Idolakan Adele, Maylaf Alif Juara Tarik Suara

287
Photo by Thomas Le on Unsplash
ilustrasi/Photo by Thomas Le on Unsplash

Jakarta, banyak orang sukses yang mengawali karirnya dari masa remaja. Walaupun ukuran apaian kesuksesan itu relatif kepada siapa yang memaknai. Banyak orang sukses dihari ini, ternyata telah memulai jalan karirnya sejak dini. Misal saja pesepak bola, Ean Dimas Damono, sukses membawa piala juara AF U16, sekarang menjadi gelandang andalan tim nasional Indonesia. Atau almarhum Haji Abussamad Sulaiman HB, memulai bisnisnya diusia belasan, kini perusahaannya menjelma menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Nahh, cerita kali ini datang dari seorang remaja yang berprestasi dibidang seni. Tepatnya tarik suara. Lahir di Jakarta pada 23 mei 2004, ia baru saja menorehkan juara lomba berbahasa Peranis di Universitas Negeri Jakarta. Maylaf Aliffrida Patrianisa, namanya. Siswi yang kini duduk dibangku kelas 10 ini memiliki suara emas dan berpengalaman dalam hal menyanyi. Bahkan, ia sempat lolos tahap kedua audisi The Voice Kids Indonesia.

Maylaf, sapaan akrabnya, bererita tentang serunya pengalaman mengikuti ajang audisi menyanyi di TV Nasional. Saat itu ia masih berusia 14 tahun ketika mengikuti audisi The Voice Kids Indonesia. “Seru banget, deg-degan” katanya sembari bertutur membuka kisah.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

“waktu itu harus berangkat pagi-pagi ke gedung MNC” katanya. Diantar sang ibu, Maylaf mantab melangkah ke ruang audisi. Disana ia menyanyikan lagu milik Adele, “All i ask”. Dengan sangat peraya diri, ia memukau para juri, hingga kemudian lolos untuk tahap kedua, tepat sebelum Blind Audition. Sayang sekali, Maylaf belum bisa lolos lantaran terbawa grogi. “Waktu itu kan pertama kali nyanyi di depan kamera, terus diiringi pakai keyboard juga. Grogri banget” terangnya.

Belajar Dari Pengalaman untuk Terus Maju.

Pengalaman dalam audisi itu nampkanya dijadikan pelajaran untuk dirinya. Begitu ia diterima masuk di Sekolah Menengah Atas (SMA), langsung memilih bergabung kedalam ekstrakurikuler Paduan Suara. Maylaf yang kini bersekolah di SMA 68 bergabung dengan TOSLA 68, kelompok paduan suara sekolah. Melalui TOSLA 68 itulah, ia mulai mendalami lagi kemampuan bermusiknya. Bahkan beberapa kali saat akan mengikuti lomba grup vokal, ia terpilih untuk menjadi salah satu anggota. Tidak main-main, pada ajang perlombaan pertamanya, grup okal yang digawanginya meraih juara dua dalam lomba menyanyi grup vokal yang diadakan di SMA MH Thamrin.

Setelah berhasil meraih prestasi dalam perlombaan itu, Maylaf pun mendapat banyak tawaran bernyanyi. Baik untuk perlombaan maupun sebagai pengisi acara dalam sebuah gelaran. Misalnya saja seperti gelaran Kompek FEB UI 2020, bersama teman-temannya, ia tampil dalam penutupan event tersebut. Hingga ia dipercaya oleh pihak sekolah untuk mengikuti ajang bernyanyi bahasa Perancis di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Otodidak yang Mengidolakan Adele

Setiap bakat dan hobi pastinya memiliki idola atau orang yang bisa dicontoh. Nahh, dalam hal ini, Maylaf mengidolakan Adele, penyanyi perempuan asal Britania Raya. Ia sangat hafal lagu-lagu Adele hingga diluar kepala. Bahkan seperti yang ia ceritakan diatas, saat audisi pun, ia membawakan lagu milik Adele. “Suaranya bagus, terus lagunya enak-enak” sahutnya.

Tapi, uniknya, ia mengaku bahwa untuk mendalami tarik vokal, ia belajar mandiri atau otodidak. Maylaf banyak menghabiskan waktu untuk memperlajari bagaimana Adele mengambil nada dan intonais dalam setiap lagu. Barulah kemudian, ketika bergabung kedalam ekstrakurikuler di Sekolah, ia mendapat mentoring dalam bernyanyi dari senior dan pelatih paduan suara.

Support terbesar dari Mama

“Mama tuh, sampai rela nganterin aku pagi-pagi buat ikut audisi, terus nungguin aku nyanyi. Padahal nunggunya tuh lama”, Kata Maylaf. Dia mengaku bahwa yang berperan besar dan selalu mendukungnya adalah sang Ibu. Mendapat support yang paling berharga memang dari orang-orang terdekat. Salah satunya adalah Ibu. Dia mengaku, bahwa keluarga sangat mendukungnya. Disela-sela acara keluarga pun, Maylaf pasti diminta untuk turut bernyanyi.

Bahkan Ibunya pun turut mendukungnya untuk mengikuti ajang bernyanyi di salah satu stasiun televisi, tahun depan. Kini, di tengah pandemi, Maylaf aktif berlatih menyanyi dengan mengcover lagu-lagu yang sedang hits.

Berikut profil singkat Maylaf :

Nama                                 : Maylaf Aliffrida Patrianisa

Tempat dan Tanggal Lahir     : Jakarta, 23 Mei 2004

Hobbi                                  : Bernyanyi

Sekolah                               : SMAN 68 Jakarta

Media Sosial                         : Instagram @maylafalif

Prestasi Bernyanyi               :

1. Juara Dua Vokal Grup di SMA MH Thamrin 2020

  1. Juara Satu Lomba Menyanyi Berbahasa Perancis di UNJ 2020

Kontributor: Ars Bob SM