Kabar dari Aceh

461
Instagram.com/oshanabilla

Oleh: Ocha Nabilah

Serangkaian foto ini adalah kegiatan saya selama karantina mandiri di rumah, sejak pemerintah pusat dan daerah Indonesia menghimbau agar warganya menetap #DiRumahSaja selama empat belas hari di sebagian daerah dan hingga waktu yang tak ditentukan untuk sebagian daerah lain. Ini penting untuk mengurangi penyebaran virus Corona baru, atau sering disebut Covid-19. Saya membuatnya menjadi hitam-putih. Warna furniture di rumah tidak begitu bagus untuk visual.

Dokumentasi Pribadi

Jika ada alasan lain, foto tak berwarna memang cocok untuk merepresentasikan keadaan yang muram selama karantina. Saya mendokumentasikan keseharian untuk melawan kebosanan.

Setelah memutuskan kembali dari perantauan, Saya menjalani masa-masa karantina sendiri. Ini masa-masa sulit. Saya berselancar di dunia maya mencari hiburan. Saya menemukan sebuah artikel di Time. Saya terinspirasi membuat foto personal ini dari situ. Artikel itu adalah foto-foto Lucia Buricelli selama masa lockdown di Italia. Ia tinggal di Milan. Buricelli membuat foto di dalam rumahnya menjadi sebuah seni. Saya tertarik, inspirasi datang dari mana saja. Saya kemudian mulai memotret keseharian saya.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Kamar mandi adalah yang sering saya kunjungi. Tempat melamun serta mencari inspirasi.

Dokumentasi Pribadi

Kamar menjadi tempat paling setia selama menjalani masa ODP selama 14 hari setelah pulang dari Jakarta.

Dokumentasi Pribadi

Biasakan menghitung nikmat, sehingga lapisan syukur kita tak pernah karam. Komunikasi digital, saling menyapa bagian dari ikhtiar saling menguatkan. Untung saja, paket internet dibelikan Ayah. Lumayan pengganti uang saku kuliah, katanya.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Menekan kecemasan memang bukan hal yang gampang. tapi lebih sulit untuk bangkit jika dirundung keresahan. Makan buah dan bersenandung dengan cengkok Aceh, nampaknya lumayan membantu.

Dokumentasi Pribadi

Dan gitar menjadi hiburan baru dalam melawan hari hari membosankan selama masa ODP berlangsung. Gambar ini saya ambil di kediaman saya, Nisam, Aceh Utara. Sekian foto stories dari saya. Lain waktu akan saya ceritakan food street Aceh di saat ramadhan maupun lebaran. Jaga kesehatan dan saling mendoakan, yah. Wassalam.

Osha Nabilah, pecinta fotografi dan traveling.