Mengenal Media Pembelajaran Alternatif Berbasis Mentimeter

401

Menurut Yuniastuti, et.al. (2021: 93-94) dalam buku Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial, mentimeter adalah sebuah platform yang dapat membantu kita dalam membuat presentasi yang interaktif. Pada dasarnya paltform ini seperti powerpoint yang biasa kita gunakan dalam laptop kita. Namun, dengan Mentimeter kita bisa dimanjakan berbagai fitur yang tidak bisa kita temukan di powerpoint.

Misalnya seperti membuat survei, kuis, atau pun chart interaktif. Variasi presentasi interaktif yang dapat kita buat menggunakan paltform ini antara lain adalah presentasi yang memuat; 1) Pilihan ganda; 2) Awan kata; 3) Skala; 4) Paragraf; 5) Perankingan; dan lain masih banyak lainnya.

Hasil survei atau pun kuis yang kita buat dapat diakses oleh peserta didik secara online melalui link. Tidak hanya itu, pendidik juga dapat mengunduh hasil survei, kuis, dalam bentuk excel. Jadi ketika pendidik membutuhkan hasilnya untuk rekapitulasi.

Berikut ini contoh tampilan dari presentasi interaktif yang dibuat menggunakan platform Mentimeter:

Presentasi yang dibuat menggunakan platform Mentimeter dapat dikatakan interaktif karena mengajak peserta didik berinteraksi. Misalnya pada gambar di atas, itu merupakan salah satu variasi presentasi word cloud atau awan kata.

Dalam jenis ini, pendidik dapat melontarkan sebuah pertanyaan pada peserta didik, dan mereka bisa langsung menuliskannya pada link yang telah disediakan oleh pendidik.

Jawaban peserta didik akan secara otomatis disusun menyerupai awan kata, jawaban yang paling banyak muncul akan terlihat paling besar. Platform ini dapat diakses melalui laman resminya di https://www.mentimeter.com.

Penggunaan platform ini relatif mudah, karena tampilannya yang mirip dengan powerpoint. Tidak diperlukan perangkat tambahan khusus untuk menggunakan platform ini. Cukup menyediakan laptop atau pun ponsel pintar yang terkoneksi internet.

Namun, bagi seorang pendidik sebaiknya mengaksesnya menggunakan laptop/ PC yang memiliki tampilan luas agar memudahkan saat proses editing.

Bagi peserta didik tidak masalah jika hanya menggunakan ponsel pintar saja. Jika masih mengalami kesulitan dalam penggunaan platform ini, bisa mencari tutorial di Youtube sudah banyak yang membahasnya. Demikian penjelasan singkat tentang media pembelajaran alternatif berbasis mentimeter. (MZN)