5 Ide Hampers Kreatif untuk Lebaran Penuh Makna

505
5 Ide Hampers Kreatif untuk Lebaran Penuh Makna
Photo by indramayu.pikiran-rakyat.com

Menjelang Hari Raya Idul fitri biasanya identik dengan yang namanya memberi, seperti THR dan parsel. Namun beberapa tahun belakangan lebaran ini ada istilah lain dengan packaging yang berbeda juga dengan parsel mulai ramah di telinga kita. Bahkan kehadiranya mulai mengalahkan kehadiran parsel, yakni hampers.

Hampers sendiri mulai diburu oleh orang-orang karena packagingnya yang terkesan mewah dan eksklusif. Hal ini sejalan dengan momen yang biasa akrab kita sebut dengan istilah Lebaran untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada orang-orang tercinta, salah satunya bisa dengan saling berbagi.

Memberikan hampers yang kreatif serta bermanfaat, tentu akan memiliki nilai lebih serta berkesan bagi si penerima, serta dapat membantu orang terkasih untuk kembali bahagia di Hari Kemenangan.

Baca juga: Keren, 2 Siswa Madrasah di Pekanbaru Ini Ikuti Program Pertukaran Pelajar ke Amerika

Saling mengirimkan hampers menjadi cara silaturahmi yang baru dan solusi di masa pandemi.
Kegiatan bertukar hampers ini akan terasa berkesan bagi orang yang senang untuk memberikan bingkisan sebagai wujud rasa perhatian dan kasih sayang terhadap orang yang dicintai.

Salah satu jenis hampers yang paling banyak diberikan adalah hampers berisi makanan, dan sering menjadi pilihan sebagian besar orang. Namun, tidak hanya terbatas pada hampers berisi makanan saja, saat ini dengan banyak nya ragam pilihan produk yang ada, kamu bisa semakin berkreasi dengan hampers yang akan diberikan agar lebih bermanfaat dan memberikan kebahagiaan lebih kepada yang menerima.

Berikut ide hampers untuk Lebaran penuh makna.

1. Hampers perlengkapan memasak

Hari Raya Idulfitri identik dengan berbagai macam hidangan seperti opor ayam dan kue kering. Tidak heran, jika hal pertama yang teringat saat mendengar kata “Lebaran” adalah dapur dan meja makan yang penuh dengan sajian yang menggugah selera.

Saat merayakan Idul Fitri, ruangan ini akan menjadi pusat aktivitas dimana seluruh keluarga akan berkumpul dan berbagi cerita. Berbagai pilihan cutlery set hingga fryping pan, dan peralatan masak lainnya dapat kamu berikan untuk menambah kehangatan Idul Fitri bersama dengan keluarga tercinta.

Tidak hanya peralatan masak, kamu juga bisa menyelipkan bahan dan bumbu memasak yang tanpa pengawet, pewarna, dan perasa buatan untuk ide hidangan santapan keluarga di Lebaran nanti.

2. Hampers makanan ringan

Mungkin banyak yang tidak asing dengan kalimat “Food is My Love Language”. Memberi hampers berisi kue kering atau makanan manis lain di momen Lebaran adalah salah satu hal yang klasik namun selalu ditunggu.

Makanan manis dapat merangsang bagian otak bernama nucleus accumbens melepaskan dopamin. Makanan manis juga dapat membantu melepaskan serotonin, hormon yang bisa memberikan efek tenang.

Jika tidak berlebihan, makanan manis punya banyak sekali manfaat. Hal ini termasuk memberikan sensasi bahagia dan positif pada tubuh.

Sebagai tambahan makanan manis di Hari Raya Idul Fitri nanti, kamu bisa mengirimkan hampers seperti kue brownies, kue kering, es cendol, es krim, dan sebagainya.

  1. Hampers healing kit

Bicara tentang healing, tentu tidak akan lepas dari alasan “untuk meringankan beban pikiran”. Kehidupan dewasa ini memang cukup melelahkan, maka diperlukan waktu yang khusus digunakan untuk memanjakan diri sendiri untuk menghilangkan stres.

Fenomena “healing” tentu sudah tidak asing didengar. Dalam arti sebenarnya, healing adalah proses untuk kembali menjadi sehat baik secara mental maupun fisik.

Memberikan hampers berisikan self-love kit seperti skincare products, hair care products, scented candle, bisa membantu orang tersayang meringankan beban pikirannya dan melakukan healing tanpa harus keluar rumah.

4. Hampers perawatan tubuh

Ide untuk memberikan hampers kreatif lain adalah dengan memberikan produk perawatan tubuh untuk orang terkasih.

Hampers berisi shower puff, sabun cair atau bath bombs, skincare atau haircare products mungkin terdengar asing dan tidak biasa. Namun, memberikan hampers unik ini untuk orang terkasih tentu sangatlah bermanfaat.

Maka, bertepatan dengan momen ini, melalui hampers yang diberikan dapat menemani mereka dalam mengisi waktu yang menyenangkan lewat kegiatan merawat diri.

5. Hampers mainan penunjang kreativitas

Selain opor ayam dan kue kering, Hari Raya Idul Fitri juga identik dengan berkumpul bersama keluarga besar.

Saat berkumpul bersama kegiatan seperti mengobrol, bertukar canda dan memainkan mainan kreativitas seperti merakit lego bisa menjadi opsi.

Oleh karenanya, hampers mainan kreativitas bisa menjadi pelengkap kegiatan yang seru untuk dilakukan bersama dan menambah kehangatan antar anggota keluarga.

Penulis: Mukhammad Khasan Sumahadi
(Mahasiswa UIN Walisongo Semarang)