Urgensi Shalat bagi Kehidupan

1006
Pixabay

Oleh
KH. Muhammad Riza Azizy M.EIB (Gus Riza)

Pengasuh Pondok Pesantren Assidiqiyyah 10 Cianjur

Sahabat Mading.id yang berbahagia. Semoga kita semua diberikan kenikmatan sehat lahir bathin, sehingga mampu menjalankan ibadah puasa. Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan tentang shalat dan kebutuhannya terhadap kita sebagai umat manusia termasuk pelajar. Sehingga kita semua dapat memahami betapa pentingnya posisi shalat bagi kehidupan kita semua.

Penting kita ketahui bahwa shalat merupakan salah satu rukun yang paling mendasar dan sangat penting untuk kebutuhan kita sebagai umat manusia kepada Tuhan kita yaitu Allah subhanahu wata’ala. Shalat adalah rukun Islam yang menjadi tiang tegaknya Islam di dunia ini. Bahwa kemudian dengan shalat seseorang akan dapat menggapai rahmat dan akan dapat status yang mulia di sisi Tuhannya. Mengapa demikian? Sebab shalat adalah tangga antara hamba dan Tuhannya.

Assholatu Mi’rojul mukmin (الصلاة معراج المؤمن ) shalat adalah tangga kita untuk berjumpa dengan Allah subhanahu wata’ala. Selain itu, shalat juga mempunyai dimensi yang sangat luar biasa, sebab dengan menjaga shalat kita digaransi oleh Allah subhanahu wata’ala, orang yang menjalankan shalatnya dengan baik maka dia otomatis akan konsisten, akan istiqomah dalam hidupnya.

Mengapa demikian? Sebab dia akan mampu menjaga dirinya dari segala aspek-aspek kemungkaran, sekaligus juga bisa mengarahkan hidupnya ke dalam praktik-praktik sosial yang positif. Ini penting sekali, di tengah-tengah kebutuhan umat manusia yang hari ini banyak sekali terjadi kemungkaran, banyak sekali terjadi degradasi dan dekadensi moral di tengah masyarakat, terlebih di tengah-tengah pelajar kita. Karena itu lah shalat penting sebagai media, sebagai sarana untuk membentengi diri kita agar terhindar dari hal-hal tersebut.

Mengapa demikian? Sebab shalat, seperti yang saya sampaikan yang pertama tadi, adalah tangga, adalah mi’roj kita untuk bersama, untuk bertemu dengan Allah subhanahu wata’ala, atau untuk ketemu dengan Tuhan kita yang maha kuasa. Tapi dengan shalat pula, maka kebutuhan sosial kita juga akan bisa baik, juga akan bisa konsisten di tengah-tengah masyarakat.

Kenapa? sebab kemungkaran, sebab kefasadan atau kerusakan akan bisa dijaga dengan shalat. Sebagaimana dinyatakan oleh sabda baginda Rasulillah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa Innashalata tanha ‘anil fahsya’-i wal munkar (إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ) – al-‘ankabut ayat 45 – shalat akan mampu menjaga dari perbuatan yang keji dan munkar.

Artinya ketika seseorang mampu menjaga dirinya dari kemungkaran, maka otomatis sisi positif lah yang akan muncul dari dirinya, sisi positif lah yang akan timbul dari gairah hidupnya. Hidupnya akan menjadi lebih konsisten. Perbuatannya akan menjadi lebih positif. Hubungan sosial masyarakatnya dengan tetangga, dengan kawan-kawan di sekolahnya juga akan menjadi lebih baik.

Itulah yang akan kita harapkan dari shalat kita. Jika secara pribadi sudah mengerti pentingnya shalat , dan sudah  dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka hubungan sosial kemasyarakatan dengan siapa saja Insyaallah akan menuai manfaat serta berkah. Selamat menjalankan ibadah puasa ramdhan, semoga amal ibadah kita diridhoi oleh Allah, terima kasih.