Lebaran 2020: Mudik ‘Online’

480
Photo by Chris Montgomery on Unsplash
Photo by Chris Montgomery on Unsplash

Oleh :Lil Hasnah

(Social Media Savvy)

Lebaran 2020 kala Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, apa yang harus dilakukan untuk jaga silaturahmi?

“Tren digital Indonesia sudah naik derajat, sekarang mudik pun bisa online.” – Lil Hasnah

Lebaran 2020 menghasilkan sebuah tren karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau yang disingkat PSBB, yang sudah mulai diterapkan sejak pertengahan April 2020 dan bahkan statusnya ditingkatkan dengan penerapan aturan dilarang mudik. Banyak memunculkan pro dan kontra, karena kalau sudah tidak ada pekerjaan di Ibu Kota dan seluruh keluarga ada di kampung halaman, apakah hal ini juga sama? Tentu beda antara mudik dan pulang kampung, tapi bukan hal itu yang mau dibahas di tulisan kali ini, tetapi istilah baru yaitu: Mudik ‘Online’.

Tren keyword di media sosial mulai ramai membahas larangan mudik, larangan silaturahmi, lebaran nggak mudik, 2020 lebaran #dirumahaja dan banyak keywords lain bertebaran di jejaring sosial. Terlebih hal ini makin kencang setelah ketetapan Presiden Jokowi pada 24 April 2020 lalu dan aturan sanksi untuk yang melanggar akan diterapkan pada 7 Mei 2020, lalu bagaimana yang sendirian di Ibu Kota, masih harus bekerja di kala pandemi, tapi tidak bisakah pertemuan dengan keluarga menjadi bonus Lebaran mereka? Nah, jawabannya adalah bisa kok.

Era digital atau yang sering disebut sebagai Era 4.0 sudah masuk ke Indonesia sejak beberapa tahun lalu, pergerakan teknologi dan perkembangan aplikasi online sangat baik di Negeri Ibu Pertiwi. Lalu kenapa tidak memanfaatkannya dan mencoba hal baru sesekali? Ada kegiatan meeting yang sudah berjalan cukup baik pada anjuran WFH (Work From Home) dan LFH (Learn From Home) yang dianggap beberapa ahli sosial, Indonesia cukup mampu beradaptasi dengan keadaan pandemi untuk menjaga stabilitas ekonomi dan kehidupan. Nyatanya penjualan online dan e-commerce tetap berjalan baik, lalu kenapa tidak bisa menerapkan hal yang sama pada tingkat silaturahmi? Yuk, simak beberapa aplikasi silaturahmi online yang bisa kita gunakan untuk meluluhkan rasa rindu dengan keluarga di kampung halaman, berikut ini.

Aplikasi ‘Silaturahmi’ Online.

Seperti yang dilansir dari TikTok yaitu saluran media sosial paling nge-tren saat ini, akun milik @adisastrooo yang menampilkan kisah sedih tidak bisa mudik di awal Ramadan karena PSBB. Pada awal videonya terlihat jelas kesedihan yang dirasakan, tetapi bukan manusia kalau tidak banyak akal untuk beradaptasi. Agar tetap bisa buka bersama dengan sang ibu tercinta @adisastrooo melakukan video call melalui aplikasi Whatsapp. Apakah Whatsapp satu-satunya aplikasi yang bisa kita gunakan untuk silaturahmi online? Nah, sebenarnya ada beberapa aplikasi sejenis yang bisa dimanfaatkan baik menggunakan laptop atau hanya modal smartphone saja untuk bersilaturahmi online, yuk simak detailnya berikut ini:

Whatsapp

Bukan cuma menjadi media digital berkirim pesan, kini Whatsapp (WA) juga sudah menghadirkan fitur video call, Bahkan bisa dilakukan dengan 4 nomor WA sekaligus. Aplikasi ini sangat membantu dan menjadi yang paling sering digunakan karena capable dengan beberapa jenis device atau smartphone, jadi tidak perlu bersusah payah memaksakan diri membeli gadget berlogo buah-buahan ya, karena bisa digunakan banyak kalangan.

