7 Jenis Kurma Terbaik dan Terfavorit di Indonesia

487

Kurma adalah jenis buah khas Timur Tengah. Di Indonesia, buah ini cukup populer terutama ketika menjadi oleh-oleh jemaah Haji dan ketika Ramadhan tiba. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kurma sering disantap khususnya muslim Indonesia untuk hidangan berbuka puasa dan sahur.

Kurma memiliki banyak jenis dan cita rasa. Nah, berikut ini daftar 7 kurma yang memiliki cita rasa terbaik, enak, dan menjadi pilihan terfavorit di Indonesia.

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma yang tumbuh di Kota Madinah ini berwarna hitam dan bertekstur lembut. Cita rasanya tidak terlalu manis, lebih seperti rasa buah kismis. Kurma ini bukan hanya populer di negara asalnya, tetapi juga di Indonesia. Sering kali, jemaah haji dan umroh menjadikan kurma ini sebagai oleh-oleh khas dari Arab Saudi.

Kurma Ajwa merupakan salah satu jenis kurma terfavorit, karena memiliki banyak manfaat dan khasiat. Seperti membantu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung serta mencegah penyakit diabetes melitus. Kurma yang pada umumnya berwarna hitam pekat ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar senantiasa sehat serta bugar setiap hari.

2. Kurma Safawi

Sering mengkonsumsi buah kurma ketika bulan Ramadan? Kamu harus coba kurma safawi berwarna hitam yang memiliki tekstur seperti daging ini. Kurma ini memiliki rasa yang sangat manis dan dipenuhi dengan vitamin. Selain lezat, kurma ini juga bergizi. Dibudidayakan di Madinah, kurma safawi sangat lembut dan dikenal karena khasiat penyembuhannya.

3. Kurma Khalas

Kurma Khalas adalah kurma pilihan dari Uni Emirat Arab. Kurma ini memiliki warna cokelat agak keemasan dengan tekstur daging yang lembut. Pulennya sangat terasa saat Anda menggigit daging buahnya. Jangan heran, Khalas akan menjadi salah satu kurma terlezat yang pernah Anda rasakan.

4. Kurma Medjool

Kurma dengan nama lain Bard Valley ini sesuai namanya berasal dari Amerika, California. Bard Valley memproduksi “Natural Delights Medjool Dates” atau yang kita kenal sebagai kurma Medjool. Kurma ini sangat cocok dipadukan dengan teh panas manis. Selain itu, kurma ini juga tanpa bahan pemanis buatan jadi sangat aman untuk anak-anak.

5. Kurma Sukari

Kurma sukari adalah salah satu jenis kurma premium yang banyak dibudidayakan di area Irak dan Arab Saudi. Kata sukari sendiri berasal dari bahasa Arab “sukkar” yang berarti gula. Kurma ini berwarna lebih kuning dibanding dengan varian lainnya dan memiliki rasa yang lebih manis.

6. Kurma Sayer

Kurma sayer merupakan salah satu jenis kurma dengan bentuk oval dan ukurannya tak seragam sehingga sebagiannya berbentuk bulat. Rata–rata ukuran kurma ini lebih kecil dibandingkan dengan jenis kurma yang lain. Kurma asal Iran ini berwarna cenderung ke hitam hitaman. Kandungan serat yang banyak membuat kurma sayer ini lumayan lunak.

Jika digigit, kurma sayer ini agak lembut di mana pada bagian luarnya terkadang seperti masih terbungkus dengan kulit ari. Rasanya manis namun tidak berlebihan dan jenis kurma ini sering dimanfaatkan juga untuk memproduksi sari kurma.

7. Kurma Barhi

Berasal dari Kota Basra, Irak. Kurma jenis ini sering disajikan sebagai makanan penutup dan dicocokan dengan sajian berbagai jenis buah lainnya. Memiliki kulit luar dengan serat keras dan berwarna kuning, kurma Barhi adalah kurma ukuran kecil. Beberapa peminat kurma mengatakan bahwa mencicipi kurma jenis ini seperti sirop, berwarna coklat dan keemasan saat disimpan. (MZN)

Sumber: konten diolah dari berbagai sumber.