Menjadi Wirausahawan Kreatif di Masa Pandemi

127
Kreatifitas Wirausaha
Unsplash

Perekonomian di Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah membuat pasar menjadi lesu, sehingga menyebabkan melemahnya perekonomian khususnya di Indonesia. Pandemi ini telah memberi dampak yang signifikan bagi berbagai pihak, termasuk para wirausahawan muda.

Namun, sebagai pelaku usaha, tak sedikit diantara wirausahawan tersebut yang justru menjadikan tantangan tersebut sebagai peluang. Untuk itu, pengusaha muda dituntut lebih kreatif dan memutar otak mencari potensi kewirausahaan yang dapat kembali menyokong perekonomian.

Generasi Milenial dan Bisnis Digital

Generasi milenial sebagai sosok muda, adaptif, kreatif, selalu terbuka pada perubahan, kaya akan informasi, dan selalu ingin melakukan secara cepat dengan bantuan teknologi, sehingga diharapkan dapat menjadi agen perubahan.

Millenial dapat kreatif karena adanya dorongan yang kuat dari dalam dirinya untuk berbuat sesuatu yang lebih daripada orang lain sehingga dia menjadi lebih unggul dibandingkan orang lain disekitarnya.

Pandemi Covid-19 telah membuat ruang gerak menjadi terbatas. Sehingga, pengusaha muda harus memahami kedepan era adaptasi kebiasaan baru sedikit banyaknya akan mempengaruhi pola bisnis.

Generasi milenial memiliki kebiasaan serba mengandalkan digitalisasi dan virtualisasi dalam mengisi waktunya sehari-hari. Ada banyak media sosial yang sering diakses, ini tentunya akan memperkuat promosi penjualan secara online.

Selain itu, ide dan inpirasi yang memperkaya kreativitas bisa di akses dengan mudah secara daring oleh milenial. bermodalkan gawai mereka bisa membangun bisnis digital yang luar biasa.

Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya. Lebih dari itu semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital. Prakteknya bisnis digital terbukti mampu menghasilkan omset yang menggiurkan.

Dampak Tenaga Kerja di Masa Pandemi

Membangun bisnis pada situasi saat ini memiliki tantangan tersendiri. Banyaknya dunia usaha yang berhenti atau mengurangi aktifitas produksi akibat Covid-19, sehingga memaksa mereka harus mengurangi jumlah tenaga kerjanya.

Sejak pertengahan tahun, banyak tenaga kerja yang notabene kalangan muda mengalami pemutusan hubungan kerja dengan jangka waktu yang belum ada batasanya.

Dampak dari itu, tentu mengakibatkan angka pengangguran baru dikalangan kaum muda, padahal kebutuhan hidup terus harus dipenuhi. Ini menjadi hal buruk bagi perekonomian negara.

Akibatnya kaum muda harus memutar otak mencari peluang dalam bebisnis secara mandiri. Transaksi bisnis online dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah pengangguran tersebut.

Peluang Bisnis bagi Milenial

Saat ini peluang untuk menjadi pebisnis online masih terbuka lebar. Hal ini menjadi kesempatan bagi milenial untuk berinovasi bisnis di masa pandemi ini.  Hanya bermodalkan kreatifitas dan gawai, dapat memulai bisnis online tanpa modal yang terlalu besar.

Menurut Sandiaga Uno, terdapat tiga hal dari keunggulan Usaha Milik Kaum Milenial yang bisa berkembang yakni berinovasi dari segi layanan serta produknya, kedua yaitu berorientasi kewirausahaan yakni proaktif, dan terakhir yaitu mampu beradaptasi dalam segala situasi dan kondisi.

Namun, perlu diperhatikan kaum milenial saat akan memulai bisnis, agar lebih dahulu menemukan tujuan dan minat. Dikarenakan ketika telah mengetahui arah atau visi misi yang ingin dituju, mereka akan fokus pada tujuan tersebut maka saat menemukan tantangan seperti di masa pandemi saat ini, mereka tidak akan mudah menyerah dan terus berinovasi mencari peluang yang dapat dikembangkan.

Menjadi Wirausaha Tangguh

Perjalanan bisnis tidak selalu berjalan mulus, maka  wirausahawan dituntut harus bisa melakukan penyesuaian diri untuk merubah hambatan menjadi peluang dengan mental yang tangguh.

Oleh karena itu, membangun usaha harus dilandasi niat yang kuat, bisa mengelola manajemen waktu dengan baik, mampu mengelola finansial, konsisten dan tanggung jawab terhadap usaha yang dijalankan dan adaptasi terhadap lingkungan.

Generasi muda memiliki kompetensi dalam arti KnowledgeSkill dan Attitude yang kuat di bidang Entrepreunuership yang akan menjadi penyelamat perekonomian Indonesia. Karena pada masa Pasca Pandemi Covid-19 ini, hanya Business yang dibekali dengan jiwa kreatif dan dukungan IT yang kreatif, serta berani mencari terobosan yang akan dapat bertahan.

Generasi milenial sebagai sosok yang dinamis, optimistis dan penuh semangat kerja, diharapkan bisa membawa ide-ide segar, pemikiran kreatif dan inovatif, dan bisa menjadi pemimpin lebih baik dalam menyongsong adaptasi kebiasaan baru.

Penulis: Endah Pratiwi Subagyo
(KKN RDR77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 05)