Keterampilan Digital Ini Jadi Incaran Perusahaan, Sudah Kamu Kuasai?

334
Digital
Photo by Headway on Unsplash

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong digitalisasi di berbagai bidang kehidupan, termasuk industri. Penggunaan teknologi menjadi sangat penting saat ini, karena dapat menggenjot efektifitas dan efisiensi di segala bidang.

Sayangnya, transformasi ini memicu otomatisasi dan menggeser pekerjaan manusia ke kecerdasan buatan. Akibatnya tak dapat dipungkiri bahwa banyak pekerjaan yang secara bertahap akan hilang. Di sisi lain, hal ini juga memunculkan beragam pekerjaan yang memerlukan kemampuan digital.

Gelar Harus Ditunjang Skill

Gelar saja tidak cukup untuk menjadi bekal kamu, perlu adanya beberapa skill yang harus kamu kuasai salah satunya adalah digital skill. Suka atau tidak suka, keterampilan ini perlu dipelajari dan dikuasai dengan baik karena dapat menjadi senjata utama yang kamu gunakan di dunia profesional yang kian kompetitif. Senjata ini juga mampu menjadikanmu percaya diri beradaptasi dengan era disrupsi yang semakin meningkat.

Inilah beberapa digital skill yang dibutuhkan industri saat ini yang bisa kamu kuasai!

1. Programming

Kecakapan ini bisa dikatakan merupakan organ vital dari produk teknologi yang kita gunakan sehari-hari. Bahkan programming masuk ke dalam 10 besar daftar kemampuan yang paling dibutuhkan di tahun 2020 menurut Linkedin.

Adapun bidang yang meliputi programming atau pemrograman ini sangat luas. Dari pengembangan web, aplikasi, dan game hingga augmented reality atau AR dan virtual reality atau pengembangan VR.

Menurut laporan dari University of Denver, belajar pemrograman membutuhkan setidaknya beberapa keterampilan dasar, diantaranya algoritma pemrograman, core language seperti HTML, CSS, dan JavaScript, dan beberapa keterampilan lunak seperti mampu bekerja sama dalam tim, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan analitis yang baik, dan banyak lagi.

2. Data Science

Saat ini kita sedang menghadapi era big data, di mana data merupakan aspek penting dari sendi-sendi kehidupan. Ketersediaan data memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat agar lebih efektif dan efisien. Ilmu yang mempelajari tentang data dikenal sebagai data science.

Sebenarnya data science adalah bagian dari ilmu komputer, pemrograman, dan statistik. Setelah itu, ilmuwan data atau data scientist akan bertanggung jawab untuk menganalisis dan menafsirkan data, membangun model, dll. untuk mengembangkan kebijakan yang lebih baik.

3. Digital Marketing

Kamu mungkin pernah melihat tayangan iklan saat membuka media sosial dan situs web. Ini adalah contoh aplikasi pemasaran online, yang dikenal sebagai pemasaran digital. Dengan berkembangnya teknologi, metode pemasaran telah bergeser dari pemasaran tradisional seperti baliho dan pamflet menjadi pemasaran digital seperti periklanan digital.

Tidak heran jika pemasaran digital dianggap lebih efisien karena membantu bisnis mencapai sasaran yang diinginkan dan menghemat pengeluaran. Bahkan, pemasaran ini juga dapat dilakukan secara organik di beberapa saluran seperti media sosial, optimisasi mesin pencari atau SEO.

Ada beberapa keterampilan dasar yang dibutuhkan oleh pelaku Digital Marketing atau Digital Marketer, seperti keterampilan memecahkan masalah, keterampilan analitis, kreativitas tinggi, dan inovasi. Karena tujuan dari pemasaran digital adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan konversi untuk keberlanjutan bisnis.
4. UI/UX Design
Kedua kemampuan ini barangkali masih terdengar asing di telinga. UI/UX sendiri adalah singkatan dari user interface dan user experience. Walau sering digabung, keduanya merupakan hal yang berbeda.

Di sisi lain, User Interface (antarmuka pengguna) atau desain UI berisi aspek visual yang muncul di antarmuka yang digunakan pengguna. Sementara, User Experience (pengalaman pengguna) bertanggung jawab untuk merancang produk yang memfasilitasi interaksi antara pengguna dan antarmuka pengguna.

Untuk menguasai keterampilan ini, kamu bisa mulai dengan memahami prinsip dan proses kreatif di balik desain UI/UX, seperti mempelajari perangkat lunak untuk digunakan untuk merancang keduanya serta memperbanyak referensi.

5. Project Management

Project Management adalah proses manajemen proyek yang dimulai dari konsepsi atau perancangan, ke implementasi, pemantauan dan evaluasi. Kemampuan ini sangat penting, terutama di ranah digital. Seorang manajer proyek membutuhkan pemahaman yang komprehensif dan holistik dari proyek untuk memastikan keberhasilannya.

Jangan khawatir, skill ini bisa kamu pelajari sendiri lho. Banyak pilihan kursus online yang bisa diakses baik secara gratis maupun berbayar. Kamu juga bisa mengikuti boot camp dengan kurikulum yang lebih komprehensif, yang terpenting ialah kamu memiliki keinginan kuat untuk belajar dan terus berkembang.

Diolah dari berbagai sumber.
Wachid Ervanto.