Membaca Bahasa Tubuh Orang yang Memiliki Ketertarikan

408

Ketertarikan, pada dasarnya tidak dapat disembunyikan. Perubahan yang terjadi pada
anggota tubuh merupakan reaksi bawah sadar. Tidak heran apabila sikap ketertarikan seseorang dapat dibaca melalui bahasa tubuh.

Dalam buku Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh yang ditulis oleh Dianata Eka Putra (2013: 16-20) menerangkan, sikap ketertarikan dapat dilihat dari bahasa tubuh karena alam bawah sadar memerintahkan perubahan beberapa bagian tubuh, bahasa non-verbal dari orang yang tertarik dapat dilihat dengan jelas.

Berikut ini beberapa tanda yang dapat membantu untuk mengetahui siapa saja yang tertarik melalui bahasa tubuh.

1. Meletakkan tangan di dada

Meletakkan tangan di dada menunjukkan adanya sebuah penerimaan. Biasanya, gerak ini mengiringi bahasa lisan, seperti pengucapan janji dan kekaguman. Bahasa tubuh ini berasal dari masa Romawi, yaitu saat salam setia digunakan oleh kekaisaran Roma-dengan satu tangan diletakkan di dada dan tangan yang satunya lagi diulurkan pada orang yang disambutnya. Gerak isyarat ini juga digunakan di Amerika Serikat saat menghormati bendera kebangsaannya.

Dalam hubungan dengan lawan jenis, sering kali kita melihat salah satu dari mereka meyakinkan pasangannya dengan meletakkan tangan di dada sambil berucap janji.

Gerak tangan di dada banyak digunakan saat berbicara. Ketika seseorang menyatakan ketulusan dan ketertarikan, secara tidak sadar dia akan meletakkan tangannya di dada. Gerak ini-jika tidak Anda perhatikan-hanya gerak biasa yang terjadi secara alamiah.

2. Mendekat

Gerak isyarat ini jelas sekali terlihat dalam berbagai pembicaraan. Jika seseorang tertarik, tanpa sadar dia akan mendekatkan dirinya kepada orang yang menarik hatinya. Jika orang itu pun tertarik, tidak masalah. Tetapi, jika orang itu tidak tertarik, akan menjadi masalah tersendiri karena gerak bahasa tubuh ini terlihat mencolok.

Begitu juga jika Anda sedang dalam proses negosiasi dengan rekan bisnis. Anda dapat mengamati dengan lebih jelas siapa saja di antara mereka yang tertarik dengan rencana-rencana Anda. Coba amati, siapa saja yang cenderung mencondongkan tubuhnya mendekati Anda. Jika Anda sudah menemukannya, orang tersebutlah yang sedang tertarik.

3. Menunjuk dengan kaki

Gerak isyarat ini biasanya terjadi dalam POSISI berdiri. Coba perhatikan arah kaki orang-orang yang sedang bertemu, baik dua orang maupun lebih. Biasanya, ujung kaki mengarah ke satu orang saja jika dalam pertemuan tersebut ada lebih dari dua orang. Ujung kaki, dalam hal ini tidak harus kedua kaki, cukup satu kaki saja.

Arah kaki yang lain bisa mengikuti arah badan. Arah kaki dapat menunjukkan ketertarikan seseorang entah tertarik secara seksual, entah dengan ide-ide yang ditawarkan dalam pembicaraan tersebut. Bisa jadi, orang yang ditunjuk oleh kaki bukan orang yang sedang berbicara.

4. Kombinasi tatapan dan perubahan pupil mata

Jika seseorang tertarik, tatapannya akan tertahan untuk waktu yang lebih lama dari biasanya. Hal ini lebih mudah diketahui pada pertemuan pertama. Ada semacam keengganan untuk memalingkan mata. Tertahannya tatapan ini biasanya diikuti oleh perubahan pupil mata yang membesar.

Gerak isyarat ini tidak harus berulang-ulang. Sekali saja sudah cukup untuk bisa menunjukkan ketertarikan seseorang. Tetapi, hati-hati dalam menafsirkan gerakan rru, Alangkah baiknya apabila kita juga jeli melihat gerak isyarat lain yang mengikutinya.

Biasanya, gerakan ini diikuti dengan senyuman, tetapi bukan senyuman yang sebenarnya. Seperti ingin senyum, tapi tidak jadi. Lebih jelasnya, terjadi perubahan otot-otot di sekitar bibir. Otot pinggir bibir sedikit tertarik ke atas dan bibir menjadi sedikit terbuka.

5. Merapikan rambut

Baik pria maupun wanita jika bertemu dengan lawan jenis dan merasa tertarik, mereka pasti akan merapikan atau menyentuh bagian rambutnya. Bukan merapikan dalam arti sebenarnya karena rambut sudah rapi. Gerak isyarat ini akan diikuti oleh bahasa tubuh lainnya.

Coba Anda perhatikan ketika wanita dan pria bertemu atau berpapasan, salah satu atau keduanya akan menyentuh rambut. Siapa yang tertarik akan melakukannya.

Namun, jangan harap bahasa tubuh ini terjadi jika salah satu atau keduanya tidak saling tertarik. Hal ini bukan berarti bahasa tubuh lainnya tidak muncul. Bisa saja seseorang tidak mengusap rambutnya, tetapi gerak isyarat ketertarikan lainnya terlihat dengan jelas.

Menyentuh rambut merupakan gerak isyarat ketertarikan yang paling umum terjadi. Dari sekian banyak gerak isyarat bahasa nonverbal, gerak ini yang paling mudah terlihat dan paling sering terjadi. Gerak ini bisa juga dilakukan walaupun saling membelakangi.

6. Mengentakkan kepala

Mengentakkan kepala ke belakang lebih sering dilakukan oleh wanita ketika tertarik kepada seorang pria. Gerakan ini biasanya dibarengi dengan menyibakkan rambut ke belakang sehingga bagian leher terlihat jelas. Gerakan ini tak terkecuali dilakukan oleh mereka yang berambut pendek.

Sementara itu, biasanya pupil mata membesar dan menatap tajam agak lama. Dengan isyarat ini, orang mempersilakan daerah pribadinya dimasuki. Coba perhatikan film-film yang menceritakan roman percintaan. Pasti gerakan seperti ini ada dalam film tersebut.

7. Merapikan baju

Isyarat ini bisa tidak terlihat jika Anda tidak jeli dan menggabungkannya dengan bahasa tubuh lain. Jika seseorang memakai dasi, dia akan merapikan dasinya. Bisa juga merapikan lipatan kerah, lipatan tangan, menarik rok, menggosok sedikit bagian pundak, atau bagian busana lainnya. Padahal, tidak ada masalah dengan pakaian yang dikenakannya.

Gerakan ini terjadi tanpa disadari. Alam bawah sadar memerintahkan kita untuk segera tampil lebih rapi di hadapan orang yang menarik hati. Manusia memang memiliki mekanisme mengundang lawan jenis dengan terlihat lebih menarik dari biasanya. Seperti halnya pada burung. Ketika melihat lawan jenis, sayap dan bulu-bulunya yang cantik akan mengembang seolah-olah ingin memamerkannya. (MZN)