Tips Jitu Jalankan Marketing Campaign untuk Bisnismu, Wajib Dicoba!

284
Marketing Campaign
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Pernah membeli minuman CocaCola dengan tulisan namamu? Jika pernah, itu merupakan salah satu marketing campaign yang terbilang amat sukses di zamannya. Jika tertarik mencobanya, Mading punya tips marketing campaign untukmu.

Teknik yang satu ini berbeda dengan pemasaran pada umumnya. Jika biasanya marketing bertujuan menarik perhatian masyarakat pada suatu produk, lain halnya dengan marketing campaign. Menurut Hubspot, marketing campaign berjalan ketika sebuah perusahaan memiliki tujuan tertentu yang ingin mereka capai.

Marketing tidak selalu dilakukan dengan membuat iklan yang menarik dan menyenangkan. Tetapi juga tentang menetapkan tujuan dan mencapai hasil nyata. Pada tahun 2018, 72% pemasar mengatakan strategi konten yang baik adalah kunci kesuksesan.

Strategi konten yang baik tidak hanya membantu kamu mengetahui tujuan dan target pasar, tetapi juga panduan yang dapat digunakan untuk menarik customer. Nah, salah satu cara untuk memanfaatkan pemasaran secara digital adalah dengan membuat campaign.

Digital marketing campaign memiliki ragam bagian yang bekerja sama untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan produk. Ada beberapa cara untuk membuat marketing campaign yang bisa kamu rencanakan dengan matang untuk mendapatkan hasil kampanye yang efektif. Cobalah~

Rancang Tujuan, Biaya dan Target Pasar

Tentukan tujuan untuk membuat kampanye. Ingin meningkatkan brand awareness (kesadaran merek)? Ingin mengoptimalkan penjualan produk? Ingin meningkatkan pengikut media sosial perusahaan? Atau justru ingin meraih pelanggan baru?

ini adalah pekerjaan rumah para digital marketing untuk memutuskan prioritas tujuan apa yang ingin dicapai, karena pilihan tujuan tidak terbatas. Pikirkan dengan baik dan bijak, dan jangan lupa berdiskusi dengan rekan divisimu untuk mendengar dari sudut pandang lain.

Kamu juga dapat menetapkan tujuan ini jika ingin memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan atau produk yang kamu kelola.

Sama pentingnya dengan menetapkan sasaran, merancang anggaran yang realistis juga diperlukan untuk rencana campaign (kampanye). Anggaran ini biasanya digunakan untuk meluncurkan iklan digital.

Mengapa harus realistis? Ini karena kamu perlu memastikan bahwa anggaran yang ditentukan dapat mencakup semua aktivitas kampanye yang dilakukan. Rencanakan dengan cermat agar tidak melebihi anggaran yang tersedia.

Selanjutnya, kamu juga perlu menentukan karakteristik konsumen menjadi target pasar produkmu. Sesuaikan target pasar dengan memperkaya informasi. Mulai dari usia, pekerjaan, jenis kelamin, demografi hingga minat dan hobi. Target pasar yang terdefinisi dengan baik akan memudahkan kampanye dapat tepat sasaran.

Tentukan Saluran yang Sesuai

Setiap media atau saluran memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu tidak bisa asal menggunakannya dalam kampanye pemasaran. Tips dari The Balance Small Business, pertimbangkan target marketing campaign perusahaanmu.

Media apa yang paling sering konsumen gunakan? Apakah mereka lebih sering menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, dan bahkan media massa? Kapan mereka menghabiskan waktu di media tersebut? Apa yang mereka cari disana? Ini akan membantu untuk menentukan saluran yang tepat untuk kampanyemu.

Kemas Pesan Brand dengan Menarik

Pada pengemasan pesan diperlukan konsentrasi dan pengerjaan yang tidak kalah penting dengan perencanaan. Kemas pesan yang bersinergi dengan target pasar, buat pesan yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan pengalaman konsumen. Jangan lupa fokuskan pesan pada pelanggan serta bagaimana produk atau layananmu akan menguntungkan mereka.

Kamu juga perlu menentukan bagaimana metode yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Pilih rangkaian kata atau kalimat yang merangkum maksud pesanmu dan sertakan unsur call-to-action dengan jelas. Kamu hanya punya waktu sekitar tiga detik untuk menarik perhatian audiens, jadi, kemas pesanmu dengan kalimat seringkas mungkin dan menonjolkan keunikanmu yaa~

Kamu juga bisa melakukan keyword research (riset kata kunci) untuk mengoptimalkan penulisan pesanmu. Mengetahui keyword yang sesuai dengan produk atau layananmu dapat memberikanmu opsi pemilihan kosakata berdasarkan pertimbangan peluang dan frekuensi pencarian.

Baca juga: Instagram Paket Komplit Personal Branding

Maksimalkan Digital Ads

Pilihan metode marketing campaign yang terakhir adalah dengan memaksimalkan fitur ads atau iklan. Karena iklannya secara digital, maka nama fiturnya berubah menjadi digital ads. Digital ads ini terdapat di beragam platform yang bisa kamu pilih, seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, dan lain lain.

Digital ads bisa membantumu untuk mengoptimalkan pencapaian target. Penggunaan digital ads juga berperan mengukur keberhasilan campaign dengan akurat.

Iklan yang akan kamu publikasikan dapat disesuaikan dengan tujuan dan target pasarmu. Budget yang telah kamu rancang sebelumnya menjadi anggaran yang bisa kamu manfaatkan untuk memasang iklan. Kamu perlu membuat iklan yang menarik dan mendukung target pasarmu, jadi jangan lupa buat kalimat pesan seoptimal mungkin.

Itu dia empat cara membuat marketing campaign untuk memasarkan produk/jasa yang kamu miliki secara efektif dan lebih meluas. Jika kamu pertama kali mendengar tips diatas, maka kamu wajib mencobanya~

Wachid Ervanto