Sholawat Munjiyat, Bacaan, Arti dan Manfaatnya

99
Sholawat Munjiyat, Bacaan, Arti dan Manfaatnya
Photo by Haidan on Unsplash

Salah satu amalan penting yang harus dilakukan oleh setiap muslim adalah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad.

Kenapa dengan Sholawat? Alasannya bertujuan mengikuti firman Allah dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada-Nya melalui mabbah atau cinta kepada kekasih-Nya.

Di samping itu, sholawat sebagai bukti terima kasih kepada Nabi Muhammad yang telah mengenalkan kepada umatnya jalan kebenaran.

Bacaan Sholawat Munjiyat

Di antara sekian banyak sholawat yang dikenal di dunia islam adalah sholawat Munjiyat yang berarti sebagai sarana supaya selamat dari berbagai macam marabahaya.

Baca juga: Khasiat Sholawat Ridho, Latin dan Artinya

Ini bunyi bacaannya

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِينَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الأَهْوَالِ وَالآفَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتْطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ السَّيِّئاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَات

“Allahumma shalli alaa sayyidina muhammad sholatan tunjina biha min jami al ahwal wal afat wataqdilana biha jami al hajat wattah hiruna biha min jami al sayyiat watarfauna biha indaka ‘a’la darajat watuballighuna biha ‘aqshal ghayat min jami al khayrat fi al hayati wa ba’dal mamat”

Artinya : Ya Allah, berkati tuan kami Muhammad, doa menyelamatkan kami dari semua marabahaya dan hal yang mengerikan dan terkabul semua kebutuhan kami dan bersihkanlah mereka dari semua perbuatan jahat dan angkat derajat kami menuju kedudukan yang tertinggi dan berilah pencapaian semua hajat kami dari semua hal baik dalam hidup maupun setelah kematian.

Manfaat shalawat munjiyat

Syech Haqqi An Nazil dalam kitab Khozinatul Asrar menjelaskan bahwa orang yang membaca sholawat ini 1000 kali pada malam hari maka Allah akan mengabulkan hajat orang tersebut baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

Dari penjelasan ini seyogyanya bagi umat islam untuk mengamalkan sholawat tersebut sekedar kemampuannya karena banyak hikmah yang akan di daaptkan mulai terhindar dari berbagai macam marabahaya serta hajat akan segera terkabul.

Keistimewaannya adalah sebagai sarana untuk menaikkan derajat seseorang baik di hadapan manusia maupun di hadapan Tuhannya.

Penulis: Moh Afif Sholeh, M.Ag