Tips Belajar Efektif dari Alumni MAN 13 Jakarta

322
efektif
Gambar oleh Наталия Когут dari Pixabay

Menemukan metode atau cara belajar yang efektif memang perlu proses. Karena tidak semua individu memiliki efektifitas belajar yang sama. Diperlukan pengamatan yang tidak sebentar untuk menemukan cara tersebut.

Bahkan terkadang para pelajar harus menunggu good mood untuk belajar, bayangkan saja jika belajar dengan menunggu mood yang baik, bisa dipastikan kamu akan kalah dalam perlombaan meraih prestasi di sekolah. Oleh karenanya pada kesempatan ini Anisa Rahmawati memberi tips belajar yang efektif untuk kamu. Setidaknya ada 5 tips belajar yang diberikan oleh hijaber yang cantik ini.

Baca juga Aplikasi Belajar Matematika Rekomendasi Mading.id

Fokus

Pertama adalah fokus, ketika Belajar di dalam kelas misalnya, jangan sekali- sekali mengacuhkan penjelasan materi dari guru. Tetap fokus kepada apa yang diberikan oleh guru dan apabila tidak mengerti atau terlewat jangan malu untuk meminta pengulangan. Tetapi, buat kamu yang kurang percaya diri solusi lain adalah bertanya pada teman yang sudah mengerti.

Carilah Teman Sebagai Partner Belajar

Tips kedua dari Anisa adalah Ketika kamu merasa kurang menguasai suatu mata pelajaran, carilah teman sebangku atau teman kelas yang menguasai mata pelajaran tersebut. Tetapi sebelumnya kamu cari tahu mata pelajaran apa yang dia tidak kuasai dan kamu menguasai mata pelajaran itu maka diantara kalian akan saling menguntungkan.

Memilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu belajar yang tepat. Setelah seharian belajar di sekolah, tubuh akan terasa lelah. Usahakan Istirahat terlebih dulu agar tubuh kembali fit, kemudian jam 19: 30 – 22:00 adalah pemilihan waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas. Setelah itu, Istirahatlah.

Sesi belajar selanjutnya adalah pada pukul 3:30 sampai mejelang subuh pilihlah waktu ini untuk me-review pelajaran atau hafalan dan latihan untuk ulangan, karna pada waktu ini otak bekerja secara optimal.

Mind Mapping

Sebagai seorang pelajar kita biasanya dihadapkan dengan tumpukan buku yang tebal-tebal yang membuat kita jangankan membukanya, melihatnya saja sudah enggan. Untuk mengatasi hal ini, kita harus membiasakan diri untuk membuat ringkasan atau mind mapping agar memudahkan kita dalam belajar.

Kita juga bisa mengeluarkan kreatifitas kita dengan cara membuat ringkasan itu di kertas warna-warni, menghias mind mapping yang kita buat, atau menyampul buku dengan seunik mungkin  agar lebih menarik untuk di baca.

Maksimalkan Waktu Weekend Untuk Istirahat

Ketika week end tiba usahakan sudah tidak ada tugas yang menganggu hari kamu. Sehingga kamu bisa memanfaatkan weekend kamu dengan beristirahat atau memanfaatkan waktu untuk mengeksplor dunia luar seperti:

mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, mengikuti suatu komunitas tertentu atau sekedar refreshing yang membuat kamu berjumpa dengan banyak orang karena Silaturahmi itu menyambung rezeki. Sehingga sertiap harimu menjadi menyenangkan dan Belajar bukanlah sesuatu yang membosankan.

Saat aliyah wanita kelahiran Purworejo ini selain sibuk dengan berbagai organisasi dan kegiatan ekstrakulikuler nilai Anisa juga tidak pernah menurun. Bahkan prestasi demi prestasi diraihnya seperti Juara 2 Pencak silat kategori tanding tingkat jabodetabek tahun 2013 dan Juara 3 pencak Silat kategori tanding tigkat DKI tahun 2015.

Di atas adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membantu meningkatkan nilai dan prestasi kamu disekolah, karena saat ini berbagai sekolah di Indonesia masih menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa dituntut lebih kreatif untuk memahami materi pelajaran, oleh sebab itu tips diatas bisa kalian coba.

Penulis: Hasyim Habibi