Messenger Media Sosial

Berapa kali sehari buka Instagram atau Facebook buat cek tren atau unggahan dari teman sejawat atau influencer kesukaan? Tapi tahu tidak kalau aplikasi jejaring sosial atau media sosial ini punya layanan messenger atau pesan yang bisa banget digunakan untuk video call? Fitur video call messenger pada kedua aplikasi media sosial tersebut sudah ada sejak lama, namun jarang yang terlihat memanfaatkannya. Nah, dari pada Lebaran nanti cuma cemberut liat postingan orang di Instagram, mending Instagramnya dipakai untuk bersilaturahmi dengan orang terkasih atau keluarga.

Zoom

Heboh di awal-awal pandemi dengan kegiatan WFH dan LFH, Zoom jadi salah satu aplikasi yang terbanyak diunduh dalam waktu kurang dari 1 bulan. Namun, beberapa info dan kabar nyata, termasuk dari petinggi aplikasi Zoom sendiri mengakui mereka kelabakan dan sempat di-hack akibat sistem keamanan yang belum terlalu siap. Tapi, Sekarang kita bisa seru-seruan bareng 1000 orang untuk bersilaturahmi digital. Kekurangannya memang masih sama, yaitu adanya pembatasan durasi meeting hanya 40 menit, tapi tidak menjadi masalah kan asal sudah tersalurkan hasrat bertatap muka dengan keluarga besar?

Google Hangouts

Setelah heboh berita aplikasi Zoom di-hack dengan penampakan gambar yang tidak seronok pada layar saat proses presentasi online, Google Hangouts lah yang menjadi sasaran berikutnya para pelaku WFH dan LFH untuk melancarkan misi tatap muka. Bisa dikatakan aplikasi ini cukup aman dan terkendali karena dikeluarkan oleh perusahaan digital berskala besar, Google. Menjadi cara paling mudah dan aman untuk bersilaturahmi online, karena tidak ada pembatasan waktu dan banyaknya jumlah orang yang diundang, ya cocok lah untuk menggantikan momen kumpul bersama saat mudik online dengan versi Lebaran Digital.

Salah satu Warganet (@adisastrooo) yang melakukan
Salah satu Warganet (@adisastrooo) yang melakukan silaturahmi online karena tidak bisa mudik.

Skype

Pemain paling lama dalam ranah video call, Skype. Kenapa bisa disebut pemain paling lama? Karena fungsi utama aplikasi ini sendiri adalah online chatting room service (text, call, video call) dan menjadi pencetus adanya video call. Tetapi, pada masa setelah perilisan aplikasi ini kurang terdengar, namun sekarang orang-orang baru lah menyadari adanya aplikasi ini sejak lama di gadget mereka (karena biasanya sudah terpasang atau bawaan di beberapa smartphone atau laptop). Tanpa Batasan waktu dan dapat mengundang banyak nomor saudara untuk momen mudik online kali ini

Houseparty

Momen Lebaran adalah ajang kumpul-kumpul dengan sepupu-sepupu yang usianya sama atau hampir sejajar. Biasanya ada area kumpul anak-anak muda saat Lebaran di rumah Nenek, tapi kini harus Lebaran #DiRumahAja, nggak bisa curhatin hal yang hanya dimengerti anak muda bareng sepupu dong? Eits, itu salah besar karena aplikasi Houseparty ini dibuat untuk kita yang berjiwa muda, soalnya kumpul keluarga nggak cuma ngomongin masa lalu tetapi juga bisa main games seru bareng sepupu-sepupu.

FaceTime

Nah, kalau aplikasi yang satu ini khusus buat kalangan tertentu saja, harus punya device atau perangkat yang berlogo buah-buahan nih. FaceTime adalah aplikasi bawaan dari perangkat Apple yang ada di semua jenis gadget-nya, mulai dari iPhone hingga Macbook (laptop). Gratis, aman dan mudah digunakan menjadi keunggulannya, namun pastikan dulu ya keluarga kita juga punya perangkat dengan logo buah yang sama.

So, mudik online di Lebaran kali ini bisa jadi solusi kerinduan kita akan keluarga besar di kampung halaman. Tetapi walau mindset-nya adalah GRATIS, jangan lupa paket datanya tidak gratis ya. Anggaplah biaya beli paket data sebagai pengganti ongkos bensin atau tiket pesawat di Lebaran 2020.