Tips Mudik Aman dan Sehat Bagi Pekerja Ibukota

215
Mudik
Unsplash

Apakah kamu berencana untuk pulang ke kampung halaman ketika Hari Raya Idul Fitri tahun ini? Jika iya, kamu perlu memahami tips mudik sehat bagi pekerja.

FYI saja nih, pemerintah telah memberikan lampu hijau bagi masyarakat yang hendak melakukan mudik. Seluruh ketentuan dan aturannya sudah diatur dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan PPDN Pada Masa Covid-19.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa otomatis mudik tanpa mempertimbangkan kondisi fisik dan kesehatan. Perjalanan jarak jauh yang akan ditempuh dapat berimbas pada kesehatan pekerja bila tidak dipersiapkan dengan baik.

Nah, supaya kesehatan bisa tetap terjaga, berikut adalah tujuh tips mudik sehat yang harus kamu pelajari. Yuk, disimak!

Menyusun Rencana Perjalanan

Tips mudik sehat pertama yang perlu dilakukan para pekerja adalah merencanakan rute perjalanan. Kamu dapat memulai mudik dengan menemukan opsi rute yang dapat ditempuh dengan aman.

Selanjutnya, pertimbangkan kemungkinan pilihan rute jalan terkait dengan lamanya waktu tempuh dan kondisi kendaraan. Terutama apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi, pastikan mesin dan segala komponen penting kendaraan berada dalam kondisi baik.

Di sisi lain, jika kamu menggunakan transportasi umum, hindari tempat padat merayap atau ramai. Pemerintah telah mengizinkan mudik pada hari raya kali ini, tetapi perlu diingat bahwa kamu dan keluarga masih memungkinkan terinfeksi Covid19.
Jangan lupa ikuti protokol kesehatan yang diterapkan di area yang akan kamu lewati.

Selesaikan Pekerjaan dan Tanggung Jawab Sebelum Mudik

Tips berikutnya supaya kamu bisa mudik dengan nyaman adalah menyelesaikan segala pekerjaan dan tanggung jawab sebelum berangkat. Saran satu ini sangat penting bagi pekerja, khususnya yang akan menyetir atau naik kendaraan umum yang ramai.

Kenapa begitu? Pekerjaan dan tanggung jawab lainnya hanya membuatmu lelah saat bepergian. Selain itu, produktivitas dan hasil kerja dijamin tidak memadai. Karena kamu akan menemui banyak gangguan yang akan menyebabkan kehilangan konsentrasi.

Jadi cobalah ajukan cuti jauh jauh hari pada atasan di kantor. Jika kamu memiliki pekerjaan baru, informasikan bahwa kamu sedang dalam perjalanan mudik dan matikan semua perangkat pendukung kerja.

Jangan Lupa Bawa Obat Pribadi

Membawa obat-obatan pribadi merupakan salah satu tips mudik sehat lainnya yang harus diingat para pekerja. Perjalanan yang jauh sudah pasti akan menguras energi. Alhasil badan akan lebih rentan terhadap penyakit atau rasa letih.

Seperti dilansir CDC, kamu bisa mempersiapkan obat-obatan pribadi yang sering dikonsumsi sebagai solusi untuk mengatasi hal hal yang tidak diinginkan. Beberapa contoh obat yang bisa disediakan termasuk obat sakit kepala, obat mabuk perjalanan, dan obat yang sedang dikonsumsi jika kamu menderita penyakit tertentu.

Hindari Makanan yang Kurang Sehat

Terkadang, mudik bisa menjadi ajang petualangan kuliner bagi beberapa pekerja yang hobi makan. Meskipun terlihat menarik, tips mudik sehat yang harus dipatuhi pekerja adalah menghindari makanan yang kurang sehat.

Karena kita tidak tahu pasti bagaimana cara pedagang mengolah makanan dan minuman yang mereka jual. Tak hanya itu, makanan yang dijajakan secara terbuka di pinggir jalan pun lebih mudah terpapar oleh kuman atau bakteri.

Oleh karena itu, supaya bisa lebih aman, sediakan bekal untuk mudik dari rumah. Jika kamu memang harus membeli makanan ketika di perjalanan, belilah air minum kemasan serta pastikan makanan restoran yang pasti dimasak secara higienis.

Lakukan Perjalanan Malam

Tips mudik sehat selanjutnya yang patut kamu perhatikan adalah melakukan perjalanan malam. Selain untuk menghindari pancaran sinar UV matahari, perjalanan malam juga lebih optimal karena badan terasa segar bugar setelah berbuka puasa.

Keuntungan lain dari perjalanan malam adalah kamu tak perlu mengkhawatirkan rasa lapar dan haus karena belum buka puasa. Kamu bisa makan kapan saja sehingga kadar gula menjadi normal dan badan lebih bugar untuk perjalanan.

Istirahat Saat Merasa Lelah

Ketika sedang mudik, kamu wajib beristirahat bila merasa terlalu lelah untuk melanjutkan perjalanan. Jangan sampai terlalu memaksakan diri, karena akan menganggu konsentrasi dan rentan mengalami kecelakaan jika membawa kendaraan pribadi.

Kamu pun tak perlu bingung mencari tempat rehat. Saat ini sudah tersedia banyak posko khusus dan rest area yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

Manajemen Stress

Tips terakhir yang perlu kamu ingat jika ingin mudik dengan sehat adalah untuk mengelola stres. Perjalanan pulang ke kampung halaman merupakan kondisi yang dapat memicu stres.

Bagaimana tidak? Jalanan yang macet ditambah lalu lintas yang padat akibat banyak pemudik lain yang bepergian di hari yang sama denganmu sudah pasti akan memengaruhi keadaan psikis. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dalam perjalananmu dengan baik.

Sebagai contoh, kamu bisa dengarkan pilihan musik favoritmu untuk menemani perjalanan. Selain itu, kamu bisa coba teknik relaksasi sederhana, seperti mengambil napas yang dalam dan menghembuskannya perlahan secara berulang.

Itu dia ketujuh tips mudik sehat dan aman yang bisa dilakukan oleh para pekerja Ibukota. Intinya, rencanakan opsi rute jalan dan semua persediaan serta persiapanmu dengan baik.

Selain itu, sediakan waktu untuk beristirahat dan kelola stres selama perjalanan. Jangan sampai kesehatanmu terganggu, ya.

Diolah dari berbagai sumber.

Wachid Ervanto