9 Cara Usir Bosan di Rumah Saat Pandemi Korona

439
Photo by Irina Murza on Unsplash

Oleh : Lutfi Humaidi

(Doktor Ilmu Penyuluhan Pembangunan IPB, ASN Balitbang Kementerian Pertanian dan Asisten KPAI 2010-2017)

Konfirmasi kasus virus COVID-19 di Indonesia terus meningkat telah memberikan kekhawatiran bagi banyak pihak, termasuk oleh para orang tua kepada anak-anaknya. Pandemi memaksakan kita tetap tinggal di rumah demi mencegah penyebaran yang semakin luas.

Mengisolasi diri dan membatasi untuk keluar rumah selama berhari-hari mungkin akan terasa membosankan untuk si buah hati. Karena itu, Moms and Dads perlu melakukan kegiatan yang menyenangkan selama berada di rumah. Ada banyak cara untuk untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat. Ini beberapa aktivitas selama isolasi diri agar bosan segera pergi.

1. Piknik
Pada saat masa melakukan isolasi diri, bukan berarti kita tidak bisa melakukan piknik bersama si buah hati di taman atau ke pekarangan rumah bahkan ke sawah. Moms and Dads masih bisa hal itu, asal masih mengikuti prosedur/protokol kesehatan. Ajak anak bermain apa saja permainan atau benda yang ada disitu.

2. Olahraga
Selama ini mungkin si buah hati setiap pagi hari sudah harus pergi ke sekolah dan pulang sore hari. Begitu juga moms and dads juga sibuk dengan rutinitas kantoran dan membuat tubuh kurang aktif bergerak. Hal tersebut tentu akan membuat anda malas dan tidak sehat. Selagi di rumah, luangkan lah waktu anda bersama keluarga dengan berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, melakukan olahraga yang ringan saja sudah cukup untuk menyehatkan tubuh anda dan keluarga.

3. Berkebun
Berkebun merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan alam. Ajak si buah hari untuk beraktivitas berkebun di rumah saja. Bisa juga membuat kebun hidroponik yang sekarang lagi ngetrend juga merupakan alternatif. Hal ini bagi Moms and Dads yang tidak memiliki waktu sangat bermanfaat. Memiliki banyak tanaman di rumah dapat membuat rumah anda indah dengan hiasan tanaman, serta memperlancar sirkulasi udara di sekitar rumah dan membuatnya jadi lebih sejuk.

4. Bermain dengan Hewan Peliharaan
Bermain dengan peliharaan anda di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Tidak hanya sebagai teman bermain, memelihara hewan juga memberikan hal yang positif bagi anda dan si buah hati seperti, menumbuhkan ikatan dengan peliharaan, bertanggung jawab, dan kejenuhan anda akan hilang melihat tingkah lucu si hewan peliharaan.

5. Membaca Buku
Biasakan membaca bersama dengan si buah hati. Buku adalah “jendela dunia” membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang menghasilkan banyak manfaat. Selain dapat memperluas pengetahuan, meluangkan waktu untuk membaca buku juga dapat menghilangkan stress. Berada di rumah sepanjang hari adalah kesempatan besar untuk meningkatkan kebiasaan membaca si buah hati. Apalagi, jika masih ada buku yang belum sempat dibaca olehnya. Lakukan variasi dalam membaca sebagai aktivitas di dalam rumah saat korona.

6. Bersihkan Rumah
Pekerjaan kantoran memang melelahkan hati dan pikiran. Terlebih melihat kondisi rumah yang berantakan setiba di rumah. Oleh karena itu ada baiknya untuk menghilangkan kebosanan moms dan dads bersama dengan anak-anak bekerjasama berbenah rumah. Selain membuat suasana rumah menjadi enak dilihat, bebenah juga dapat membuat tubuh anda aktif dan dapat membakar kalori hanya dengan melakukan aktivitas menyenangkan ini. Bisa Moms and Dads melakukan penyemprotan disinfektan dalam upaya menjaga rumah tetap sehat dan bersih.

7. Berbagi Cerita dengan Anggota Keluarga
Karena semasa wabah korona ini semua keluarga lengkap ada di rumah, ada baiknya menghilangkan kebosanan selama pandemic ini dengan berbagi cerita bersama buah hati. Aktivitas seperti ini dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga, terutama jika moms and dads merupakan orang yang jarang bertemu dengan buah hati.

Dokumentasi
Dokumentasi Pribadi

8. Menonton Film Favorit
Aktivitas di dalam rumah saat Covid-19 yang tentunya sudah umum dilakukan adalah menonton film bersama. Moms and Dads bisa memutar film favorit Si buah hati, dengan membuat tatanan ruang keluarga yang nyaman lebih dari bioskop. Moms and dads bisa mencari tontonan di layanan streaming seperti Netflix, atau dengan DVD. Pastikan untuk memberikan tontonan yang menghibur atau edukatif pada Si buah hati sesuai dengan usianya.

9. Memasak Bersama
Memanfaatkan waktu saat di rumah inidengan cara melakukan bonding dengan si buah hati, salah satunya memasak bersama. Saat melibatkan anak-anak dalam proses memasak, Si anak tidak hanya akrab dengan ragam makanan dan cara memasak, tetapi ia juga belajar keterampilan perkembangan yang sesuai usia. Melakukan kegiatan memasak di usia anak mengenalkan anak-anak pada ragam makanan dan menciptakan hubungan sehat dengan makanan.

Sembilan tips mengusir bosan pada diri dan buah hati ini semoga bermanfaat dalam masa isolasi diri. Moms and dads segera dapat praktikkan bersama buah hati. Semoga Allah swt segera mengangkat virus Covid-19 ini dari bumi tercinta Indonesia.