10 Kunci Menjadi Guru yang Efektif

714
Ilustrasi: Infoasn.id

Pendidikan adalah serangkaian proses yang bertujuan untuk mengubah perilaku sekaligus transfer pengetahuan kepada seseorang. Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu efektivitas guru.

Guru memiliki peranan penting dalam kegiatan belajar-mengajar, terutama perubahan positif bagi siswa, baik dari segi karakter dan pengetahuan. Oleh sebab itu, Fadhilah Suralaga dalam buku Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran (2021: 5-11) menjelaskan bahwa guru harus menguasai berbagai perspektif dan strategi pembelajaran serta fleksibel dalam penerapannya. Tujuannya agar dapat mengajar dengan sukses dan efektif. Berikut dijelaskan beberapa kunci penting bagi guru yang efektif:

1. Penguasaan Materi

Guru yang efektif memiliki pemahaman yang baik tentang materi pelajaran, secara konseptual maupun kontekstual. Menguasai materi pelajaran sangat diperlukan bagi guru yang efektif. Tentu saja, pengetahuan tentang materi pelajaran mencakup lebih dari sekadar fakta, istilah, dan konsep umum.

Ini juga mencakup pengetahuan tentang pengorganisasian ide, hubungan antar ide, cara berpikir dan berdebat, pola perubahan dalam suatu bidang ilmu, keyakinan tentang suatu disiplin ilmu, dan kemampuan untuk menghubungkan ide dari satu bidang ke bidang ilmu yang lain. Jelas, memiliki pemahaman yang mendalam tentang materi pelajaran merupakan aspek penting untuk menjadi guru yang kompeten dan efektif.

2. Penggunaan Strategi Pembelajaran

Ada dua pendekatan utama yang dapat digunakan dalam pembelajaran, yaitu: constructivist and direct instructional. Pendekatan konstruktivis adalah pendekatan yang berpusat pada peserta didik yang menekankan pentingnya individu secara aktif membangun pengetahuan dan pemahaman mereka dengan bimbingan dari guru.

Sebaliknya, pendekatan instruksional langsung (direct instruction) adalah pendekatan terstruktur yang berpusat pada guru yang dicirikan oleh pengarahan dan kontrol guru, harapan guru yang tinggi untuk kemajuan siswa, waktu maksimum yang dihabiskan oleh siswa untuk tugas-tugas akademik, dan upaya guru untuk menjaga pengaruh negatif terhadap peserta didik.

3. Pengembangan Kemampuan Berpikir

Guru yang efektif mencontohkan dan mengomunikasikan keterampilan berpikir yang baik, terutama berpikir kritis, yang melibatkan berpikir secara reflektif dan produktif serta mengevaluasi bukti atau fakta. Membuat siswa berpikir kritis tidaklah mudah; banyak siswa mengembangkan kebiasaan materi pembelajaran pasif dan menghafal konsep daripada berpikir secara mendalam dan reflektif.

4. Pemahaman Konsep dan Pengembangan Keterampilan

Penelitian telah menemukan bahwa semua fitur ini dapat mendukung pembelajaran, proses desain instruksional mengharuskan guru untuk menentukan hal-hal yang harus dilakukan siswa, kapan, dalam urutan apa, dan bagaimana caranya.

5. Penerapan Praktik Mengajar yang Sesuai Perkembangan

Guru yang berkompeten memiliki pemahaman yang baik tentang perkembangan anak dan tahu cara membuat bahan ajar yang sesuai dengan tingkat perkembangannya.

6. Terampil dalam Mengelola Kelas

Aspek penting dari menjadi guru yang efektif adalah menjaga agar kelas secara keseluruhan bekerja bersama dan berorientasi pada tugas-tugas kelas. Guru yang efektif membangun dan memelihara lingkungan di mana pembelajaran dapat terjadi.

Untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal, guru memerlukan rangkaian strategi untuk menetapkan aturan dan prosedur, pengorganisasian kelompok, pemantauan dan pengaturan kecepatan kegiatan kelas, dan penanganan kasus kenakalan siswa, dan lain-lain.

7. Menerapkan Keterampilan Memotivasi

Guru yang efektif memiliki strategi yang baik untuk membantu para siswa menjadi termotivasi dan bertanggung jawab atas pembelajaran mereka.

8. Kemampuan Berkomunikasi

Membangun kolaborasi yang baik dengan siswa dan orang tua juga berperan penting dalam mendukung keberhasilan anak.

9. Pengetahuan dan Keterampilan Penilaian

Guru yang kompeten juga memiliki pengetahuan dan keterampilan penilaian yang baik. Ada banyak aspek agar penilaian kelas berjalan efektif.

10. Keterampilan Teknologi

Teknologi itu sendiri tidak serta merta meningkatkan kemampuan belajar siswa, tetapi dapat mendukung pembelajaran. Kondisi yang mendukung efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan antara lain visi dan dukungan dari pimpinan lembaga pendidikan; guru yang terampil menggunakan teknologi untuk pembelajaran.

Demikian beberapa kunci penting yang perlu dipahami oleh para guru agar menjadi pendidik dan pengajar yang efektif terhadap para peserta didiknya. (MZN)