Kalahkan Tiongkok, Indonesia Juara Thomas Cup 2021

111
Thomas Cup
Sumber: Detik Sport

Para atlet bulutangkis Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Indonesia berhasil menyabet gelar Thomas 2021 (Thomas Cup 2020) setelah mengalahkan Tiongkok dengan skor telak 3-0. Penantian selama 19 tahun akhirnya terbayar tuntas setelah Indonesia memastikan gelar ke 14 pada tahun ini.

Melalui siarang langsung di TVRI pada hari Minggu, 17 Oktober 2021, Pertandingan berlangsung begitu ketat. Di partai pertama, tunggal andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menghentikan perlawanan Lu Guangzu dengan skor 18-21, 21-14 dan 21-16.

Jerih Payah Kemenangan

Di partai kedua, Indonesia kembali unggul 2-0 setelah tunggal pertama Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto mengalahkan pasangan Tiongkok, He Jiting dan Zhou Ho Dong dua set langsung 21-12 dan 21-19. Pasangan Fajar/Rian mengulangi keganasan performa yang mereka tampilkan seperti pada laga sebelumya ketika mereka berhasil mengalahkan pasangan ganda putra Denmark Christensen/Sogaard di laga semifinal.

Pertandingan terakhir ditutup oleh Tunggal kedua Jonatan Christie memastikan kemenangan Indonesia atas Tiongkok. Dia menaklukkan Li Shi Feng dengan skor 21-14, 18-21, 21-14.

Jojo (sapaan akrab Jonatan Christie) tancap gas dan unggul 6-0 di awal pertandingan. Dia terus memimpin sampai Li mengejar menjadi 11-13. Duel menjadi ketat sampai Jojo memetik enam angka beruntun dalam kedudukan 15-14 untuk mengamankan set pembuka.

Namun situasi berubah. Akurasi tembakan dan kesalahan membuat Jonatan tertinggal hingga 3-11. Meski sempat mengejar 12-15 dan 18-19, Jojo harus merelakan set kedua. Laga sengit hadir di set penentu. Kedua pemain bergantian angka dengan keunggulan maksimal tiap pemain atas lawan hanya dua angka.

Pada akhirnya, Jojo berhasil mengunci pertandingan dengan memenangkan set ketiga dengan skor  21-14 setelah melalui rubber game yang sangat sengit. Kemenangan ini sekaligus memastikan Indonesia meraih gelar juara Thomas Cup ke 14 pada tahun ini.

Ada momen menarik yang menyebabkan perayaan kemenangan Indonesia terasa sangat berbeda dan membuat euforia tersebut sangat kurang. Bendera merah putih yang menjadi simbol pemersatu bangsa Indonesia dilarang berkibar di ajang Thomas Cup kali ini.

Pelarangan ini disebabkan karena Indonesia baru saja dijatuhi sanksi oleh Agen Anti Doping Dunia (WADA) akibat tidak mematuhi standar program uji tes doping internasional. Pelarangan pengibaran bendera merah putih merupajan salah satu sanksi yang diterima akibat kelalaian tersebut.

Akan tetapi, efek dari sanksi tersebut tak lantas membuat euforia dan kebanggaan terhadap para ksatria merah putih luntur begitu saja. Karena sekali lagi, setelah beberapa waktu yang lalu berhasil mempersembahkan medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2021, bulutangkis Indonesia berhasil membuat ratusan juta rakyat Indonesia bangga atas pencapaian yang mereka raih.

Perjalanan Indonesia di Ajang Thomas Cup 2021

Mereka mampu mengandaskan perlawanan dari tiga tim lain yang tergabung di Grup A, yakni Taiwan, Thailand, dan Aljazair. Hendra Setiawan dkk mengukir hasil meyakinkan pada laga pertama Grup Thomas Cup 2021 kontra Aljazair, (10/1021).

Mereka mengalahkan Aljazair dengan skor 5-0 di Lapangan 3 Ceres Arena, Aarhus, Denmark, venue Piala Thomas dan Uber 2020. Selanjutnya, Indonesia mendapat perlawan sengit pada laga kedua kontra Thailand (11/10/21).

Indonesia sempat tertinggal dua kali akibat kekalahan yang dialami Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie selaku wakil di sektor tunggal putra. Namun, mereka mampu mengamankan tiga poin lain lewat perjuangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Shesar Hiren Rhustavito. Tim Thomas Indonesia sukses mengalahkan Thailand dengan skor 3-2.

Selanjutnya, Indonesia kembali mendapat perlawanan sengit pada laga terakhir Grup A kontra Taiwan. Setelah bersaing sengit hingga partai kelima, Indonesia keluar sebagai pemenang. Tim Merah Putih sukses mengalahkan Taiwan dengan skor 3-2.

Adapun tiga poin untuk Indonesia disumbangkan oleh para wakil di sektor tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.
Indonesia sukses mengalahkan Malaysia pada babak perempat final Thomas Cup 2021.

Jonatan Christie memastikan kemenangan Indonesia setelah mengatasi perlawanan tunggal putra Malaysia, Ng Tze Yong, pada partai ketiga perempat final Thomas Cup 2021 yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark (15/10/2021). Dalam laga tersebut, Jonatan Christie mendapat perlawanan sengit dari Ng Tze Yong.

Setelah melalui drama rubber game berdurasi 75 menit, Jojo akhirnya mampu mengalahkan Ng Tze Yong dengan skor 14-21, 21-19, dan 21-16. Hasil ini sekaligus memastikan kemenangan Indonesia pada perempat final Thomas Cup 2021.

Tim Thomas Indonesia sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0. Sebelum Jonatan Christie, Indonesia sudah meraih dua poin dari Anthony Ginting serta pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Berkat kemenangan tersebut, tim Thomas Indonesia berhak melaju ke semifinal.

Indonesia berhadapan dengan tuan rumah Denmark untuk memperebutkan tiket ke babak final Thomas Cup 2021. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mencetak poin penentu yang membawa Indonesia menang 3-1 atas Denmark pada semifinal Thomas Cup 2021.

Pasangan Fajar/Rian mencetak poin krusial itu saat bersua ganda putra Denmark, Mathias Christiansen/Frederik Sogaard. Adapun duel Fajar/Rian melawan Mathias/Frederik berlangsung di Lapangan 1 Ceres Arena, Aarhus, Denmark (16/10/2021).

Straight Game

Hasilnya, Fajar/Rian berhasil mengalahkan Mathias/Frederik lewat straight game atau dua gim langsung dengan skor 21-14 dan 21-14.  Sebelum Fajar/Rian, Indonesia mampu meraih dua poin berkat kemenangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Jonatan Christie.

Sementara itu, Denmark meraih satu poin dari tunggal putra pertama mereka, Viktor Axelsen yang berhasil mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting. Alhasil, Indonesia berhasil memenangi semifinal Thomas Cup 2021 kontra Denmark dengan skor 3-1 sehingga Indonesia berhasil menyegel satu tempat di partai final dan menantang Tiongkok yang sudah terlebih dahulu mengandaskan Jepang.

Di partai final Thomas Cup 2021, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 3-0. Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil mengalahkan tunggal putra Tiongkok Li Shi Feng dengan rubber game 21-14, 18-21, 21-14 pada partai pamungkas. Kemenangan Jojo berhasil menisbatkan Indonesia sebagai kampiun Thomas Cup 2021.

Penulis: Muhammad Ahsan Rasyid