7 Kata-kata R.A. Kartini yang dapat Memompa Semangat Perempuan

126
Ilustrasi: Medcom

Kartini adalah salah satu perempuan yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir pada 21 April 1879 M. Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada masanya.

Ada banyak ungkapan (quotes / kata-kata) Kartini yang dahulu bahkan sampai saat ini mengandung inspirasi dan pelajaran yang luar biasa. Sebagaimana yang ditulis oleh Ahmad Nurcholish dalam buku Celoteh R.A. Kartini (2018: 2-9) tentang kutipan kata-kata Kartini, antara lain sebagai berikut.

(1)

“Seorang guru bukan hanya sebagai pengasah pikiran saja, melainkan Juga sebagai pendidik budi pekerti.”

(2)

“Tetapi apakah artinya pandai da(am ilmu yang hendak diajarkan itu, apabila ia tidak dapat menerangkan secara jelas kepada murid-murid.”

(3)

“Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

(4)

“Kita dapat menjadi manusia sepenuhnya, tanpa berhenti menjadi wanita sepenuhnya.”

(5)

“Sebagai perempuan, demikian keterlaluan kami dihina, berulang kali dan terus-menerus!”

(6)

“Untuk sementara didiklah, berilah pelajaran kepada anak-anak perempuan kaum bangsawan: dari sinilah peradaban bangsa harus dimulai. Jadikanlah mereka ibu-ibu yang cakap, cerdas, dan baik. Maka mereka akan menyebarluaskan peradaban di antaranya bangsanya.”

(7)

“Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya. (MZN)