7 Tipe Gaya Belajar, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

212

Setiap orang pasti mempunyai gaya, tipe dalam belajar yang berbeda-beda. Banyak gaya yang bisa dipilih untuk belajar secara efektif. Berikut merupakan 7 tipe gaya belajar yang mungkin beberapa di antaranya bisa diterapkan pada anak atau siswa menurut Eri Murniasih, dkk. (2020: 8-10), dalam buku 101 Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan:

1. Belajar dengan Kata-Kata

Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainnya dengan cara mendengar kemudian menyebutkannya.

2. Belajar dengan Pertanyaan

Bagi sebagian orang, belajar makin efektif dan bermanfaat jika itu dilakukan dengan cara bermain dengan pertanyaan. Misalnya, kita memancing keingintahuan dengan berbagai pertanyaan. Setiap kali muncul jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkan hasil akhir atau kesimpulan.

3. Belajar dengan Gambar

Ada sebagian orang yang lebih Suka belajar dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film. Orang yang memiliki kegemaran ini, biasa memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuat perubahan, merangkai dan membaca kartu.

4. Belajar dengan Musik

Detak irama, nyanyian, dan mungkin memainkan salah satu instrumen musik, atau selalu mendengarkan musik. Ada banyak orang yang suka mengingat beragam informasi dengan cara mengingat notasi atau melodi musik.

5. Belajar dengan Bergerak

Gerak manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudah memahami atau menyerap informasi dengan cara ini adalah kalangan penari, olahragawan.

Jadi, jika Anda termasuk kelompok yang aktif, tidak ada salahnya jika mencoba belajar sambil tetap melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga.

6. Belajar dengan Bersosialisasi

Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaik mendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul, kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat dan mudah memahaminya.

7. Belajar dengan Kesendirian

Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala sesuatunya, termasuk belajar dengan menyepi. Untuk mereka yang seperti ini, biasanya suka tempat yang tenang dan ruang yang terjaga privasinya.

Nah, setelah tahu tipe-tipe gaya belajar sebagaimana penjelasan di atas, kira-kira kamu termasuk tipe pembelajar yang mana, gaes? (MZN)