Melatih Ingatan Dengan Permainan TTS (Teka – Teki Silang)

181
Melatih Ingatan Dengan Permainan TTS (Teka - Teki Silang)
Photo by Alexandra Lowenthal on Unsplash

Pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan permainan TTS. Permainan yang sudah ada sejak zaman dahulu. TTS merupakan sebuah permainan yang dimainkan dengan cara mengisi ruang-ruang kosong yang berbentuk kotak, baik menurun ataupun mendatar dengan huruf-huruf sehingga membentuk sebuah kata yang sesuai dengan petujuk yang diberikan.

Saat ini bisa dikatakan bahwa permainan TTS ini sudah menurun tingkat peminatnya. Padahal permainan yang satu ini mempunyai banyak manfaat dibalik keseruannya. Mungkin bagi segelintir orang, bermain TTS terkesan membosankan.

Mengisi teka-teki silang bukanlah permainan kuno yang tak layak lagi untuk dilirik. Permainan sederhana ini justru dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan otak.

Manfaat Dibalik Keseruan Bermain TTS

Bermain teka-teki silang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan otak. Saat bermain TTS mengharuskan kita untuk terus berpikir dan menganalisis untuk mengisi kotak-kotak tersebut sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Baca juga: Upgrading Profesionalitas Guru Madrasah Sebagai Murobbi

Bahkan bermain teka-teki silang dapat membantu meningkatkan daya ingat, terutama daya ingat jangka pendek. Dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, teka-teki silang juga dapat melatih kemampuan kita untuk memecahkan masalah. Selain itu, bermain TTS juga sangat melatih kemampuan kita untuk fokus dan konsentrasi amat diasah dengan permainan yang bisa dibilang sederhana ini.

Bermain TTS Di dalam Dunia Pendidikan

Pendidikan pada saat ini telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Berbagai metode pembelajaran atau model pembelajaran juga banyak digunakan dalam proses pembelajaran. Pendidik harus mampu memahami berbagai kepribadian peserta didik, tidak hanya menguasai materi yang disampaikan, tetapi juga cara terbaik dalam menyampaikan materi.

Sebagai seorang pendidik, sudah pasti harus memiliki media belajar yang berguna sebagai alat bantu pembelajaran. Salah satu media belajar yang bisa digunakan yaitu dengan metode permainan.

Metode permainan adalah suatu metode pengajaran melalui pemanfaatan berbagai bentuk permainan, yang dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, serius namun santai, dan tidak mengabaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.TTS bisa menjadi salah satu referensi nya. Dengan adanya TTS, pembelajaran akan lebih berwarna dan mengasyikan.

Manfaat TTS Dalam Budaya Literasi

Di dunia pendidikan, TTS juga dapat meningkatkan budaya literasi. Mengapa demikian? Dengan bermain TTS, anak didik akan membaca petunjuk yang ada dan berusaha menjawab teka-teki tersebut dengan terus mengingat apa yang sudah dipelajarinya.

Jika banyak jawaban yang terlewatkan, maka anak didik akan mulai membuka buku mencari rasa penasarannya untuk memenuhi kotak-kotak tersebut. Dengan keadaan seperti, dapat membantu meningkatkan minat baca dan kemampuan ingatan serta ketelitian yang juga semakin dilatih.

Guru dapat memberikan materi pembelajaran terlebih dahulu. Setelah anak didik memahami materinya, anak didik dapat diberikan permainan tersebut untuk melihat sejauh mana pemahaman tentang materi tersebut dengan cara menyenangkan dan tidak ada rasa tegang.

Guru juga dapat menjadikan TTS sebagai salah satu jalan meningkatkan minat baca dengan meminta anak didiknya membaca buku yang sedang dijadikan bahan pembelajaran, lalu dibuat kelompok belajar.

Baca juga: Madrasah Sebagai Sistem Pendidikan Nasional

Masing-masing kelompok akan mendapat TTS yang harus dikerjakan bersama-sama. Tentu saja dengan kegiatan seperti bukan hanya melatih pribadi setiap anak didik, tetapi juga melatih kekompakan dalam kerjasama tim.

Kita bisa menggunakan TTS sebagai stimulan untuk membangunkan saraf otak yang masih tidur. Inti dari permainan ini adalah “menyenangkan” namun tetap “belajar”, ​​dan memberikan efek menyegarkan ingatan, sehingga fungsi kerja otak kembali mencapai kondisi terbaiknya, karena otak sudah menjadi terbiasa untuk terus belajar dengan santai, bukan lagi dihantui dengan beban atau Stres membuat bosan. Kondisi yang lebih tenang akan membuat memori otak lebih kuat, sehingga daya ingat akan meningkat.

Memang benar jika TTS disebut sebagai media refreshing, karena selain meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan daya ingat, dan memperkaya pengetahuan, tentunya juga sangat menarik. Bisa juga dikatakan bahwa bermain TTS adalah tempat “latihan tanpa beban”, karena TTS merupakan permainan hiburan.

Meskipun banyak permainan TTS yang memberikan hadiah dengan tantangan pertanyaan yang lebih sulit, tetapi sifat dan fungsinya tetap membuat kita senang dan penasaran untuk menemukan jawabannya.

Penulis: Indah Lestari
(Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)