Istiqomah Mukmin Sejati Adalah Mustaqin Sejati

129
beristiqomah
Sumber Foto Sites,google.com

Allah telah menggambarkan keutamaan bagi mereka yang beristiqomah. Selain itu, Allah juga telah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk senantiasa berada pada jalan Allah dan berketetapan hati untuk melaksanakan tuntunan-Nya.

Baca Juga: Tujuh Alasan Kenapa Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Ada 5 ayat di dalam Al-Qur’an yang memerintahkan manusia untuk beristiqomah. Antara lain di dalam QS. Hud [11]: 111-112:

(111)   وَ اِنَّ کُلًّا لَّمَّا لَیُوَفِّیَنَّہُمۡ رَبُّكَ اَعۡمَالَہُمۡ ؕ اِنَّہٗ بِمَا یَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرٌ 

 (112) فَاسْتَقِمْ كَمَآ اُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْاۗ اِنَّهٗ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Dan sesungguhnya kepada masing-masing (mereka yang berselisih itu) pasti Tuhanmu akan menyempurnakan dengan cukup, (balasan) pekerjaan mereka. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan (111).

Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan(112).

Kandungan dari Ayat diatas

Di dalam ayat ini ada beberapa perintah Allah, yaitu:
  1. Memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk senantiasa berada di jalan yang lurus, jalan yang diridhai oleh Allah swt, dengan tetap melaksanakan tuntunan agama yang benar.
  2. Memerintahkan orang-orang yang menyimpang dari ajaran Allah, untuk bertaubat dengan cara meinggalkan keburukan dan kejahatan yang telah mereka lakukan, dan kembali ke jalan yang benar.
  3. Melarang orang-orang yang beriman untuk bertindak zalim dan melampau batas-batas ajaran agama.

Baca Juga: Ketika Perempuan Menulis Perempuan Resensi Buku

Allah Swt, memerintahkan kepada semua orang beriman untuk beristiqomah. Hal ini dinyatakan oleh Allah di dalam QS. Fushshilat [41]: 6:

قُلۡ إِنَّمَآ أَنَا۠ بَشَرٞ مِّثۡلُكُمۡ يُوحَىٰٓ إِلَيَّ أَنَّمَآ إِلَٰهُكُمۡ إِلَٰهٞ وَٰحِدٞ فَٱسۡتَقِيمُوٓاْ إِلَيۡهِ وَٱسۡتَغۡفِرُوهُۗ وَوَيۡلٞ لِّلۡمُشۡرِكِينَ  ٦

Katakanlah: “Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Tuhan kamu adalah Tuhan yang Maha Esa, maka tetaplah pada jalan yang lurus menuju kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya. Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya(6).

Orang Beriman Harus Konsisten atau Beristiqomah

Dalam ayat ini Allah memerintahkan Rasul-Nya Muhammad Saw. untuk menyatakan kepada orang-orang yang beriman bahwa:

  1. Diri Nabi Muhammad saw. adalah manusia biasa yang diberi wahyu oleh Allah.
  2. Tuhan yang harus disembah oleh orang-orang yang beriman dalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya.
  3. Agar orang-orang yang beriman senantiasa beristiqomah dan berada pada jalan yang lurus menuju kepada-Nya.
  4. Agar orang-orang yang beriman senantiasa memohon ampun kepada Allah agar segala dosa yang telah mereka lakukan.

Dari ayat ini dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang beriman harus senantiasa konsisten untuk melaksanakan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya serta senantiasa memohon ampun atas segala kesalahan yang mereka lakukan.

Penulis: Prof.Dr. Ahmad Thib Raya, M.A.
(Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)