Memahami Branding sebagai Rahasia Kemajuan Sebuah Bisnis

430
Bisnis
Unsplash

Branding merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi pengusaha untuk memastikan kelangsungan bisnis di pasar yang semakin kompetitif. Identitas yang melekat karena branding akan membantu bisnismu melesat progresif.

Tak Kenal Maka Tak Beli

Ketika melihat orang yang sukses merintis usaha, pasti membuat kamu juga ikut senang, bukan? Kemudian pikiranmu spontan bertanya-tanya, kira-kira apa sih yang membuat usaha mereka bisa sukses menemukan tujuannya? Layaknya pepatah kuno, “Ada banyak jalan menuju Roma”, hal demikian juga berlaku sama saat merintis usaha, yakni ada banyak cara untuk menyukseskannya.

Simplenya begini, brand yang distinctive dan memiliki keunikan akan lebih mudah dikenal masyarakat. Ketika masyarakat telah mengenal, apalagi sampai ingat dengan produk atau layanan yang kamu berikan.

Kamu lebih mungkin mendapat untung besar sebagai pengusaha. Keberhasilan ini tentunya melibatkan upaya branding sebagai strategi marketingnya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut seputar branding, mari simak dulu arti branding, di bawah ini.

Pengantar Branding

Kamu tentu sudah tak asing lagi mendengar kata branding, namun sebelum memahami apa itu branding, sebaiknya ketahui dulu definisi dari brand. Brand adalah karakteristik, simbol, ataupun nama lain dari sebuah produk maupun jasa yang dapat menjadi pembeda dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, branding merupakan segala kegiatan komunikasi guna mempertahankan, membangun, dan juga memperkuat sebuah brand. Tujuannya yaitu untuk memberikan perspektif pada audience yang melihat, mendengar atau merasakan langsung.

Jadi, bagi sebuah perusahaan, branding tidak hanya merek atau produk yang kamu biasa kenal selama ini. Namun branding merupakan suatu image secara holistik atau mengenai pandangan publik terhadap suatu perusahaan.

Hingga hal-hal yang kasat mata pada sebuah merek, mulai dari logo, citra, karakter, kredibilitas, sampai karakteristik visual merupakan komponen dari sebuah branding.

Branding Kunci Sukses Bisnis

Penting bagi pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas branding. Dengan aktivitas branding yang tepat, produk atau jasa yang kamu buat dapat menjadi terkenal dan meningkatkan penjualan. Branding juga bisa membantu perusahaan untuk meraih posisi yang utama dan kuat dalam kategori industri.

Berikut ini adalah 4 tujuan dari branding yang wajib kamu ketahui:

1. Media Promosi dan Daya Tarik

Saat kamu memiliki brand yang kuat, persepsi yang baik dan mudah diingat publik, promosi akan lebih mudah dilakukan. Konsumen akan cenderung memilih brand yang kuat ataupun yang diingatnya. Selain itu, melalui brand yang kuat, kecenderungan untuk mendapatkan konsumen yang baru ataupun repeat buyer dapat lebih mudah tercapai.

2. Identitas dan Ciri Khas Pembeda

Brand merupakan identitas yang dapat digunakan untuk membedakan suatu produk dengan produk lain yang sejenis. Oleh karena itu, brand memungkinkan konsumen untuk memilih produk mana yang ingin mereka beli atau konsumsi.

Oleh karena itu, semakin kuat sebuah brand, semakin besar kemungkinan konsumen untuk memilihnya dan semakin mudah untuk membedakan mereka dari pesaing mereka.

3. Membangun Image 

Branding adalah aktivitas yang memungkinkan kamu membuat atau meningkatkan citra pada sebuah produk atau jasa tertentu. Image dapat dibangun dari unsur-unsur yang terdapat pada branding.

Seperti melalui nama merek, logo, tampilan visual, penggunaan juru/influencer/brand ambassador, suara atau jingle, dan juga dari tagline. Selain itu, image juga dipengaruhi oleh prestise atau martabat seorang konsumen, serta gambaran jaminan kualitas dari suatu produk.

4. Alat Kontrol Pasar

Hampir semua konsumen memilih brand yang sudah mapan atau terkenal. Konsumen cenderung memilih brand yang akrab di telinga mereka, sehingga produk atau jasa yang mempunyai branding yang kokoh akan lebih mudah mengendalikan bahkan mendominasi pasar.

Oleh karena itu,  poin pertama diatas menyatakan bahwa tujuan branding adalah untuk menarik konsumen. Dengan cara ini, branding dapat menciptakan brand yang kuat yang dapat mengontrol hingga menguasai pasar.

Kini kamu sudah tahu definisi dan alasan mengapa perusahaan perlu menerapkan aktivitas branding dalam rangka memasarkan produknya. Branding adalah hal yang penting dilakukan agar bisnis kamu semakin maju dan berkembang.

Dirangkum dari beragam sumber.
Wachid Ervanto