Kenapa Harus Membangun Personal Branding di Era Digital?

545
Personal Branding
Unsplash

Dalam proses perkembangan teknologi, istilah personal branding semakin dikenal. Personal branding adalah tentang bagaimana membangun citra diri kepada orang lain. Hal ini pada akhirnya mempengaruhi persepsi publik tentang dirimu. Di era digital ini, membangun personal branding itu penting.

Semakin baik citra diri, semakin orang lain akan berpikir positif tentangmu dan ini efektif untuk dijadikan sebagai investasi masa depan. Jadi mengapa personal branding begitu penting di era digital? Temukan 5 alasan berikut!

1. Meningkatkan Status Diri di Publik

Membangun personal branding membantu menonjolkan aset yang ada dalam dirimu. Hal ini dapat digunakan sebagai peluang untuk menunjukkan kepada publik siapa kamu sebenarnya dan apa daya tarik yang kamu miliki.

Dengan demikian, pengakuan akan muncul sebagai reaksi atas personal branding yang telah kamu tunjukkan. Jika kamu melakukannya dengan baik, kamu juga akan memperoleh respon positif dari orang di sekitarmu. Akhirnya, nilai jual dirimu di mata orang lain juga meningkat.

2. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Ini adalah alasan lain mengapa personal branding itu penting. Kehadiran internet memudahkan publik untuk mengetahui tentang pribadimu. Walhasil, mereka juga bisa dengan mudah memberikan penilaian atas dirimu.

Melalui personal branding, kamu bisa dengan mudah menperoleh kepercayaan serta membangun kredibilitas publik melalui beragam media yang ada. Publik akan memperhitungkan dan melihat kamu sebagai pilihan utama. Ini bisa memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan atau mengembangkan sebuah bisnis.

3. Menjangkau Relasi dan Jaringan yang Lebih Luas

Kita sudah sering mendengar bahwa memiliki relasi dan jaringan yang luas dapat mempengaruhi kemajuan karier seseorang. Hal itu memang sebuah keniscayaan apalagi jika bercermin pada dunia kerja saat ini yang semakin ketat akan tuntutan skill dan penuh kompetisi, memiliki jejaring yang luas dapat membantu kita dalam menjalani karir.

Nah, personal branding membantu kamu untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Di era banjir informasi saat ini, kamu bisa lebih mudah mendapatkan exposure dari publik melalui berbagai platform digital yang ada. Bahkan berkat adanya media sosial, jangkauan audiens menjadi tidak terbatas pada ruang dan waktu.

Kini, keunggulan dan pengetahuan yang kamu punya bisa dibagikan ke audiens yang tinggal di berbagai belahan bumi di dunia. Jangan lupa gunakan teknik penyampaian yang unik dan kreatif agar jaringan dan relasimu semakin luas.

Baca juga: Kunci Sukses Bangun Personal Branding

4. Berani Tunjukkan Keunikanmu

Saat kamu memiliki suatu hal yang menonjol serta berbeda dengan orang pada umumnya disitulah orang lain akan lebih mudah mengingatmu. Ini adalah alasan mengapa personal branding perlu dibangun karena bisa memicu kecenderungan publik untuk melirik keunikan yang ada dalam dirimu.

Menampilkan kesan yang unik dan berbeda itu penting. Hal ini yang akan membuat kamu terlihat istimewa dan tak terlupakan di mata orang lain.

5. Alat Kontrol Diri

Dirimu berkuasa penuh atas wujud personal branding yang kamu harapkan. Keunggulan apa yang ingin kamu ceritakan? Informasi seperti apa yang ingin kamu bagikan? Demikian beberapa contoh pertanyaan sederhana untuk memahami citra diri seperti apa yang sebenarnya ingin kamu ciptakan.

Adanya personal branding akan memecut dirimu untuk memiliki kontrol diri guna menjadi pribadi yang baik, agar orang lain memberikan respon dan penilaian yang positif juga padamu.

Berikut beberapa alasan mengapa membangun personal branding itu penting. Apalagi di era transformasi digital, kini masyarakat begitu leluasa untuk menilai dirimu.

Jangan sampai justru citra buruk yang muncul. Personal branding penting bukan hanya untuk hidupmu hari ini tapi juga di masa mendatang.

Diolah dari berbagai sumber.

Penulis: Wachid Ervanto