Deretan Event Dunia Siap Dihelat di Bali Tahun Ini

514
Event
Unsplash

Pada tahun 2022, banyak event dunia yang akan diselenggarakan di Indonesia. Setelah MotoGP Mandalika yang dilaksanakan pada 18 hingga 20 Maret 2022 lalu, kini Indonesia siap menjadi tuan rumah G20.

Event internasional yang akan diselenggarakan pada Oktober hingga November 2022 mendatang ini akan bertempat di Nusa Dua, Bali. Tentu ini adalah momen yang membanggakan bagi Indonesia.

Selain untuk menunjukkan pesona alam Indonesia, event ini juga diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan membantu memulihkan perekonomian Indonesia.

Diadakannya G20 bukan hanya dilaksanakan di Nusa Dua, Bali. Tapi ada 19 daerah yang menjadi lokasi pelengkap dari G20, yaitu Jakarta, Bogor, Semarang, Solo, Batam-Bintan, Belitung, Medan, Yogyakarta, Bandung, Sorong, Lombok, Surabaya, Labuan Bajo, Danau Toba, Manado, Malang, dan masih banyak lagi.

Rangkaian kegiatan G20 di Indonesia ini, akan melibatkan banyak UMKM, serta menyerap banyak tenaga kerja sehingga ini akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia.

Selain G20, sepanjang tahun ini Indonesia juga akan menjadi tuan rumah untuk event dunia lainnya.

Baca juga: Peran Penting Millenial dalam Presidensi G20

Pertama, Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR)

Acara yang diselenggarakan oleh PBB ini akan diadakan di Bali, Indonesia, pada tanggal 23-28 Mei 2022 mendatang. Event ini dilakukan untuk membahas tentang pengurangan risiko dari bencana-bencana yang sedang terjadi.

GPDRR 2022 menawarkan kesempatan bagi pemerintah, PBB, dan semua pemangku kepentingan untuk berkomitmen dalam menghadapi kemungkinan bencana dunia dan mengatasinya bersama-sama.

Kedua, Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference & International Events 2022

Events ini akan diselenggarakan di Bali, pada 21 hingga 24 Juni 2022 mendatang. Acara ini merupakan salah satu event internasional yang berhasil dimenangkan Indonesia, dalam program bidding events internasional yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

AVPN dibentuk pada tahun 2011 oleh Doug Miller. Hal ini dibentuk demi memfasilitasi para penyandang dana dan sumber daya untuk berkolaborasi dan membuat perubahan.

Dalam jangka waktu 10 tahun, AVPN berhasil merangkul lebih dari 600 anggota. AVPN adalah satu-satunya platform di Asia yang melayani seluruh spektrum investor sosial.

Ketiga, World Tourism Day

World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia yang diperingati setiap tanggal 27 September, tahun ini akan diselenggarakan di Bali. Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan hari yang sama saat anggaran dasar The World Tourism Organization (UNWTO) dirancang pada tahun 1970.

Tema dari event World Tourism Day 2022 adalah Rethinking Tourism. Nantinya, event ini juga akan membahas tentang pemajuan agenda-agenda global pariwisata, terutama terkait pemulihan pariwisata pasca-pandemi COVID-19.

Sidang majelis umum UNWTO ini diadakan dua tahun sekali oleh negara-negara yang menjadi anggota UNWTO dalam membahas kebijakan pariwisata dunia. UNWTO sendiri memiliki 160 negara anggota, 6 associate members, 504 affiliate members, dan 2 observers (Tahta Suci Vatikan dan Palestina). Indonesia menjadi anggota UNWTO sejak tahun 1975.

Keempat, World Conference On Creative Economy (WCCE)

Konferensi Dunia Ekonomi Kreatif (WCCE) merupakan salah satu event yang dicetuskan oleh pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

WCCE 2022 akan diselenggarakan di Bali pada Oktober mendatang. Tema yang akan dibahas dalam event ini adalah pemulihan global lewat sektor ekonomi kreatif.

Misi tersebut memiliki sub tema yang akan dikaji bersama dengan para pemangku kepentingan, yaitu The Future of Creative Economy, IP and Rights of the Creatives, Creative Economy for Global Revival, serta Inclusivity and SDGs Agenda.

Penulis: Suci Amaliyah