Yang Pernah Ada di Universitas Brawijaya

624

Oleh: Ulul Albab Permata Arsy

(Penikmat Kopi Susu dan Joging Sore)

Malangs,- Universitas Brawijaya (UB) berdiri sejak januari 1963. Posisi UB berdasarkan lembaga pemeringkatan universitas dunia Times Higher Education (THE) World University Rankings untuk pemeringkatan 2020 berada pada posisi 2 di tingkat Indonesia.
Sedangkan untuk pemeringkatan 2020 berdasarkan indikator Sustainable Development Goals (SDG), UB meraih peringkat 201-300 dunia.

Tapi, sebagai mahasiswa dan alumni UB, pasti kalian akan merindukan beberapa fakta seputar UB berikut ini.

  1. Citra Land

Tahukah kamu apa itu Citra Land? Kebanyakan mahasiswa UB tidak tahu apa itu Citra Land. Padahal kamu pasti sering mengunjunginya. Itu adalah kantin kampus UB, yang terletak tepat dibelakang gedung Samantha Krida. Kebanyakan mahasiswa lebih mengenalnya dengan singkatan “CL”

Ketahuan deh kamu, biasa suka nembak dan mesra-mesraan di CL, tapi tidak tahu kepanjangannya. Haduuhhh.

  1. GKB UB

Buat kamu mahasiswa baru UB, tahukah apa itu GKB UB? Yang jelas itu bukanlah Gelora Bung Karno ya. Karena kalau disingkat bukan GKB, tapi GBK. GKB adalah singkatan dari Gedung Kuliah Bersama. Gedung ini terletak tepat disebelah kiri Rektorat UB. Tapi itu dulu. Sekarang gedung itu beralih fungsi menjadi gedung Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Buat kamu yang pernah merasakan kuliah di GKB (non mahasiswa FKG) pasti akan merasakan rindu dengan gedung persegi itu.

  1. Lapangan Bola UB

Lapangan bola? Yang di sport center UB itu? Kalau ada yang bertanya seperti itu, pasti dia adalah golongan mahasiswa baru. Paling tidak angkatan 2013 kebawah. UB pernah punya lapang bola.  Tepatnya berada didepan Fakultas Hukum dan di samping Fakultas Teknik. Sekarang sih sudah berubah jadi gedung Prof Yogi Sugito, atau FISIP B.

Sayang sekali untuk kamu yang pernah merumput dilapangan itu pasti sangat merindukannya. Apalagi saat bermain sepak bola sambil didukung gebetan dipinggir lapangan.

  1. Gedung UKM Lama

Lohh, gedung UKM kan masih ada?! Bahkan sudah dibuatkan gedung UKM ya baru. Hmmm, gedung UKM yang digunakan sekarang sebenarnya adalah rusunawa mahasiswa UB. Kini lebih dikenal dengan rusunawa UKM. Namun, sebelumnya gedung UKM berada tepat dipinggir jalan didepan gedung LKM UB. Berllantai dua dengan sekretariat UKM yang berjejer.

Kenangan PDKT sama mantan digedung itu kini hanya tinggal kenangan. Berdiskusi mulai dari hal-hal kecil sampai hal besar pun kini hanya jadi kenangan. Karena tepat pada awal tahun 2012, gedung itu sudah dirubuhkan.

  1. Taman Walk Climbing

Kalau lihat mahasiswa UB sekarang nih, penulis jadi prihatin deh. Banyangkan saja, tempat nongkrong di UB sekarang dikurangi. Pembangunan dimasivkan, tapi ruang publiknya mahasiswa malah berkurang. Dulu sih ada yang namanya taman walk climbing (seenggaknya begitulah penulis sering sebut). Tempat nongkrong mahasiswa UB.

Sekarang??? Tempat yang berada diantara Samantha Krida dan CL ini sudah beralih fungsi menjadi lapangan parkir. Padahal sebelumnya lahan tersebut berupa taman. Ada fasilitas berupa tempat duduk dan mejanya. Masih ingat sekali dulu penulis suka berdikusi sambil lihat komunitas skateboard latihan dilapangan basketnya.

Demikian lima fakta yang ada dan penah ada di Universitas Brawijaya. Mungkin sebagian kamu akan terkejut karena tidak pernah tahu tempat-tempat itu. Sebagian lagi pasti ada yang kecewa karena cintanya pernah ditolak di tempat tersebut. (SAM ARSY)