7 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia

574

Kamu sudah tahu apa belum, ada beberapa kopi Indonesia yang mendunia alias digemari orang luar negeri? Kalau kamu penikmat kopi sejati pasti tidak kaget akan fakta yang membanggakan tersebut.

Karena, memang tidak sedikit jenis kopi yang ditanamkan oleh para petani kopi negara kita ini sangat sedap dan khas. Nah, seperti dikutip dari laman Indonesia Baik, berikut ini setidaknya ada 7 jenis kopi Indonesia yang sudah mendunia di berbagai negara.

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan jenis kopi Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah aceh tengah tepatnya di dataran tinggi Gayo.

Di daratan tinggi gayo inilah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan. Buah Kopi Gayo, Aceh Tengah. Kopi Gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat.

2. Kopi Kintamani

Selain pesona wisata yang sangat terkenal di dunia. Bali juga mempunyai permata yang tersembunyi yaitu penghasil kopi terbaik di dunia. Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain.

Kopi di sini bercita rasa bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kopi Kintamani juga bercita rasa keasaman bercampur dengan rasa segar sehingga menimbulkan cita rasa yang unik.

3. Kopi Luwak

Kopi ini menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh dunia. Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini. Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik.

4. Kopi Jawa

Kopi jawa mulai di kenal dunia sejak abad ke 17. Saat itu belanda memulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Walaupun Jenis-Jenis Kopi sudah banyak tetapi kopi jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda.

5. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang menjadi kopi terbaik di indonesia selanjutnya yaitu dengan cita rasa yang mantap. Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia. Kopi Sidikalang merupakan pilihan terbaik saat menemani sore anda. Jenis-Jenis kopi ini sangat mudah kamu temui di berbagai tempat di indonesia.

6. Kopi Toraja

Kopi Toraja asal Sulawesi jadi favorit masyarakat dari benua Eropa. Karakter rasa kopi Toraja cukup berat, dengan body tebal dan tingkat keasaman rendah. Rasanya cenderung sangat pahit dan ada sedikit rasa earthy di dalamnya. Kopi di Toraja ada yang merupakan jenis robusta dan arabika.

7. Kopi Lampung

Sebagaimana dilansir laman Nescafe, jenis kopi di Indonesia bukan hanya Arabika saja, melainkan juga Robusta dari wilayah Provinsi Lampung. Sama seperti Robusta lainnya, tanaman kopi Robusta Lampung memiliki karakteristik yang kuat dan sangat mudah dirawat. Namun, lantaran Lampung memiliki kisaran suhu 24–30° Celsius dan dataran yang strategis, jenis kopi ini bisa tumbuh subur dan memproduksi biji kopi dalam jumlah yang banyak.

Menurut Kementerian Pertanian RI, sebagai produsen kopi Lampung berada di posisi kedua di seluruh Indonesia. Setidaknya ada sekitar 106 juta ton Robusta yang dihasilkan pada tahun 2018 saja! (MZN)