Motivasi Keren untuk Anak Muda yang Berkarya Seperti Kamu

305
Foto: @kamiidea

Kamu anak muda yang suka berkarya? Sebaiknya kamu membaca tulisan ini sampai selesai karena ada sederet motivasi keren agar passion tersebut semakin berkembang pesat.

Perlu kamu ketahui bahwa berkarya memang hal yang baik, namun jika motivasi kamu keliru, maka hal itu dapat ‘membahayakan’ buat kamu ke depannya.

Nah, ada beberapa motivasi untuk anak muda dari John Afifi dalam buku Menjadi Milenial Aktif di Industri Kreatif (2019: 28-31) berikut ini.

1. Seputar Waktu

Anak muda seharusnya tidak boleh menyia-nyiakan waktu yang sekarang dimiliki. Seharusnya, waktu tersebut digunakan sebaik mungkin untuk berkarya dan melakukan hal-hal positif.

Jika waktumu hanya tersisa satu menit lagi, maka kapan anak muda punya kesempatan untuk berjuang dan berkarya? Saat semua waktumu sudah habis, saat itulah kamu teringat akan hidupmu yang tiada membawa manfaat dan saat itu pula mungkin kamu akan menyadari bahwa kamu ternyata telah menyia-nyiakan waktu.

2. Menjadi Diri Sendiri

Sebagai anak muda yang baru mulai berkarya, tentu banyak rintangan yang akan kamu hadapi. Salah satunya, karya kamu belum membanggakan. Belum banyak dikenal orang. Lebih parahnya lagi, karya kamu dicemooh orang. Cemoohan ini mungkin juga mengendurkan semangat kamu dalam berkarya.

Jika seribu orang mencemooh dan meremehkan karya kamu, maka kamu harus menjadikan cemoohan itu sebagai penyemangat dalam berkarya. Kamu harus mengerti bagaimana caranya menjadi hebat, dengan cara menjadi diri sendiri dan terus fokus dalam berkarya. Tunjukkan dirimu bahwa kamu adalah orang yang bisa.

3. Tidak Mengharap Pujian

Meski tidak ada satu orang pun yang menghargai karyamu. Setidaknya, kamu sendiri harus sangat bangga dengan apa yang sudah kamu hasilkan. Jangan terlalu mengharapkan untuk dipuji. Sebab, pujian tidak akan memuliakanmu, juga tidak akan menambah bagus karyamu. Namun, jika kamu mendapatkan pujian, belajarlah untuk selalu rendah hati. Jangan terlena, apalagi sampai merasa terlalu bangga dengan pujian tersebut.

Lebih baik, gunakan pujian tersebut untuk terus memperbaiki karyamu, sehingga karyamu semakin membanggakan di mata dunia. Ada saatnya kamu mendapatkan pujian atas karyamu, tetapi hal itu hanya akan terjadi jika kamu terus memperbaiki karyamu, terus belajar, dan mau berkembang sampai kamu benar-benar menjadi orang yang keren dan sukses.

4. Sukses dari Nol

Biasanya, orang hanya melihat keberhasilan orang lain pada saat orang lain tersebut sudah sukses. Sebaiknya, cara panjang seperti itu dihilangkan. Anak muda harus belajar dari perjalanan hidup mereka.

Termasuk juga bagaimana cara mereka meraih kesuksesan seperti sekarang banyak orang sukses yang sebelumnya sudah merasakan pahit getirnya hidup, susah dan tidak enaknya hidup, serta menderita dan sengsaranya hidup. Tidak ada kesuksesan yang diraih instan. Semua itu harus melewati perjuangan dan penderitaan terlebih dahulu.

5. Punya Cara Sendiri

Anak muda tidak harus menjadi orang yang sama persis seperti mereka yang sudah sukses. Anak muda hanya perlu mengambil semangat mereka, cara mereka belajar, dan cara mereka berjuang/meraih kesuksesan.

Selain itu, tidak perlu juga mencoba jalan yang telah mereka lalui untuk berhasil, tetapi cobalah untuk memperbaiki apa yang masih kurang dalam dirimu. Kamu harus belajar lebih banyak hal, terus mengembangkan semangat, dan berkarya lebih luar biasa lagi.

Kamu juga bisa hebat seperti mereka yang sudah sukses. Namun, kamu harus memiliki cara sendiri untuk mencapainya. Cara yang sesuai dengan dirimu sendiri. Perlu dipahami bahwa anak muda tidak harus jadi duplikat untuk bisa hebat dan sukses seperti mereka.

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa yang harus kamu tanamkan dalam diri? Motivasi-motivasi di atas akan membuat kamu jadi semakin kreatif dalam berkarya. (ZID)