3 Tips Belanja Ramah Lingkungan ala Greenpeace

217
Foto: Shutterstock

Pernah Anda mendengar slogan “belanja ramah lingkungan”? Yups, slogan itu adalah salah satu kampanye dari Greenpeace dalam rangka menyelamatkan bumi dari kerusakan.

Greenpeace adalah organisasi lingkungan yang memiliki cabang lebih dari 40 negara di dunia dengan kantor pusat berada di Amsterdam, Belanda. Organisasi ini pada Desember 2021 merilis e-book berjudul Cintai Bumi Lewat Makanan yang berisi tentang berbagai tips resep gaya hidup ramah lingkungan.

Menurut Greenpeace, bumi telah menyediakan sumber makanan yang segar, melimpah, dan mampu memenuhi kebutuhan tubuh kita. Dengan menjaga kelestarian alam di Bumi, kita telah membantu mempertahankan keseimbangan ekosistem yang sangat berpengaruh pada sumber makanan kita.

Oleh sebab itu, berikut ini tiga (3) tips berbelanja ramah lingkungan dan mengurangi konsumsi berlebihan.

Tips Pertama

Pilih pangan organik jika memungkinkan. Pangan organik diproduksi tanpa pupuk dan pestisida buatan. Bahan kimia yang digunakan dalam pupuk sintetis dan pestisida buatan dapat memiliki dampak negatif bagi lingkungan, manusia, dan hewan di alam liar.

Tips Kedua

Pilih produk lokal dan idealnya beli langsung dari petani. Dengan cara ini, keuntungan langsung diterima oleh petani, bukan melalui supermarket.

Tips Ketiga

Pilih produk dengan minimal kemasan, tidak dibalut dengan plastik sekali pakai atau styrofoam. Bawalah wadah dan kantung kain sendiri saat berbelanja.

Jadi, sekarang sudah tahu kan mengapa belanja itu harus memperhatikan dampak terhadap lingkungan? Mari jaga bersama bumi kita. Semoga bermanfaat. (MZN)