7 Tempat Rekomendasi Kuliner Halal dan Lezat di Bali

356
Foto: independensi.com

Pengen wisata di Dewata Bali, tapi khawatir sulit menemukan tempat yang menyediakan kuliner halal dan lezat? Jangan khawatir, pariwisata di Bali saat telah berkembang pesat. Banyak tempat makan yang menawarkan kuliner halal dengan cita rasa yang khas dan menggugah selera, baik itu lidah wisatawan lokal maupun asing.

Nah, berikut ini ada tujuh rekomendasi tempat makan dengan sajian kuliner yang halal nan lezat di Pulau Dewata, sebagaimana dikutip dari situs LiburanBali.

1. Nasi Tekor

Kuliner khas Bali satu ini cukup unik dan masih jarang didengar oleh kebanyakan wisatawan, Nasi Tekor. Merupakan nasi yang disajikan di dalam tekor atau pincuk, yaitu wadah tradisional yang terbuat dari daun pisang yang sudah digunakan dari zaman dulu.

Berlokasi di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur kamu pun akan menikmati suasana seperti makan di rumah tua lengkap dengan pernak pernik hiasan yang akan membawamu bernostalgia ke masa kecil dulu. Menu yang dijual di sini sebenarnya sederhana yaitu nasi campur khas Bali dengan sajian lauk lawar biu batu, serapah ayam, sambal bali, kacang goreng, ayam panggang dan kuah ares.

2. Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku

Jika kamu sedang berkunjung ke daerah Ubud, kamu wajib mencoba masakan halal yang paling eksis di sana, yaitu Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku. Dengan bermodalkan pendopo rumah khas Bali, di sini kamu juga bisa menikmati suasana tradisional khas Bali dengan pekarangan rumah yang luas.

Sesuai dengan namanya, tempat ini hanya menyajikan makanan berbahan ayam. Seporsi Nasi Ayam akan dilengkapi dengan sate lilit, telur, ayam sisit, ayam goreng dan sayuran lawar juga sambal yang super pedas! Harganya pun murah, hanya Rp. 25.000,- saja.

3. Bebek Bengil

Merupakan pelopor untuk menu Crispy Duck alias Bebek Goreng Krispi, restaurant ini nggak pernah sepi pengunjung. Dengan suasana yang mirip di Ubud, Bebek Bengil di Nusa Dua juga memberikan suasana asri yang di kelilingi pepohonan dan juga gazebo ala Bali. Bedanya, di sini kamu tidak akan menemukan pemandangan pematang sawah, namun kamu akan menikmati pasir putih khas Nusa Dua.

4. Bale Udang Mang Engking

Sesuai dengan namanya, restaurant satu ini terkenal dengan menu udang-nya! Berbagai macam olahan udang terbaik bisa kamu temui di sini. Favorit kami adalah menu Hurang Ageung, di mana berbagai varian udang disajikan dalam satu keranjang besar.

Bale Udang Mang Engking bisa kamu kunjungi di Kuta maupun Ubud. Keduanya menawarkan pengalaman kuliner di pondokan dengan nuansa pedesaan. Kamu dijamin akan betah berlama di sini, apalagi kalo perut sudah kenyang!

5. Teba Café Jimbaran

Kawasan area Jimbaran dikenal dengan deretan restauran seafood yang siap memanjakan lidah kamu. Sebenarnya hampir setiap restoran di sini memiliki aneka menu seafood bakar yang disajikan lengkap dengan sayur plecing dan sambal matah.

Paling menarik dari makan di pantai Jimbaran adalah kamu bisa menikmati candle light dinner “ala-ala” di tepi pantai dengan iringan musik akustik. Pas banget buat kamu yang mau dinner romantis sama pasangan tercinta! Kalau kamu berencana makan di sini, disarankan untuk stand by dari jam 5 sore, supaya kamu bisa mendapatkan tempat duduk terbaik untuk menonton sunset super indah di sini.

6. Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk

Menu satu ini jangan sampai kamu lewatin kalau sedang berada di Bali! Ayam Betutu adalah salah satu ikon makanan khas Bali. Selain pilihan bahan ayam, bumbu betutu juga seringkali dihidangkan menggunakan daging bebek loh. Bumbu rempah komplit khas Bali dengan tekstur rasa pedas pasti bikin kamu ketagihan!

Untuk lokasi favorit kami adalah di Cabang Pusat Ayam Betutu Men Tempeh pertama yang berada di Gilimanuk persis di kompleks terminal lama, seberang pasar.

Foto: punapibali.com
7. Sop Ikan Warung Mak Beng

Ini juga favorit kuliner legendaris di Bali, Sop Ikan Warung Mak Beng. Dibuka semenjak tahun 1941 dan nggak pernah sepi pengunjung, warung ini hanya memiliki satu menu andalan yaitu paket sederhana yang terdiri dari Nasi Putih, Ikan Goreng, Sop Ikan dan juga sambal yang super pedas!

Suasana pantai bisa kamu temui ketika berkunjung ke sini, karena Warung Mak Beng persis banget di pinggir pantai Sanur. Buka dari jam 8 pagi, kamu bisa nih menikmati matahari terbit di pantai Sanur terlebih dahulu lalu lanjut sarapan pagi. (MZN)