Mengenal Media Pembelajaran Alternatif Berbasis Liveworksheets

231

Merujuk pada pola perkembangan pembelajaran pada abad 21, tentu saja kita sebagai pendidik harus menyesuaikan dengan hal tersebut. Kita harus memperhatikan prinsip-prinsip dalam pemilihan media pembelajaran untuk optimalisasi pembelajaran.

Di antara alternatif media pembelajaran yang patut dipertimbangkan untuk dikembangkan lebih lanjut dalam pembelajaran era milenial adalah liveworksheets.

Menurut Yuniastuti, et.al. (2021: 91-93) dalam buku Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial, istilah liveworksheets merupakan sebuah paltform yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah lembar kegiatan yang tadinya tradisional berupa cetak menjadi online dan interaktif, peserta didik menjadi seolah bermain games.

Selain itu terdapat juga fitur koreksi secara otomatis, sehingga platform ini dapat mengintegrasikan tugas peserta didik dengan akun pendidik. Dengan demikian proses rekap nilai menjadi lebih mudah dan efisien.

Lantas lembar kegiatan seperti apa saja yang dapat kita buat menggunakan platform ini? Jawabannya tentu sangat beragam. Kita dapat membuat lembar kegiatan yang memuat aktivitas seperti: 1) Menulis teks; 2) Memasukkan jawaban; 3) Pilihan ganda; 4) Menjodohkan/ mencocokkan; 5) Drag and drop; 6) Listening; 7) Speaking; 8) Memasukkan video, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini contoh tampilan dari lembar kegiatan yang dibuat menggunakan platform Liveworksheets.

Lembar kegiatan yang dibuat menggunakan platform ini dapat langsung dipakai peserta didik pada laman Liveworksheets. Tidak memerlukan cetak ataupun unduh terlebih dahulu.

Lembar kegiatan tersebut bisa langsung dijalankan. Misalkan berupa pilihan ganda, siswa tinggal mengisikan identitasnya dan langsung klik pada jawaban yang dipilih. Jika berupa drag and drop, peserta didik tinggal klik dan menggeser jawaban ke arah yang dipilih. Cukup mudah dan sederhana.

Platform ini dapat diakses melalui laman resminya di https://www.liveworksheets.com. Bagi seorang pemula pada laman tersebut juga terdapat panduan dalam membuat lembar kegiatan yang kita inginkan.

Tidak diperlukan perangkat tambahan khusus untuk menggunakan platform ini. Cukup menyediakan laptop ataupun ponsel pintar yang terkoneksi internet. (MZN)