakan Bali adalah bebek Betutu yang biasa ditemukan di Ubud.

Bebek Betutu adalah kebanggaan masyarakat Bali. Oleh karena itu, kita bisa dengan mudah menemukan restoran yang menyajikan masakan berbahan dasar bebek ini.

Cara Memasak Bebek Betutu menggunakan bebek utuh yang dibungkus daun pisang, kemudian dibungkus dengan buah pinang hingga dicincang. Uniknya, bebek ditanam di lubang bawah tanah dan bara api disimpan selama 6-7 jam sampai daging bebek empuk.

Betutu harum dan pedas. Biasanya disajikan dengan sambal matah, kacang tanah dan sayur rebus. Jika Anda berkunjung ke Pulau Dewata, luangkan waktu untuk mencoba masakan ini.

6. Nasi Padang

Siapa yang tidak ingin makan nasi padang untuk makan siang? Mendengar namanya saja sudah membuat Anda mengeluarkan air liur. Nasi Padang pada dasarnya adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pauk khas Padang seperti rendang, gulai ikan, ayam bakar, ayam suwir, telur dadar, tempe kering, daging cincang, daun singkong rebus, dan sambal hijau.

Yang menarik dari makan nasi padang di restoran adalah cara penyajiannya. Anda bisa makan karena semua menu disajikan di meja, jadi Anda tinggal memilih makanan apa yang akan dimakan. Cara kedua adalah Anda bisa langsung memesan 1 porsi Nasi Padang tanpa meminta untuk disajikan di meja.

7. Rawon

Rawon merupakan makanan khas kota Surabaya yang bentuknya seperti sop daging namun memiliki kuah yang kental berwarna hitam. Meski kuahnya tidak seperti sop pada umumnya, rawon memiliki rasa yang khas dan selalu dirindukan oleh para penikmat masakan Jawa Timur.

Warna hitam rawon karena penggunaan kluwek dalam kuahnya. Kluwek buah adalah buah berwarna hitam yang memberikan warna dan rasa yang unik pada masakan.

Rawon disajikan dengan daging sapi, toge rebus, telur asin dan kerupuk udang. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk lemon dan sambal untuk menambah kesegaran saat menyantap hidangan ini. (MZN)