5 Self Healing untuk Orang Introvert

905
Ilustrasi: shutterstock

Apakah Anda merasa sebagai orang yang berkepribadian introvert? Lalu apakah saat ini sedang dalam suasana hidup yang monoton dan benar-benar membosankan? Nah, tampaknya Anda butuh “self healing” yang dapat menjadi alternatif buat Anda yang ingin merasakan suasana hidup yang asyik, segar, dan menyenangkan.

Sebelum membahas lebih jauh cara self healing tersebut, sebaiknya perlu diketahui bahwa “introvert” adalah tipe kepribadian yang cenderung lebih fokus pada perasaan dan pikiran yang datang dari dalam.

Ada anggapan yang berkembang di masyarakat bahwa menjadi seorang introvert berarti orang yang tidak menyukai hubungan sosial dengan orang lain. Namun, anggapan ini tidak selalu benar.

Faktanya, orang dengan kepribadian introvert, seperti tipe kepribadian INFJ, masih bisa bersosialisasi, meski terlihat pemalu. Ini karena introvert cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir sebelum berbicara, dan juga menyukai apa yang perlu diungkapkan kepada orang lain dan tidak.

Ciri-Ciri Kepribadian Introvert

Berikut ini adalah beberapa ciri kepribadian introvert sebagaimana yang ditinjau oleh dr. Allert Benedicto Ieuan Noya di laman Alodokter:

1. Lebih banyak menggunakan lobus frontalis

Beberapa penelitian tentang otak menemukan, otak orang tipe introvert cenderung lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat.

2. Berorientasi kepada benak mereka sendiri

Selain itu, orang introvert lebih suka memikirkan tentang gagasan atau memori di dalam benak mereka sendiri. Karena itu, kegiatan seperti meneliti, membaca, atau menulis dapat lebih menarik perhatian bagi orang tipe introvert.

3. Lebih nyaman berbincang secara empat mata

Dalam berinteraksi, orang-orang dengan tipe introvert cenderung lebih nyaman untuk berbincang secara empat mata, dibandingkan berbicara dengan sekelompok besar orang.

Mereka juga biasanya lebih suka deep talk dan merasa bahwa interaksi dengan sedikit orang, tetapi memiliki makna yang dalam, dapat lebih bermanfaat. Orang introvert melakukan interaksi dengan banyak orang hanya untuk sekadarnya saja.

Cara Mengatasi Kepribadian Introvert

Jika Anda merasa memiliki kepribadian introvert, jangan malu. Anda juga tidak perlu menutupi. Nikmatilah tipe kepribadian Anda dan kembangkan ke arah positif.

Berikut beberapa saran self healing untuk Anda yang bersifat introvert agar dapat mengembangkan diri, sekaligus tetap menjaga kesehatan emosional.

1. Menulis tentang hal-hal yang menarik

Topik yang Anda tulis tidak harus tentang diri Anda sendiri. Anda juga bisa menggunakan jaringan sosial dan membangun hubungan yang kuat dengan banyak orang. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi dan bersosialisasi.

2. Mendalami bidang yang diminati

Cobalah untuk mendalami suatu hal hingga Anda menjadi ahli dalam bidang tersebut. Lanjutkan dengan menuliskannya dan berbagi pengetahuan tersebut kepada orang lain dengan bidang yang sama.

3. Melakukan interaksi sederhana

Lakukan interaksi sederhana, seperti menyapa orang dengan kontak mata yang baik. Upayakan untuk melakukan percakapan kecil dengan beberapa orang.

4. Belajar public speaking

Mengikuti latihan public speaking membuat Anda lebih mampu berbicara di depan banyak orang. Hal ini juga merupakan penyaluran energi yang sangat efisien bagi seorang introvert.

5. Menikmati waktu sendiri

Sesekali luangkan waktu untuk diri sendiri, atau populer disebut “me time”. Kegiatan ini berguna sebagai upaya menyegarkan diri dari kepenatan.

Pada sebagian budaya masyarakat, tipe ekstrovert cenderung lebih disukai daripada introvert. Berdasarkan anggapan umum, introvert memiliki kesehatan mental dan kehidupan yang kurang baik dibandingkan ekstrovert. Namun, hal itu tidak benar.

Seorang introvert dapat mengembangkan kepribadiannya dan meraih kebahagiaan. Hanya saja, kebahagiaan versi orang introvert mungkin berbeda bentuknya dengan kebahagiaan menurut orang ekstrovert. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian introvert tidak perlu merasa rendah diri dan membandingkan diri dengan orang lain serta anggapan umum.

Demikian pembahasan tentang tips self healing untuk orang dengan kepribadian introvert. Semoga bermanfaat. (MZN)