Inilah 5 Tempat Ngabuburit Asyik di Jakarta

495
Foto: Now Jakarta

Buat anak Jakarta sekitarnya yang ingin menikmati ngabuburit jelang berbuka puasa dengan suasana yang tidak biasa saja, nah ternyata ada beberapa tempat di Jakarta yang asyik lho.

Ada yang suasana alam, ada yang suasana religinya sangat kental sekali. Cocok banget buat kamu yang suka tempat ngadem lahir-batin setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Berikut ini 5 tempat ngabuburit yang asyik jika kamu sedang di Jakarta, sebagaimana diolah dari situs Kompas.

1. Taman Suropati

Foto: Wisatabagus

Mau nunggu adzan Magrib sambil nongkrong di taman? Anda bisa mengunjungi Taman Suropati di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Udaranya sejuk karena taman kota ini dikelilingi pepohonan. Sembari menunggu adzan Magrib, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di Taman Suropati.

Di Taman Taman Suropati, Anda bisa jogging, bersantai, berfoto dan jalan-jalan santai. Tidak jauh dari Taman Suropati, yaitu sekitar 8 menit berjalan kaki, terdapat Masjid Agung Sundakerapa, tempat diadakannya ibadah Magrib dan Tarawih. Ada banyak penjual Takjil di sekitar Masjid Sundakerapa, jadi Anda bisa memutuskan untuk berbuka puasa.

2. Setu Babakan

Foto: Kompas

Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau lebih dikenal dengan nama Setu Babakan kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit sambil mempelajari kebudayaan Betawi. Lokasinya berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di Setu Babakan, seperti wisata budaya dengan mengunjungi rumah adat Betawi di tepi kolam. Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang budaya Betawi.

Selain itu, kamu bisa mengunjungi amfiteater yang lokasinya berada tepat di bagian belakang Museum Setu Babakan dan belakang area kolam. Sambil menunggu azan maghrib, kamu juga bisa berjalan santai karena area wisata Setu Babakan dikelilingi dengan pohon rimbun. Menjelang maghrib, kamu bisa berburu kuliner di sekitar kawasan Setu Babakan.

3. Hutan Kota GBK

Foto: LPM Progress

Hutan Kota Plataran, atau biasa dikenal dengan Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), adalah ruang terbuka yang subur di Jakarta, yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Lahan seluas 4 hektar saat ini berada sebagai paru-paru kota.

Saat menghabiskan waktu di ngabuburit, Anda bisa duduk sambil membuka tikar di taman yang rimbun. Duduk dan bersantai di area taman ini dengan pemandangan menarik dengan latar belakang gedung-gedung perkantoran tinggi di kawasan SCBD. Hutan Kota GBK juga memiliki area food court dan warung makan kecil sehingga Anda tidak perlu bingung mencari Takjil.

4. Masjid Istiqlal

Foto: Kompas

Masjid Istiqlal menjadi pilihan tempat ngabuburit gratis Jakarta dengan tema religi. Tak melulu nongkrong, kamu bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan membaca Al Quran dan beribadah di masjid terbesar se-Asia Tenggara ini. Biasanya, pihak pengelola Masjid Istiqlal juga menggelar pengajian menjelang azan maghrib. Selain itu, biasanya pihak pengelola masjid juga membagikan takjil gratis. Namun demikian, kamu juga bisa membeli aneka santapan buka puasa dari penjual di sekitar Masjid Istiqlal.

5. Taman Menteng
Foto: Garnesia

Taman Menteng bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit ramah kantong di Jakarta. Ciri khas taman yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini adalah rumah kaca. Taman ini menawarkan beragam fasilitas penunjang yang bisa kamu nikmati sembari ngabuburit. Mulai dari lapangan basket, sarana bermain anak, jogging track, air mancur, bangku taman, dan lainnya. Taman Menteng dikelilingi dengan pepohonan rindang, sehingga udaranya sejuk. Tak jauh dari lokasi taman, terdapat ruko-ruko yang menjual aneka makanan siap saji. Selain itu, ada area foodcourt di sekitar ruko yang bisa menawarkan santapan buka puasa bagi pengunjung. (MZN)