5 Museum Virtual di Indonesia yang Bisa Dikunjungi dari Rumah

42
Foto: Beranda laman Museum Nasional Virtual

Museum adalah salah satu tempat untuk memperluas wawasan terutama berkaitan dengan sejarah. Biasanya, museum menyediakan berbagai koleksi benda, arsip, foto, dan sejenisnya. Tidak heran apabila museum kini menjadi salah satu destinasi wisata khususnya kalangan pelajar.

Tentu saja, persebaran jumlah museum tidaklah banyak, sehingga terkadang sulit dijangkau karena berbagai keterbatasan, seperti jarak, kesempatan, dan lain-lain.

Kini, seiring perkembangan teknologi digital, pengelola museum mulai beradaptasi dengan cara melakukan terobosan transformasi museum virtual yang bisa dikunjungi oleh siapa saja dan kapan saja hanya melalui perangkat yang terkoneksi internet.

Nah, seperti dikutip dari laman Kemdikbud, berikut lima museum besar yang bisa dikunjungi secara virtual.

1. Museum Nasional – Jakarta

Museum Nasional atau yang banyak dikenal dengan “Museum Gajah”, memiliki koleksi berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode. Hingga saat ini Museum nasional menyimpan 160.000-an benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu – Budha; Numismatik dan Heraldik; Keramik; Etnografi, Geografi dan Sejarah.

Untuk melakukan wisata virtual museum ini, kamu dapat mengunjungi laman https://museumnasional.iheritage.id/.

2. Museum Kepresidenan – Jawa Barat

Bila ingin mengenal lebih dalam mengenai profil para presiden di Indonesia, maka Museum Kepresidenan wajib dikunjungi. Tak perlu khawatir, kamu kini sudah bisa melakukan wisata virtual di museum ini.

Terdapat berbagai koleksi pribadi milik para presiden Indonesia dari masa ke masa, teks proklamasi, koleksi patung keenam presiden Indonesia, dan lain-lain. Untuk melakukan wisata virtual, kamu dapat mengunjungi laman https://museumkepresidenan.indonesiaheritage.org/.

3. Museum Sangiran – Jawa Tengah

Museum Sangiran merupakan situs manusia dan hewan purba yang kerap kali menjadi pusat studi para peneliti dari dalam maupun luar negeri. Museum Sangiran terbagi dalam 5 (lima) klaster, yaitu Klaster Ngebung, Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Bukuran, dan Museum Lapangan Manyarejo.

Kamu tidak perlu repot-repot pergi ke Jawa Tengah untuk bisa melihat berbagai koleksi di museum ini, karena Museum Sangiran menawarkan wisata virtual bagi masyarakat. Untuk mengikuti wisata virtual Museum Sangiran, kamu dapat mengunjungi laman https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/virtualmuseum/.

4. Museum Benteng Vredeberg – D.I Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg merupakan museum sejarah khusus perjuangan nasional bangsa Indonesia yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Kamu dapat mengunjungi laman https://virtualtourvredeburg.id/ untuk mengikuti wisata virtual yang ditawarkan oleh Museum Benteng Vredeburg. Bukan hanya melihat-lihat koleksi secara visual, kamu juga dapat memperoleh informasi lebih lengkap terkait sejarah atau informasi koleksi.

5. Museum Seni Rupa & Keramik – Jakarta

Jika kamu ingin melihat berbagai koleksi seni rupa dalam berbagai bentuk, mengunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik secara virtual bisa menjadi salah opsi menarik. Pasalnya terdapat kurang lebih 450 koleksi lukisan dan sketsa serta 5.000 koleksi keramik nusantara dan benda muatan kapal tenggelam yang dipamerkan di museum ini.

Kamu dapat menikmati pameran yang sedang berlangsung secara virtual melalui laman https://www.mitramuseumjakarta.org/events/seni.

Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu repot lagi untuk mengetahui isi koleksi museum favorit. Selamat berkunjung. (MZN)