Hal-hal yang Hanya Bisa Kalian Temukan jika Kuliah di Luar Negeri

468
Kuliah
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Sering kali kita mendengar ucapan seperti ini “Ngapain kuliah di luar negeri, kuliah dimana saja kan sama”. Sekilas ucuapan ini ada benarnya, tapi jika kita sadari lagi ternyata banyak hal yang bisa kami temukan hanya ketika kalian belajar di luar negeri.

Apa saja hal yang bisa kamu temukan? Berikut hal-hal menyenangkan hingga yang menyentuh hati.

Kuliah di Luar Negeri Akan Membuat Kamu Memiliki Sudut Pandang Baru Tentang Berbagai Hal

Ya sering kali kita terjebak dalam lingkup yang lebih kecil karena lingkungan kita itu-itu saja. Hal pertama yang akan kamu temukan adalah ketertinggalan negara kita, Indonesia. Kamu seolah-olah bisa melihat Indonesia mulai dari kekurangannya hingga bangga dengan ha-hal yang tidak biasa kita perhatian tapi tidak semua Negara memilikinya.

Sebagai contoh, setelah kamu ngobrol dengan teman barumu dari berbagai negara-negara barat yang mayoritas adalah negara dengan pendapatan nasional yang tinggi, atau melihat kemegahan kota-kota besar dimana kamu tinggal sekarang kamu kemudian akan sadar betapa Indonesia sangat tertinggal dari negara-negara maju.

Setelah itu kamu akan tahu apa yang harus dilakukan untuk berkontribusi terhadap negara.

Bangga terhadap Indonesia

Sekalipun di berbagai sisi kita tertinggal jauh dari negara lain tapi kamu akan tahu betapa kayanya Indonesia.Contoh paling simple biasanya ketika kuliah sudah mulai kita akan dapat kesempatan presentasi tentang kebudayaan negara kita. Disinalah kalian akan memiliki kepercayaan diri sebagai warga negara.

Artikel terkait Kuliah, lihat 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Studi di Luar Negeri.

Ketika negara lain misalnya hanya bisa presentasi tentang gemerlang kota, perusahaan besar dan sedikit keunikan kebudayaannya, kamu akan dengan bangga menyebut bahwa Indonesia memiliki 17.000 pulau, 1340 suku bangsa, 632 bahasa lokal dan 6 agama besar yang hidup rukun berdampingan.

Sekejap ruangan kelasmu akan ramai dengan tepuk tangan dan tak sadar mungkin air matamu jatuh ke pipi sebelah kirimu.

Bahasa asing kamu akan meningkat 100%

Biasanya banyak dari kita sekalipun skor TOEFL atau EILTS kita tinggi namun untuk bicara dalam Bahasa inggris diberbagai topik masih butuh energi tambahan.

Bahkan kamu akan sering salah dalam menggunakan vocab yang tidak seharusnya digunakan dalam beberapa konteks pembicaraan. Dengan kuliah diluar negeri kamu dipaksa harus ngomong Bahasa Inggris.

Kamu akan berubah menjadi orang yang disiplin dan hidup efektif

Harus diakui telat dan nggak disiplin adalah bagian dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Tentu tidak semuanya. Dengan kuliah diluar negeri ada banyak situasi dimana kamu mau tidak mau harus menjadi orang yang disiplin dan tepat waktu.

Disaat yang sama kamu juga akan terbiasa jalan dan menggunakan transportasi publik. Tidak seperti di dalam negeri yang sedikit-sedikit pakai motor atau mobil pribadi. Tidak sadar hal ini akan melatih kamu menjadi orang yang efektif dalam menjalani kegiatan setiap hari.

Punya koneksi dari berbagai negara

Kamu akan memiliki banyak teman dari berbagai negara. Namun untuk menjadikan hubungan yang Panjang dan baik kamu harus merawatnya dengan mempelajari watak dan kebiasaan teman-teman kamu. Sehingga hubungan kamu akan awet dan lama.

Kesempatan Keliling Dunia

Dengan kulian ke luar negeri kalian akan memiliki kesempatan berkunjung ke berbagai negara. Misalnya jika kalian kuliah di Jerman kalian akan dengan mudah mengunjungi negara-negara eropa lainnya karena posisinya berada di tengah.

Atau jika kamu kuliah di Cina kalian bisa dengan mudah dan murah berkunjung ke Hongkong, Korea atau Rusia. Dimana banyak kota internasional disana.

Penulis: Hasyim Habibi