Pendidikan; Jembatan Bangsa Menuju Tujuan Besarnya

616
Pixabay

oleh: Sumantri Suwarno
(Penasehat MataAir Foundation)

Saya selalu percaya bahwa pendidikan adalah jembatan yang paling efektif untuk mengantar seseorang atau sebuah bangsa kepada tujuan-tujuan besarnya. Sehingga, jika kita ingin memajukan seseorang bahkan sebuah bangsa maka pendidikan adalah salah satu titik yang harus disentuh dan dikerjakan secara serius.

Tetapi, setiap negara selalu memiliki masalah dalam hal alokasi anggaran. Sehingga tidak mungkin proses pendidikan ini hanya di handle oleh negara. Oleh karena itu, partisipasi publik seperti yang dilakukan oleh MataAir ini, bukan hanya sangat berguna tetapi juga harus didorong dan diperluas sehingga dapat menghasilkan jangkauan lebih besar dan menutup ruang-ruang yang tidak bisa disentuh oleh negara.

Apa yang telah dilakukan oleh MataAir dalam hampir sepuluh tahun terakhir dengan memberikan bimbingan serta pengasuhan persiapan menuju perguruan tinggi adalah sebuah upaya nyata sebagai bentuk realisasi yang kita  bagi pelajar terutama dari kalangan yang selama ini mengalami kesulitan untuk mengakses perguruan tinggi.

Oleh karena itu, dengan keberadaan lembaga-lembaga seperti Mata Air, saya semakin yakin bahwa akan tiba masa di mana ketika anak-anak muda kita, adik-adik kita mendapatkan akses pendidikan. Sehingga mereka akan berkembang menjadi tunas-tunas baru yang lebih baik dalam memajukan bangsa ini. Oleh karena itu, saya berharap agar upaya-upaya yang dilakukan oleh MataAir ini, mendapat sambutan dari masyarakat, pemerintah, serta terutama dari para peserta dan alumni untuk turut menjaga dan menyebarluaskan eksistensi MataAir di dunia filantropi Pendidikan. Kelak akan semakin banyak adik-adik kita yang akan mendapat kesempatan mengakses pendidikan, terutama pendidikan perguruan tinggi.

Dengan semakin baiknya tingkat pendidikan warga kita, adik-adik kita, maka ide-ide besar kebangsaan termasuk di dalamnya upaya-upaya untuk mempengaruhi, untuk memerangi faham-faham radikal yang mengganggu eksistensi NKRI, akan semakin efektif dengan jejaring, dengan kualitas sumber daya manusia kita yang semakin baik.

Selamat bekerja untuk tim MataAir dan saya turut berbangga telah menjadi bagian dari perkembangan Mata Air selama ini. MataAir inspirasi pendidikan Indonesia.