7 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta yang Berkualitas

223
Foto: UII

Apakah kamu pernah galau ketika akan memilih perguruan tinggi swasta? Apalagi jika kamu tidak berhasil atau tidak ikut jalur SNMPTN atau SBMPTN untuk masuk kampus negeri favorit, tentu perasaan dan pikiran jadi campur aduk.

Padahal banyak lho perguruan tinggi swasta (PTS) untuk tempat menimba ilmu. Kamu tinggal pilih PTS yang memiliki jurusan atau program studi yang diminati. Nah, sebelum mendaftar, pastikan kamu mengaplikasikan tips-tips yang dari laman Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) agar cerdas memilih perguruan tinggi swasta 2022.

1. Akreditasi PTS

Tips pertama adalah cari tahu akreditasi PTS yang akan dimasuki. Pilihlah PTS dengan nilai akreditasi B (baik) atau A (sangat baik). Akreditasi PTS menentukan kualitas. Jadi, ada baiknya kamu cek nilai akreditasi PTS pilihan di situs resmi BAN-PT.

2. Akreditasi Jurusan atau Program Studi

Walaupun akreditasi PTS sangat baik, tidak semua jurusan program studi terakreditasi baik atau sangat baik. Jurusan atau program studi baru biasanya belum mendapatkan akreditasi dari BAN PT. Jadi, kamu juga perlu memastikan jurusan favorit memiliki nilai akreditasi minimal baik sebelum kamu telanjur mendaftar.

3. Biaya Kuliah

Salah satu tips terpenting memilih perguruan tinggi swasta 2020 adalah cari tahu biaya kuliah. Pada umumnya biaya kuliah di PTS ternama lebih mahal dibandingkan PTS yang belum memiliki nama.

Namun, banyak PTS menawarkan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya tersebut sudah meliputi uang semester, biaya SKS, uang buku, dan lain-lain.

Sesuaikan biaya kuliah dengan kemampuan finansial. Kamu juga bisa membayar biaya kuliah dengan cara mengangsur. Jika masih dirasa mahal, kamu bisa mengajukan BIDIKMISI atau beasiswa.

4. Lokasi

Selain biaya kuliah yang murah, kamu juga harus memperhatikan lokasi kampus. Pilih kampus yang berlokasi di sekitar daerah tempat tinggal. Hal ini menyangkut soal biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah. Setidaknya kamu bisa menghemat biaya tempat tinggal jika kamu kuliah di PTS di daerahmu.

5. Fasilitas Kampus

Tips lain yang bisa dipertimbangkan adalah fasilitas kampus. Sebelum mendaftar, lakukan pengecekan fasilitas kampus hingga fasilitas program studi yang dipilih.

Misalnya, kamu memilih jurusan komputer. Lihat apakah jurusan tersebut memiliki laboratorium komputer atau tidak. Selain itu, cari tahu fasilitas penunjang lain seperti tempat ibadah, kantin, perpustakaan, dan ruang kelas.

6. Peringkat PTS

Kemenristekdikti, 4ICU, dan Webometrics biasanya mengeluarkan informasi terkait peringkat perguruan tinggi swasta 2020, baik secara nasional maupun internasional. Cek peringkat PTS untuk tahu PTS yang dipilih bagus atau tidak. Bagus atau tidaknya peringkat PTS menandakan kualitas PTS yang kamu pilih.

7. Rekomendasi Mahasiswa dan Alumni

Tips terakhir adalah cari tahu ulasan terhadap PTS tersebut. Kamu bisa cari tahu dari rekomendasi mahasiswa dan alumni. Mereka akan menginformasikan pengalaman beserta dinamika saat kuliah di PTS. Selain itu, para alumni juga akan mengulas tentang peran PTS dalam memudahkan mereka untuk diterima dan bersaing di dunia kerja.

Inilah 10 tips cerdas memilih perguruan tinggi swasta 2020. Masih bingung memilih PTS yang berkualitas? Coba daftar di LP3I. Sebagai pilihan kampus berkualitas dan baik, LP3I menawarkan berbagai jurusan dan program studi yang cocok untuk kebutuhan sekarang. Selain itu, institusi ini memberikan jaminan kerja kepada mahasiswanya setelah lulus.

Demikian tips-tips untuk memilih perguruan tinggi swasta yang berkualitas, semoga kamu dapat ‘jodoh’ kampus yang cocok. (MZN)