Inilah 3 Provinsi Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia

168
Foto: Kompas

MADING.ID – Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, Indonesia memiliki potensi untuk menciptakan dan memanfaatkan pariwisata halal. Tujuan utama didirikannya wisata halal adalah untuk meningkatkan daya tarik wisatawan muslim Indonesia dan meningkatkan kepuasan mereka selama berkunjung.

Dilansir dari situs Kompas, Indonesia berada di posisi keempat dalam daftar 20 destinasi wisata halal terbaik dunia 2021 berdasarkan Global Travel Muslim Index (GMTI) 2021 dengan skor 73.

Sebelumnya di tahun 2019, Indonesia meraih posisi pertama bersama Malaysia dengan skor imbang, yakni 78. Adapun Malaysia masih di posisi pertama tahun ini, disusul oleh Turki di posisi kedua, Arab Saudi di posisi ketiga, dan Uni Emirat Arab (UEA) di posisi kelima.

Versi GMTI Berdasarkan laporan GMTI 2021, peringkat tersebut berdasarkan beberapa faktor, di antaranya fasilitas dan layanan yang ramah wisatawan Muslim.

Berikut tiga provinsi dengan destinasi wisata halal terbaik di Indonesia, sebagaimana dilansir oleh situs resmi Kemlu (10/05/2022).

1. Lombok

Lombok menempati posisi teratas sebagai tujuan wisata halal terbaik di Indonesia. Pulau yang dikenal sebagai Negeri Seribu Masjid ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Selain keindahan alamnya, Lombok juga terkenal dengan kulinernya yang enak dan halal, salah satunya adalah Ayam Taliwang yang wajib dicoba oleh wisatawan di Lombok.

Pantai Lombok
Sajian Ayam Taliwang khas Lombok
2. Aceh

Kota yang dijuluki Serambi Mekah ini memiliki beragam tempat wisata halal yang menarik untuk dikunjungi. Di antaranya Pulau Weh di Sabang, Dataran Tinggi Geurute di pesisir barat Aceh Jaya, Danau Laut Tawar di dataran tinggi Gayo, Pulau Banyak di Singkil, dan Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh. Apalagi Aceh juga merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang menerapkan syariat Islam.

Danau Laut Tawar di dataran tinggi Gayo (Sumber: yopiefranz)
3. Riau

Riau kaya akan bangunan peninggalan sejarah pada masa kejayaan Islam. Selama berkunjung ke Riau, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai destinasi wisata halal, seperti Istana Siak yang menampilkan perpaduan arsitektur Arab, Melayu, dan Eropa.

Foto: liandamarta.com

Demikian 3 provinsi yang memiliki destinasi wisata halal terbaik di Indonesia. Mari dukung wisata Indonesia agar semakin maju, ramai, dan disegani dunia. (MZN)