6 Tempat Wisata di Jabodetabek yang Ramai saat Libur Lebaran

1044
Foto: Bisnis

Pada Hari Raya Idul Fitri, masyarakat tidak hanya mengisi hari-hari dengan silaturrahmi kepada sanak saudara khususnya untuk memohon maaf atas segala kesalahan, melainkan juga memanfaatkannya untuk liburan ke tempat wisata bersama keluarga.

Di area Jabotebabek, ada beberapa tempat wisata yang tidak pernah sepi alias selalu ramai pengunjung saat lebaran tiba. Apalagi pada lebaran tahun 2022 ini sudah ada pelonggaran akibat pandemi Covid-19, sehingga hampir semua tempat wisata diizinkan buka.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Jabodetabek yang selalu ramai pengunjung di waktu libur lebaran.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Foto: Bisnis

Baik hari pertama maupun kedua Lebaran, Taman Impian Jaya Ancol menjamu ribuan hingga puluhan ribu pengunjung. Di hari pertama hingga pukul 13.00 WIB tercatat sekitar 24 ribu orang berkunjung. Kemudian di hari kedua, jumlahnya disebut semakin bertambah.

Sejak pukul 09.00 WIB tercatat sekitar delapan ribu pengunjung, lalu jumlah ini berlipat jadi sekitar 15 ribu pengunjung hingga pukul 10.00 WIB.

Menurut Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho, hari kedua Lebaran lebih ramai dari hari pertama.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol Yosep Prihartono mengatakan pihaknya menargetkan jumlah pengunjung 55 ribu orang per hari selama pekan Lebaran (2-8 Mei 2022).

“Untuk kapasitas karena PPKM Level 2, maka 75 persen, 75 persen Ancol itu sekitar 90 ribu. [Namun] target kami di bawahnya,” ujar Yosep saat ditemui pada Senin (2/5), sebagaimana dikutip dari situs CNN Indonesia.

2. Dunia Fantasi

Foto: Detik

Dunia Fantasi (Dufan) pun tak kalah ramai. Di hari kedua Lebaran hingga pukul 13.00 WIB tercatat ada sebanyak 48 ribu pengunjung. Jumlah ini lebih tinggi dibanding hari pertama Lebaran sebanyak 38 ribu pengunjung. Sejumlah wahana populer langsung padat pengunjung seperti, ontang-anting, niagara dan wahana lain.

3. Trans Studio Cibubur

Foto: CNN Indonesia

Tempat ini pas banget untuk dikunjungi bersama keluarga, terlebih kalau tak mau lelah berpanas-panasan. Objek wisata di area indoor ini memiliki sejumlah wahana seru untuk dimainkan.

Salah satunya kamu bisa berperang melawan zombie ganas di wahana Zombie Wars. Siapkan nyali untuk berperang. Jangan lupa pastikan senjata terisi dengan amunisi penuh dan tetaplah selamat sampai misi selesai.

Selain itu kamu juga bisa mencoba Formula Kart. Wahana yang satu ini cocok buat kamu yang punya jiwa berkompetisi tinggi. Formula Kart dengan track panjang memutar dan penuh dengan belokan, dapat menjadi arena balap yang menantang. Kamu bisa menyalip lawan balap, melakukan tabrakan, bahkan drifting di tikungan tajam. Dijamin bikin ketagihan saat mencobanya!

4. Taman Margasatwa Ragunan

Foto: Liputan6

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) tutup di hari pertama Lebaran. Saat buka di hari kedua Lebaran, antusiasme warga tak terbendung. Hingga pukul 12.00 WIB, tercatat lebih dari 22 ribu orang menghabiskan hari libur di TMR.

Staf Layanan Informasi dan Kehumasan TMR Wahyudi Bambang mengatakan jumlah ini sudah mencapai 50 persen kuota harian pengunjung. Mengikuti peraturan PPKM Level 2, TMR membatasi kuota pengunjung hanya 75 persen dari kuota normal 60 ribu yang berarti maksimal pengunjung sebanyak 45 ribu dalam sehari.

Hari ini, jumlah pengunjung TMR diprediksi bakal meledak. Bambang mengingatkan agar pengunjung mendaftar online terlebih dahulu sebagai syarat masuk.

5. Taman Safari

Sejak hari pertama Lebaran, Taman Safari di Bogor ramai dikunjungi terbukti dari antrean panjang hingga sejauh dua kilometer di pintu masuk. Di hari kedua, antusiasme warga tidak berubah. Terhitung per pukul 12.40 WIB, sebanyak 10 ribu pengunjung memadati Taman Safari.

Akan tetapi jumlah ini masih terhitung ‘biasa’ jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan Taman Safari seperti biasa. Jumlah ini pun masih separuh dari kuota maksimal 75 persen kuota pengunjung atau 22 ribu orang.

Taman Safari memang menawarkan kesempatan interaksi dengan para satwa sehingga pengunjung didominasi anak dan remaja. Di area Baby Zoo, anak-anak bisa memberi makan kanguru dan lemur. Program Feeding Black & White Ruffed Lemur merupakan program baru Taman Safari. Program diharapkan jadi daya tarik baru dan mampu menggaet lebih banyak pengunjung.

6. Pulau Seribu

Foto: Antara

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menuturkan ada sebanyak dua ribu orang mengunjungi Pulau Seribu di hari kedua Lebaran. Orang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata populer seperti, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Pramuka dan Pulau Payung.

Di sisi lain, Menhub Budi Karya Sumadi mewajibkan kapal yang melayani wisatawan harus lulus uji kelayakan sebelum beroperasi. Kapal harus dilengkapi Surat Perintah Berlayar (SPB). Dari sebanyak 31 kapal, hanya 23 kapal yang memenuhi syarat. (MZN)