Halaqah Kuatkan Pemberdayaan Pengurus Wilayah dan Warga Nahdliyin

264
Halaqah Nahdliyin

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nusron Wahid mengatakan bahwa seri Halaqah Lingkungan Hidup, Temu UMKM dan petani sawit yang digelar Jumat 4-5 Maret 2022 wajib diikuti dengan seksama.

Hal ini lantaran tindak lanjut dari terselenggaranya kegiatan halaqah dinilai dapat menguatkan pemberdayaan Pengurus Cabang NU (PCNU), Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU), dan seluruh Nahdliyin di pulau Sumatra yang utamanya berprofesi sebagai petani sawit.

“Sayang kalau tidak mengikuti acara ini dari awal sampai akhir. Karena PBNU mengadakan kegiatan ini, tindak lanjutnya bukan untuk PBNU lagi, tapi untuk PCNU, MWC NU, untuk madrasah dan pondok pesantren. Wabil khusus untuk Nahdliyin, terutama yang berprofesi petani kelapa sawit dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan,” kata Nusron dalam Forum Silaturahmi PWNU dan PCNU se-Sumatra di GOR Dempo JSC, Kamis (3/3/2022) Malam.

Adapun rangkaian halaqah sendiri terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas A dan B. kedua halaqah tersebut digelar 4-5 Maret 2022, sejak pagi hingga sore. Jumlah keseluruhan peserta halaqah sedikitnya 535 orang dengan skema pembagian peserta halaqah kelas A diikuti 210 peserta dan halaqah kelas B diikuti oleh 325 peserta.

Komposisi peserta yang hadir dalam rangkaian Harlah NU di Palembang itu terdiri dari 10 PWNU dan 99 PCNU. Halaqah kelas A akan digelar di Tenda Venue Komplek JSC dan Halaqah kelas B dilangsungkan di GOR Dempo JSC.

Baca juga: Ikhtiar PBNU Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sawit

Rangkaian acara Harlah ke-99 NU

Ketua PBNU Alissa Qotrunnada Wahid menyampaikan alur kegiatan Harlah NU ke-99 di Palembang 4 Maret 2022. Perempuan yang juga aktif di Jaringan Gusdurian sebagai Koordinator Nasional itu mengatakan, kegiatan pada Jumat 4 Maret 2022 sangat padat. Ia meminta para peserta untuk hadir lebih awal.

“Besok rangkaian kegiatan kita akan banyak sekali. Ada penanaman pohon, ada temu petani sawit di Muara Enim sekaligus penyerahan bantuan awal untuk peremajaan sawit. Ada acara puncak harlah besok malam,” kata Putri sulung KH Abdurrahman Wahid itu.

Penulis: Nuriel Shiami